Posts

Showing posts from January, 2020

[Tantangan 10] Sosial Media Awal Dari Popularitas Ataukah Sebuah Bencana?

Image
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa media sosial merupakan bagian dari kehidupan kita. Mulai dari pagi hari kita sudah berkutat dengan media sosial, hingga malam tiba di tempat tidur pun masih saja membuka media sosial.
Sepertinya menjadi rutinitas setiap hari yang tidak bisa ditinggalkan. Berbagai macam alat pendukung yang memudahkan untuk berselancar di dunia si maya. Dapat dibayangkan kalau salah satu dari alat tersebut mengalami hal sesuatu atau tertinggal dirumah pasti merasa ada yang kurang atau bahkan merasa ada yang hilang.
Bagaikan langit runtuh di siang bolong, saat mengetahu kalau alat (gadget) tersebut tertinggal dirumah atau bahkan mengalami kerusakan. Serasa tak bernyawa, badan lemes tak bertenaga. Karena alat tersebut dapat menghubungi ke segala macam media sosial yang dimiliki.
Mari kembali ke judul yang tertera diatas. Apa hubungannya si media sosial dengan popularitas atau bahkan bencana? Kedua permasalahan tersebut sangat erat hubungannya satu sama lain. Dapat dibayan…

{Tantangan 9] Kini Harus Menulis Buku Karya Sendiri

Image
Entah apa yang merasuki diriku. Sudah lama banget sih, ingin menulis buku tapiiiii, malah asyik di bermain di blog. Kini ide-ide telah menumpuk di kepala bagaikan kotak yang telah penuh sesak. Setiap waktu akan meledak kapanpun.
Sudah lama keinginan ini tersimpan (yah, kira-kira sudah 10 tahunan), ternyata lama juga sepertinya sudah berdebu dan karatan. Namun, keinginan itu tak pernah mati selalu hidup sampai saat ini saya mengetik tulisan ini.
Nah, ide sudah ada, premis sudah siap. Kini saatnya untuk memulai mengeksekusi ide dan premis tersebut menjadi sebuah novel. Itu harapan saya ditahun ini. Semoga saja selesai dalam 3 bulan dan bisa launching tepat pada tanggal 13 November.
Dan selain itu semoga saja buku ini menjadi best seller diseluruh Indonesia dan bahkan difilemkan. Ini sebuah harapan yang menurut saya itu bisa menjadi sebuah kenyataan (aamiin3x). Mengapa tidak, semoga saja apapun yang ditulis akan terwujud.
Oh, iya bagaimana kabarnya dengan ide-ide yang berjibun dikepala …

[Tantangan 8] Yuk, Mari Kita Mengenal 12 Bagian dari Kamera DSLR

Image
Sepertinya masih banyak yang belum mengenal bagian-bagian dari kamera yang dimiliki. Mereka hanya sebatas memakai tanpa harus mengetahui apa fungsi dari bagian-bagian kamera tersebut. Ada baiknya mengenail setiap tombol yang berada di body kamera tersebut.

Tak kenal maka tak sayang, sepertinya pepatah ini ada benarnya juga. Oleh karena itu yuk, deh mari kita mulai mengenal hingga sampai ke dalam-dalamnya. Sehingga tidak mengalami kesulitan untuk memakainya.


1. Bodi kamera
Disinilah merupakan pusat dari semua bagian DSLR. Di dalamnya terdapat berbagai macam element yang paling penting yaitu : cermin refleks dan sensor kamera. Sedangkan disamping ada grip (untuk memegang kamera), uliran untuk memasang tripod pada kamera, serta adanya tombol-tolmbol pengatur.

2. Lensa kamera
Nah, ini dia bagian yang sangat terpenting dari sebuah kamera DSLR. Benda satu ini dapat mempengaruhi foto yang dihasilkan. Oleh karena itu, pertimbangkan dengan matang sebelum memilih lensa dan dirawat dengan baik.

3.…

[Tantangan 7] Berkah Hijrah (yang) Selalu Mengalir

Image
Menjawab tantangan dari emak Annie Nugraha untuk membuat resensi buku. Kali ini saya akan terima tantangan tersebut. Kini saatnya memulai untuk membuat sebuah resensi buku yang akan saya tulis pertama kalinya.

Entah mengapa sore itu saya melangkahkan kaki menuju toko buku yang terkenal di seantero Indonesia (pasti kalian sudah tau kan toko buku yang saya maksud). Maksud hati hanya ingin melihat-lihat saja.

Kali ini yang berbeda dengan pola kebiasaan saat berkunjung ke toko buku. Biasanya apa bila sudah berada di toko buku yang dituju adalah bagian novel. Entah mengapa semenjak saya berhijrah disaat masuk bukan lagi novel yang dituju, tetapi sekarang yang dituju adalah buku agama.

Selangkah demi selangkah menyusuri diantara lorong rak-rak buku, begitu banyak buku Islami. yang tersusun rapi dirak tersebut. Mulai mata jelalatan mencari-cari yang bagus dan menarik saya untuk membelinya.

Akhirnya sampailah di deretan buku-buku hijrah begitu banyak yang menulis tentang tema ini. Tapi menga…

[Tantangan 6] Mukbang Yuk...

Image
"Alamakkkkkk, tidak kuat akuuuu," suaraku bergema diseantero ruangan warung makan tersebut. Dan kemudian seluruh mata para pengunjung restauran terkenal tersebut menuju saya, menusuk tajam kesanubari seakan-akan memberitahu saya "Berisik tau."

Mulut terasa terbakar, perut terasa panas, peluh-peluh keringat mulai bercucuran padahal tempatnya ber-AC dingin semeriwing. Namun, saya merasa panas apalagi dengan makanan yang kesemuanya super pedas (level 5 loh).

