[Tantangan 7] Berkah Hijrah (yang) Selalu Mengalir


Menjawab tantangan dari emak Annie Nugraha untuk membuat resensi buku. Kali ini saya akan terima tantangan tersebut. Kini saatnya memulai untuk membuat sebuah resensi buku yang akan saya tulis pertama kalinya.

Entah mengapa sore itu saya melangkahkan kaki menuju toko buku yang terkenal di seantero Indonesia (pasti kalian sudah tau kan toko buku yang saya maksud). Maksud hati hanya ingin melihat-lihat saja.

Kali ini yang berbeda dengan pola kebiasaan saat berkunjung ke toko buku. Biasanya apa bila sudah berada di toko buku yang dituju adalah bagian novel. Entah mengapa semenjak saya berhijrah disaat masuk bukan lagi novel yang dituju, tetapi sekarang yang dituju adalah buku agama.

Selangkah demi selangkah menyusuri diantara lorong rak-rak buku, begitu banyak buku Islami. yang tersusun rapi dirak tersebut. Mulai mata jelalatan mencari-cari yang bagus dan menarik saya untuk membelinya.

Akhirnya sampailah di deretan buku-buku hijrah begitu banyak yang menulis tentang tema ini. Tapi mengapa isinya mengenai akhwat yang akan (ber)hijrah. Sedikit bingung juga, ini kenapa isinya seperti ini. 

Seperti di beri petunjuk oleh Allah, mata saya tertuju sebuah buku yang dari judulnya saja membuat ingin membaca isinya. Seperti biasa mencari buku yang segelnya sudah terbuka. Kalau belum ada yang terbuka biasanya saya menyobek segelnya (kebiasaan buruk, jangan ditiru yah guys), dan membacanya sampai tuntas.

Buku ini ditulis dengan apik dan seakan-akan menghipnotis para pembacanya. Kata demi Kata bak air yang mengalir dari pegunungan menyejukkan hati. Amin Maghfuri, benar-benar pandai dalam memilih sebuah kata-kata.

Sehingga hanyut dalam setiap baitnya. Tema yang diangkat menurut saya umum. Sudah banyak buku yang mengangkat tema ini. Namun, bagi Amin Maghfuri mengemas tema ini menjadi lebih menarik bagi para pembaca.

Ada beberapa poin yang saya tangkap dari isi buku tersebut yaitu : (1) bertaubatlah, (2) berbuat baik, dan (3) dekatlah kepada Allah. Poin tersebut merupakan kunci agar hijrah berjalan dengan penuh keberkahan.

Oh...iya, hampir lupa nih kalau sudah hijrah, tinggalkan yang buruk dan ambilah yang baik-baik. Termasuk dalam hal berteman. Pilihlah teman yang mampu membawamu kesurgaNYA. Dan jauhi teman-temanmu yang dapat menjerumuskanmu kedalam api neraka. 

BERKAH HIJRAH
Oleh : Amin Maghfuri

ISBN : 9786025781520
Penerbit : Noktah
Ukuran : 14 x 20 cm
Cover : SC (Soft Cover)
Jumlah halaman : 214 halaman
Kertas : BookPaper
Berat : 250gram

Comments

  1. Menarik isi bukunya. Hijrah itu harus ya Koh :)

    ReplyDelete
  2. Bertobat, berbuat baik dan dekat kepada Tuhan... noted.. tinggal mempraktekkannya dalam kehidupan sehari harinya..TFS Kokoh

    ReplyDelete
  3. Semangat koh, perubahan kokoh terlihat banget sekarang ya, sering ikut kajian dll. semoga ilmu yang didapat berkah ya koh dengan seringnya ditulis dalam blog gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga saya tetap istiqomah dalam hijrah ini. Masih panjang perjalanan yang dihadapi berjalan dengan mulus

      Delete
  4. Awal hijarah pasti berat sekali ya koh? Apalagi kebiasaan² yang kita tahu ternyata tidak baik untuk dialkdila lagi hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beraattttt banget begitu banyak cobaan yang menerpa iman. Dan rasanya begitu sulit untuk dilalui

      Delete
  5. Semangat terus koh untuk berhijrah. Semoga selalu diberikan petunjuk dan kekuatan oleh-Nya. Bukunya sepertinya menarik untuk dibaca, sepertinya bisa membuat orang untuk berhijrah. Oh iya, itu baca bukunya kelar di toko buku apa dibeli nih? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, baca bukunya kelar di toko buku tentunya. Dengan sedikit bercapai ria berdiri.

