[Tantangan 4] Pejuang Salome


Hayooo..., pasti kalian mikir yang jorok-jorok kan yah. Dasar piktor, tak pites satu-satu nih. Ayo mulai serius jangan suka berpikir negatif. Yang dimaksud dengan salome disini adalah makanan hitsnya Balikpapan.

Entah dari mana datangnya makanan ini sehingga menjadi terkenal di kota minyak. Sejarahnya saja masih kelihatan samar-samar, sehingga sampai saat ini masih belum tau kapan dan dimana awalnya makanan ini sampai kemari.

Tapi, kalau di lihat sepintas kok ya mirip dengan cilok dari Jawa Barat yah. Hanya sedikit saja sih perbedaannya kalau cilok ada tekstur dagingnya dan sedangkan salome murni hanya terbuat dari tepung kanji walau berpariasi dengan tahu bakso plus sambal kacang atau bawang yang super pedas.

Nyam...,nyam...,nyam enak banget salomenya. Ada cara unik saat memakan camilan yang terkenal seantero jagat perkulineran di Balikpapan ini. Disaat setelah membeli (beberapa pun kamu beli pasti akan dilayani) setelah itu gigit ujungnya dan walah silakan dinikmati dengan es sirup.

Terus apa hubungannya dengan judul diatas. Tenang tulisan ini masih berlanjut kok, nah, mengenai judul diatas itu hanya sebuah apa yah, saya bingung takut salah menyebutnya. Di pulai Jawa kata tersebut mengandung makna yang negatif.

Kami adalah PEJUANG SALOME, entah mengapa tiba-tiba saja seorang sahabat melontarkan kata tersebut di laman media sosialnya. Mengapa tidak dijadikan sebuah nama komunitas saja. Pasti banyak yang bergabung tentunya.

Kenapa pejuang salome, karena kita tuh selalu mencari salome yang terenak dan terlejat. Tak peduli paklenya (biasanya juga bulek yang jualan), selalu dijabanin. Ah, perjuangan mencari camilan ternak dan terlezat akan terus berlanjut hingga mau memisahkan.

Hmmm, bingung lagi bingung mau melanjutkan apa. lagi mengenai pejuang yang satu ini. Cukuplah sampai sini saja deh. Mau menulis untuk blog yang satunya lagi biar pundi-pundi mengalir deras, sederas air hujan yang turun kebumi (halah alay banget loe).

Sudah...sudah jangan berantem, biarlah blog ini tenang. Agar si penulis bisa berkonsentrasi menulis di blognya yang kedua. Ok, tulisan ini sudah selesai sampai disini dulu agar bisa konsentari menulis diblog yang satunya lagi.               

Comments

  1. mauuu kiriim mesti langsung abis nih

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Hahahahaha, iya nih terkadang orang melihat judulnya sudah berpikiran negatif duluan padahal isinya tak seindah judulnya.

      Delete
  3. eh mirip cilok ya salomenya. Yang kayak gini nih memang enak banget, apalagi pakai bumbu kacang pedas, dan cemilannya lagi anget-anget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak mirip banget, saya sempat bingung juga entah dari mana camilan ini kok bisa langsung ada di Balikpapan.

      Delete
  4. Kalo cilok udah rame yang jualan itu di Medan. Kalo Salome belum ada..

    Kohhh coba aja jualan Salome di Medan,
    #ehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah mbak, kalau dapat resepnya yang tepat agar salomenya enak dan laku keras.

      Delete
  5. lah iya saya bingung apa hubungannya salome sama cilok pas liat gambar eh ternyata eh wkwkwk. rasanya samakah kek cilok? dulu ke kalimantan gak nemu salome saya mungkin kurang gaul wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe, sempat bingung juga akan tulisan ini tapi ternyata membahas mengenai salome.

      Delete
  6. Ya elah. Piktornya dimana ngomongin salome? Yuni gagal paham di awal. Hehehe...

    Tapi makanan itu emang mirip cilok sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah mbak, orang-orang taunya Salome itu Satu Lubang Rame-Rame (maaf).

      Delete
  7. Aku awalnya ga mikir jorok, tp bgitu tulisan di awali dengan remind pikiran jorok malah jd nyari2 salome apaan
    Hadehhh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan dicari artinya mbak..., Yang ada dibaca aja sampai tuntas yah mbak

      Delete
  8. Ini mah cilok beda nama koh... Mungkin dulu ada yang bawa dari bandung, trus diganti namanya dengan yang lebih familiar di balikpapan. #asalmikir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau enggak salah ini sudah lama ada di Balikpapan. Tapi, saya tidak pernah tau sejarah salome tersebut. Kok, bisa ada di Balikpapan.

