[Tantangan 1] Memulai Untuk Menulis Lagi


Untuk memulai kebiasaan menulis lagi yang selama ini tersendat-sendat karena rasa malas menghantui diri ini. Saya menantang diri sendiri dengan sebuah tantangan yang membuat siapapun pasti akan memaksa dirinya untuk memulai menulis.

Tanpa sengaja kemarin dan kemarinnya lagi, membaca status seorang bloger nasional yang kebetulan teman satu perjuangan di salah satu blog keroyokan (yang saya sebut rumah sehat) berinisial K. Disinilah berawal kita saling bersapa dan berkenalan sebagai penulis.  

Ternyata dalam setahun dia telah menyelesaikan 100 tulisan diblognya. Keren enggak tuh, sulit tau membangun kebiasaan tersebut. Apa lagi saya disaat berselancar didunia maya bukannya untuk menulis tapi malah buka FB dan teman-temannya.   

Hancur dunia kepenulisan kalau kaya gini, kapan selesai kalau kerjaannya selalu dan selalu membuat orang berpaling dari tujuan semula. Sepertinya butuh konsentrasi yang super tinggi agar cepat selesai tanpa mengulur waktu lagi.

Seperti halnya 30 Hari Bercerita dengan tema yang telah ditentukan, agar dapat membiasakan menulis dengan sebuah tema. Kalau tantangan yang dilakukan ini, tanpa tema dan bebas apa saja yang ada diotak dituangkan kedalam tulisan.

Membiasakan diri untuk kembali menulis apa lagi menantang diri sendiri menurut yang menulis  (saya) sangatlah sulit. Apa lagi setiap bulannya harus menyetor 9 tulisan, sehingga per tahunnya terkumpul 108 tulisan.

Tak terbayangkan bagaimana sulitnya harus melawan kemalasan menulis saat liburan berkunjung ke setiap rumah-rumah. Wah bagaimana nih, bisa-bisa diriku teralihkan dan menulispun terlupakan. Akhirnya kena deh penyakit writers block.     

Writes block ditambah malas adalah penyakit yang berbahaya bagi penulis. Buang jauh-jauh deh, jangan sampai penyakit tersebut menghampiri dirimu sebagai penulis. Bisa-bisa hanya bisa menjadi sebatas penulis status yang tak berguna di FB.  

Oh iya, hampir lupa jangan lupa mau tulisan organik atau bukan organik yang terpenting adalah bagaimana caranya dirimu dan yang lainnya untuk memulai menulis. Jangan lupa tuh, buang-buang jauh kemalasan dalam diri kita.

Ok, sampai disini dulu deh. Besok dilanjutin lagi nulisnya biar enggak bosa. Kini saatnya me time dengan membaca buku. Agar mendapatkan bahan-bahan tulisan. Ayo..., Nulis apa pun itu tulisannya tapi yang berguna untuk pembaca.

Comments

  1. Bener bangettt koh. Rasa malas menulis itu hrs dilawan sih. Jangan niatnya istirahat sebentara, eh bablas Ampe berbulan2 ga update blog :D. Terkadang aku skip utk update blog tiap Minggu Krn kesibukan kantor. Tp tetep sebulan sekali aku usahakan ada 2 tulisan baru minimal . Itu hebat banget sebulan bisa 8 wkwkwkw. Aku masih susah sih begitu. Dipaksa pasti bisa, tp hasilnya tulisan kacau dan ga terstruktur :p.

    ReplyDelete
  2. yeay. Mulai Aja Dulu kalau kata marketplace ijo itu mah.

    ReplyDelete
  3. Menuliskan dengan santai, jangan terlalu mamaksakam diri. Biar tidak cepat bosan.
    Karena ngeblog itu untuk jangka panjang.

    ReplyDelete
  4. Aku sendiri sempet Hiatus 2 taun kayaknya. Mo nulis aja berat bin malas. Sampe ga keurus blognya
    Janji ke diri sendiri setelah aktifin blog lagi,kudu rajin nulis

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Tantangan 11] Menjadi Wirausaha Di usia Muda? Mengapa Tidak

[Tantangan 18] 4 Tips Ketika Ingin Ganti Ponsel

[Tantangan 2] Susahnya Saling Menfollow di Blogspot