Mampus deh, besok bakalan bolak-balik kamar mandi nih. Sudah tau perut tidak bisa menerima yang pedas-pedas masih saja sok mau mukbang yang pedas. Terkadang hal-hal tersebut membuat saya masa bodo akan sakit tersebut.

Set dahhhh, ini malah nekat se nekat-nekatnya mau makan yang super hot tersebut sudah tau tuh perut enggak tahan dengat yang pedes. Dan berakhir dengan sakit perut yang dhasyat pagi ini. Tau enggak, ini sudah ke 5 kalinya dan kerennya tetap bisa menuliskannya di blog (halah iki loh abang yang ngeban…

[Tantangan 5] Jangan Sampai Berhenti

Image
Tantangan ke 5 ini mulai terasa berat sekali. Rasa malas mulai menghantui, terkadang dihantam badai kebosanan dan suntuk serta ditambah adanya masalah keluarga yang harus diurus. "Tidakkkkk," rasanya ingin pecah kepala ini mengurus semuanya.

Sempat ingin berhenti, tapi meningat ini adalah sebuah tantangan bagiku sendiri untuk membiasakan menulis kembali. Dan akhirnya baru hari ini memulai tantangan yang setengah jalan. Tidak saya tidak akan berhenti walau bosan melanda.

Ada kepikiran juga sih, apakah saya sanggup untuk memecahkan recod yang telah teman saya lakukan. Apakah itu semua akan tercapai. Dan apakah akan berhenti ditengah jalan. Semuanya tidak ada yang tahu apa yang akan saya perbuat.

Seutas harapan yang melingkar dikepala agar tetap menulis tetap menyala. Namun, terkendala dengan rasa cape yang melanda. Ada pula rasa ingin menyerah dalam hidup ini. Seharusnya itu tidak ada dalam diri seorang penulis.

Yao...ayo...ayo, semangat 45 sampai titik jempol penghabisan. Ha…

[Tantangan 4] Pejuang Salome

Image
Hayooo..., pasti kalian mikir yang jorok-jorok kan yah. Dasar piktor, tak pites satu-satu nih. Ayo mulai serius jangan suka berpikir negatif. Yang dimaksud dengan salome disini adalah makanan hitsnya Balikpapan.
Entah dari mana datangnya makanan ini sehingga menjadi terkenal di kota minyak. Sejarahnya saja masih kelihatan samar-samar, sehingga sampai saat ini masih belum tau kapan dan dimana awalnya makanan ini sampai kemari.
Tapi, kalau di lihat sepintas kok ya mirip dengan cilok dari Jawa Barat yah. Hanya sedikit saja sih perbedaannya kalau cilok ada tekstur dagingnya dan sedangkan salome murni hanya terbuat dari tepung kanji walau berpariasi dengan tahu bakso plus sambal kacang atau bawang yang super pedas.
Nyam...,nyam...,nyam enak banget salomenya. Ada cara unik saat memakan camilan yang terkenal seantero jagat perkulineran di Balikpapan ini. Disaat setelah membeli (beberapa pun kamu beli pasti akan dilayani) setelah itu gigit ujungnya dan walah silakan dinikmati dengan es sirup…

[Tantangan 3] Mengubah Dunia

Image
"Wah...,kali ini menulis mengenai impian." Sebenarnya impian itu apa sih? Apakah bisa dibilang sebuah kembang tidur atau kah tidak? Semua itu masih terselebung kabut misteri sehingga sulit untuk terungkapkan. 
Nah, terus apa bedanya dengan mimpi? Yah, tentunya beda lah (ini menurut saya loh). Ok-ok kok jadi membahas mengenai si mimpi. Mari kita balik ke impian (ala-ala bukan empat matanya si Tukul). Apa yah impian saya?

Hmmm...,impian terbesar saya adalah hingga saat ini adalah ingin sekali mengubah dunia dengan buku-buku yang saya tulis. Wah, bagaimana caranya mempengaruhi mereka melalui tulisan-tulisan yang saya tulis?

Banyak cara mempengaruhi para pembaca melalui tulisanmu. Dengan rangkaian kata-kata dan pilihan kata-kata yang dapat menghipnotis para pembaca. Oleh karena itu terciptalah sebuah kata yang selalu melekat apa bila buku mereka terjual laris manis yaitu BEST SELLER.     

Setelah membaca tulisan-tulisan dari buku yang katanya BEST SELLER itu ternyata tulisannya…

[Tantangan 2] Susahnya Saling Menfollow di Blogspot

Image
Pengalaman menulis di Blogspot tidak semudah di Wordpress. Kok, bisa begitu, yah itulah berbedaan dari kedua platform tersebut. Tinggal kamu mau memilih yang mana serta menggunakannya dengan sebenar-benarnya.

Untuk pertama kalinya saya menggunakan Blogspot setelah selama ini selalu menggunakan Worpdress. Ternyata sangat-sangat berbeda dengan yang satunya walau sama-sama gratisan. Mulailah kembali beradaptasi menulis di platform yang satu ini.

Awal mulai bingung, klik sana-klik sini tambah bingung. Dengan mengandalkan insting saat menggunakan WP akhirnya mulailah menulis dengan ala kadarnya saja. Tanpa putus belajar terus menerus melalui youtube dan bahkan menanyakan teman-teman yang sudah lama menggunakan BS.

Lambat laun sedikit demi sedikit mulai mengerti. Namun, ada satu masalah yang sampai sekarang masih belum dapat jawabannya hingga saat ini. Membuat saya merasa menjadi orang yang terbodoh didunia.

"Masa itu saja enggak bisa sih," hadeh, perkataan ini selalu meluncur dar…