      Delete
  9. Loh, cilok ada dagingnya? Cilok di jajanan deket kosku malah cuman kanji doang, kalau ada tekstur dagingnya mah namanya pentol. Tau pentol gak? Hehe. Baru tau nih ada makanan namanya Salome, nanti kalau ke Balikpapan beli ah, enak mana sih sama cilok. Ini bacanya Salome biasanya kan? huruf e di akhir dibaca?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, pengalaman dulu di Depok, ciloknya ada dagingnya plus gede lagi. Dimakan pakai saus kacang yang pedessss

      Delete
  10. Di tempatku juga ada nih koh. Tapi nyebutnya tetep aja somay, wkwkwk, cuma harganya lebih murah daripada yg terbuat dr daging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok somay, kan jauh banget bedanya tapi apalah sebuah nama kalau masih bisa dinikmati makanannya

      Delete
  11. saya baru tahu nama salome. makanya bingung waktu penulisnya bilang jangan berpikiran jorok. emang salome apaan sih. wkwkwkwk... gak tahunya ternyata..... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwkwkwkwk, nah karena banyak multitafsir sehingga sang penulis mewanti-wanti saat paraghraf pertama.

      Delete
  12. Itu sense yang kasih nama makanan jadi salome gimana ya
    sebab sudah saklek di pikiran satu lobang ramerame hehe

    itu apa bedanya dengan cilok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya sama saja sih, tapi pengalaman dulu di Depok waktu saya masih SD ciloknya dicampur dengan daging yah...jatuhnya kaya pentol.

      Delete
  13. kalau pakai tepung kanji sepertinya lebih kenyal ya.. hehe..nyam-nyam

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenyal-kenyal kaya permen gummy yummy bear enak. Apa lagi pakai sambal kacang yang super hot alias pedas.

      Delete
  14. Lama banget nggak denger orang nyebut salome untuk bakso ojek (kojek) ini. Dulu makanan ini favorit banget jaman aku SD... dan hanya boleh maem pakai saus kacang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, disana malah bakso ojek. Yup apa lagi kalau saus kacangnya super pedes endes surendes banget pokoknya.

      Delete
  15. Salome lebih enak dan lezat disantap saat masih hangat. Jangan lupa bumbu kacangnya di banyakin, biar makin legit rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sampai terendam dengan sambel kacang pokoknya enak banget deh sampai nambah lagi.

      Delete
  16. Penampakannya mirip kayak cilok ya. Kalau saya suka yang pedas, jadi pakai bumbu kacang plus sambal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di Balikpapan ada level tingkat kepedasannya mbak.

      Delete
  17. Saya baru baca istilah Salome ini, Koh. Memang seperti cilok ya, sama-sama dari aci atau tepung kanji. Btw, bumbu kacang memang selalu menggugah selera, mau dipakai pada masakan lain pun seperti pecel misalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bumbu kacang memak enak disegala masakan termasuk untuk yang manis seperti martabak dll.

      Delete
  18. Salome itu mirip cilok yahh wah baru tau juga nih ada cemilan khas dari Balikpapan. Fotonya sangat menggoda itu yahh palagi kl dinikmati sembari bercengkerama dengan keluarga. Bisa-bisa gak berasa udah habis banyakk aja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Camilan yang masuk disegala kalangan baik itu untuk muda hingga tua apa lagi tak terlalu mahal dari 5ribu sudah dapat banyak.

      Delete
  19. Di tempat saya cilok juga bisa dari tepung kanji saja. Beda tempat beda nama kali ya hehehe.

    ReplyDelete
  20. Salome itu istilah zaman dahulu kala hahaha... eh ternyata itu nama makanan. Mirip bakso ternyata ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan mirip bakso, ada juga sih tapi namanya pentol.

      Delete
  21. Ini sih cilok, aci dicolok. Cuma kalau salome, engga pakai ditusuk sate. Kenyel-kenyel juga ya? Jajanan gini mur-mer tapi orang pada suka. Haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kenyal-kenyal dan murah meriah, bisa dibeli dengan berapapun

      Delete
  22. wah sedap banget ini mas,, salome tapi dilihat lebih detailnya seperti cilok namun salome murni dari tepung kanji i love it

    ReplyDelete
    Replies
    1. Camilan rakyat yang murah meriah, dimana dan kapanpun bisa dinikmati dengan bersama keluarga.

      Delete
  23. Sama koh disini juga disebut cilok, baik yang ada isinya maupun polosan cuma tepung doang.
    Tapi ya bener kalo disini Salome punya arti negatif hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang nah kalau di Balikpapan polosan salomenya bang dibalurin dengan sambal dan saus kecap.

      Delete
  24. Salome... seperti cilok memang ya koh... belum pernah ngerasain ... kok namanya pejuang salome koh..ga pemburu salome aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, mirip sekali dengan cilok, ayo bang kalau ke Balikpapan ngerasain salome disini. Mengenai judul mah biar heboh saja sih bang.

      Delete
  25. Kalau di tempat saya namanya cilok. Aci di colok pake lidi. Biasanya bikin sendiri di rumah atau sering juga beli. 1 biji 500 rupiah. Nikmat dan maknyus tenan 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang nikmat sekali, apa lagi ditemanin es kelapa lebih nikmat lagi

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Tantangan 11] Menjadi Wirausaha Di usia Muda? Mengapa Tidak

[Tantangan 18] 4 Tips Ketika Ingin Ganti Ponsel

[Tantangan 2] Susahnya Saling Menfollow di Blogspot