[Tantangan 2] Susahnya Saling Menfollow di Blogspot


Pengalaman menulis di Blogspot tidak semudah di Wordpress. Kok, bisa begitu, yah itulah berbedaan dari kedua platform tersebut. Tinggal kamu mau memilih yang mana serta menggunakannya dengan sebenar-benarnya.

Untuk pertama kalinya saya menggunakan Blogspot setelah selama ini selalu menggunakan Worpdress. Ternyata sangat-sangat berbeda dengan yang satunya walau sama-sama gratisan. Mulailah kembali beradaptasi menulis di platform yang satu ini.

Awal mulai bingung, klik sana-klik sini tambah bingung. Dengan mengandalkan insting saat menggunakan WP akhirnya mulailah menulis dengan ala kadarnya saja. Tanpa putus belajar terus menerus melalui youtube dan bahkan menanyakan teman-teman yang sudah lama menggunakan BS.

Lambat laun sedikit demi sedikit mulai mengerti. Namun, ada satu masalah yang sampai sekarang masih belum dapat jawabannya hingga saat ini. Membuat saya merasa menjadi orang yang terbodoh didunia.

"Masa itu saja enggak bisa sih," hadeh, perkataan ini selalu meluncur dari orang-orang yang sudah master dalam ngeblog, ada yang mau berbagi ilmunya tapi ada pula yang tidak mau berbagi. Tapi itu tidak masalah bagi saya.

Akhirnya mengandalkan apa yang dinamakan Google Search. Dengan keyword yang telah ditentukan akhirnya dapat juga. Dari mbah google lah saya belajar mengenai hal yang satu ini. Ternyata sangat mudah sekali.

Namun, terkadang mengandalkan si mbah, bisa tersesat juga. Pernah mencoba untuk membuat tamplate sendiri eh, malah jadi error blogspotnya. Sedikit kesal akhirnya tuh blog dimatikan dan buat baru lagi dengan email yang baru.

Hadeh, capek deh, enggak berani-berani lagi untuk mengoprek nih blog. Apa adanya saja deh tak perlu seperti blog yang lain begitu wah dan penuh dengan segala macam sehingga memberatkan kinerja blog.   

Tamplate yang sederhana tapi tulisan yang bermanfaat dan berkualitas (biasa disebut juga tulisan organik) dapat menarik para pengunjung agar si DA dan PA naik...naik kepuncak gunung. Ah, betapa senangnya hati ini.

Loh, kok tulisannya makin melebar kemana-mana. Balik lagi mengenai menfollow atau bisa dibilang saling mengikuti blog. Eh, ternyata begitu caranya toh, sangat gampang dibilang sulit juga enggak terlalu sulit.

Berarti judul diatas tidak relevan lagi donk, kalau gitu diganti saja. Eh...,jangan biarkan saja seperti itu tidak akan ada perubahan mengenai judul. Siapa tau banyak yang mengklik dan menfollow blog saya ini.

Cukup sampai disini tulisan yang entah berantah. Akan disambung lagi dengan tantangan berikutnya yang lebih menantang bagi saya yang menulisnya. Paksa...paksa...paksa jangan sampai menyerah dalam keadaan berhutang tulisan.  

Comments

  1. Saya juga ingin menulis di blogspot, mohon tuntunan

    ReplyDelete
  2. saya malah dari blogspot pindah ke wordpress karena di blogspot ribet ngatur-ngatur templatenya dan kadang suka ada bug. Jadi lebih milih wordpress biar bisa langsung nulis hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sih ada dua blog satu blogspot dan satunya wordpress

      Delete
  3. santiy mas, memfollow di blog itu mudah kok. eh tp kan 1 email bisa bikin banyak blog mas,

    salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, tapi bingung saya kalau satu email dua blog.