      Delete
  6. Bukunya keren. Semangat terus mencari ilmu, semoga Allah menerima tobat kita semua dan terus berbuat baik, aamiin 😊

    ReplyDelete
  7. Ada kelanjutannya nggak ya tips untuk konsisten dalam hijrah? Soalnya lebih susah untuk konsisten ga balik ke kebiasaan buruk itu kan 😁😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kelanjutannya kok, tenang saja pasti akan ada tulisan mengenai ini.

      Delete
  8. Masya Allah keren ulasannya. Buku yang bisa jadi panduan bagi siapa saja yang ingin istiqomah pada jalan yang telah dipilihnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sukron atas kunjungannya ke lapak saya yang sederhana ini.

      Delete
  9. Berarti ada 3 hal ya atas berkas hijrah yang selalu mengalir yaitu bertobat,berbuat baik,dekat sama Tuhan. Hijrah itu berat setelahnya apalagi lebih berat, semiga selalu istiqamah dalam menjalankannya ya kak.

    ReplyDelete
  10. Hijrah memang bukan hal yang mudah. Butuh cara untuk bisa istiqomah menjalankannya. Buku ini rekomended banget buat orang-orang ingin hujrah.

    ReplyDelete
  11. Berbicara tentang hijrah, memang harus ada dorongan dari diri sendiri dan dari luar ya koh. Kalau dorongan daei luar bisa dengan baca buku ini. Jadi motivasi dan pengingat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Plus dukungan dari teman-teman yang selalu memberi semangat disaat kita down itu sangat diperlukan.

      Delete
  12. Pengen bikin resensi buku, tapi belum kesampaian ih wkwk
    Resensinya keren Koh 😍

    ReplyDelete
  13. Subhanallah, semoga setelah membaca buku BERKAH HIJRAH, Membuat Kokoh semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan nya.

    Semoga saja sayapun demikian.
    Aamiin...

    ReplyDelete
  14. wah. ulasannya kurang panjang Pak. hehe... eh, Kokoh hijrah ini bener hijrah agama atau apa> hehe... satu lagi, covernya bukan foto buku asli gitu, Koh? apa ngambil di internet? hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih pak Supadilah soalnya hasil foto saya jelek dengan HP yang alakadarnya jadi comot di Internet. Ternyata foto palsu yah pak.

      Delete
  15. Di zaman modern sekarang,hijrah bukanlah hal yang mudah. Akan banyak cobaan dan harus sabar itu kunci nya. Semoga kita semua selalu istiqomah dijalan Allah SWT,Amin

    ReplyDelete
  16. hilangkan kebiasaan buruk, jangan lagi menyobek segel plasti buku yang di pajang. Klo belum mampu beli ya nabung dulu, atau cari bukunya di perpustakaan

    ReplyDelete
  17. Barokallah koh, semoga kita semua di-istiqomah-kan dalam kebaikan. Awal-awal memang berat, tapi kalo udah terbiasa, semua jadi ya biasa aja. Yang bikin beda, hidup jadi lebih adem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya merasa dalam diri bahwa untuk bisa hijrah itu sangatlah berat. Menagapa? Karena godaan itu semakin berat menghantam. Namun, setelah mengalahkan semuanya akan terasa banget perbedaannya.

      Delete
  18. Alhamdulillah. semangat belajar temen-temen saya yang hijrah luar biasa. sampai-sampai pengetahuan mereka lebih luas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak, perubahan itu signifikan banget dalam diri. Tapi dari itu semua terkadang godaan masih ada saja menggoda.

      Delete
  19. aku kok bingung yaa setiap kali diri ini ingin hijrah selalu aja ada halangan :( setannya kuat banget

    ReplyDelete
  20. bertobat, berbuat baik, dekat kepada alloh,, point yang kuat sekali. moga saya bisa begituuu dengn lebih dekat lagi ke Alloh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga selalu dikuatkan imannya dan mendapatkan hidayah yang terang dikemudian hari.

      Delete
  21. menarik sekali bukunya... berhijrah ke arah yang lebih baik... semoga istiqomah.. Aamiin

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Tantangan 11] Menjadi Wirausaha Di usia Muda? Mengapa Tidak

Ketika Deadline Menjadi Asik dengan Asus VivoBook Ultra A412FL.-i5.

[Tantangan 18] 4 Tips Ketika Ingin Ganti Ponsel