[Tantangan 7] Berkah Hijrah (yang) Selalu Mengalir


Menjawab tantangan dari emak Annie Nugraha untuk membuat resensi buku. Kali ini saya akan terima tantangan tersebut. Kini saatnya memulai untuk membuat sebuah resensi buku yang akan saya tulis pertama kalinya.

Entah mengapa sore itu saya melangkahkan kaki menuju toko buku yang terkenal di seantero Indonesia (pasti kalian sudah tau kan toko buku yang saya maksud). Maksud hati hanya ingin melihat-lihat saja.

Kali ini yang berbeda dengan pola kebiasaan saat berkunjung ke toko buku. Biasanya apa bila sudah berada di toko buku yang dituju adalah bagian novel. Entah mengapa semenjak saya berhijrah disaat masuk bukan lagi novel yang dituju, tetapi sekarang yang dituju adalah buku agama.

Selangkah demi selangkah menyusuri diantara lorong rak-rak buku, begitu banyak buku Islami. yang tersusun rapi dirak tersebut. Mulai mata jelalatan mencari-cari yang bagus dan menarik saya untuk membelinya.

Akhirnya sampailah di deretan buku-buku hijrah begitu banyak yang menulis tentang tema ini. Tapi mengapa isinya mengenai akhwat yang akan (ber)hijrah. Sedikit bingung juga, ini kenapa isinya seperti ini. 

Seperti di beri petunjuk oleh Allah, mata saya tertuju sebuah buku yang dari judulnya saja membuat ingin membaca isinya. Seperti biasa mencari buku yang segelnya sudah terbuka. Kalau belum ada yang terbuka biasanya saya menyobek segelnya (kebiasaan buruk, jangan ditiru yah guys), dan membacanya sampai tuntas.

Buku ini ditulis dengan apik dan seakan-akan menghipnotis para pembacanya. Kata demi Kata bak air yang mengalir dari pegunungan menyejukkan hati. Amin Maghfuri, benar-benar pandai dalam memilih sebuah kata-kata.

Sehingga hanyut dalam setiap baitnya. Tema yang diangkat menurut saya umum. Sudah banyak buku yang mengangkat tema ini. Namun, bagi Amin Maghfuri mengemas tema ini menjadi lebih menarik bagi para pembaca.

Ada beberapa poin yang saya tangkap dari isi buku tersebut yaitu : (1) bertaubatlah, (2) berbuat baik, dan (3) dekatlah kepada Allah. Poin tersebut merupakan kunci agar hijrah berjalan dengan penuh keberkahan.

Oh...iya, hampir lupa nih kalau sudah hijrah, tinggalkan yang buruk dan ambilah yang baik-baik. Termasuk dalam hal berteman. Pilihlah teman yang mampu membawamu kesurgaNYA. Dan jauhi teman-temanmu yang dapat menjerumuskanmu kedalam api neraka. 

BERKAH HIJRAH
Oleh : Amin Maghfuri

ISBN : 9786025781520
Penerbit : Noktah
Ukuran : 14 x 20 cm
Cover : SC (Soft Cover)
Jumlah halaman : 214 halaman
Kertas : BookPaper
Berat : 250gram

Comments

Post a Comment