      Delete
  4. Ikutan komen ko... Sy nulis di bkogspot ko.. Malahan lbh mudah ketimbang di wp.. Wah beda" emang yaa.. Alah bisa karena biasa... Bener tu kt pepatah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda banget lah mbak. Karena sudah terbiasa akhirnya bisa juga

      Delete
  5. yep. followed. follback ya.

    eh btw boleh tahu apa alasan koh hendra migrasi ke BS?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok baiklah saya akan menfollow back. Ternyata asik juga blogmu dengan pembaca yang super banyak juga.

      Delete
  6. Replies
    1. Sok atuh mangga, nanti saya akan follow back juga kok.

      Delete
  7. Duh koh, malah bagiku BS itu mudah banget kalau soal posting blogpost.
    Ak malah bingung pake WP... Ak pun sedang mempelajari WP...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm gitu yah mbak, saya malah kebalikannya kalau di BS malah super bingung banget. Tapi yaitu dia tetap belajar untuk menggunakan BS.

      Delete
  8. saya pernah liat WP dan bingung malahan itu apalagi ilmu tentang blog ga ada sama sekali, baca google juga males jadinya ya apa-apa nanya orang lain hihi semangaat ngeblognya ya koh dari saya yang masih calon cebong saking kecilnya hehehheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangattttt mbak, saya pun disini masih belajar seluk beluk WP. Tapi sebenarnya sih nyaman di WP.

      Delete
  9. Saya pengguna Wordpress, tapi saya senang bacain semua hal tentang Blogspot. Mana tahu kaaan, nanti minat bikin blog kedua di Blogspot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mbak mutia. Saya juga sedang berkenalan dengan BS agar bisa jatuh cinta dengannya.

      Delete
  10. Aku blmbisa bandingkan nih, soalnya br ngeblog di WP aja n br bbrp bulan hehe. Semangat nulisss.... 💪

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangaattttt, ayo, kita menulis tak peduli platfromnya apa yang penting bisa belajar mengenai platform tersebut.

      Delete
  11. Judulnya menarik nih Pak, hehheh. Btw menurut saya blogpost lebih mudah dari wp. Tapi beda2 pengguna sih ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ini menurut selera masing-masing sih ada yang suka di WP ada pula yang suka dengan BS.

      Delete
  12. Aku juga belum follow2 an di blog karena ga tau caranya wkwk harus pakai plugin apa tau gimana jadi ya sudahlah kalau susah saling follow di blog ya sudah mau diapakan lagi kan ga bole maksa harus ikhlas hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau wP menurut saya harus pakai plugin tapi kalau sesama BS langsung bisa saling menfollow.

      Delete
  13. Kalau saya masih ngejar da/pa yg entah kapan akan menaik hahaha..emang harus konsisten ya koh menulis tuh ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah tidak memikirkan lagi mengenai DA dan PA yang penting nulis dulu memperbanyak artikel. Baru mengejar DA dan PA.

      Delete
  14. Saya kebalikannya. Bertahun2 pakek blogspot, eh pas kena wordpress bingung. Yah untungnya sih banyak suhu2 wordpress yg mau ngajarin, jd pelan2 ngerti jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih untungnya banyak suhu-suhu yang ikhlas mau membantu dengan segenap tenaganya membantu

      Delete
  15. Gantian ajarin pakai wordpress dong koh. Aku kayaknya malah bingung banget pakai wordpress.
    Eh kalau mau tanya-tanya tentang blogspot tanya aku juga boleh banget, asal aku bisa jawab tapi ya wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangattt Dian, disini kan kita saling belajar. Oh, iya kita adain kelas di Balikpapan Blogger mengenai wordpress.

      Delete
  16. emang sih kalo belum paham mah apa-apa juga susah ya, saya dulu gak berani punya blog padahal pengen karena takut bikinnya pake kodingan wkwkwk. padahal dulu kuliah IT, tapi masih parno sama kodingan. pas di coba ternyata gak sesulit itu buat blog wkwk, sampe malah saya buka jasa percantik blog, gak nyangka lah wkwkwk. lucu kalo diinget-inget hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...,ayo mbak kita menulis di blog dengan melatih kebiasaan menulis di blog pasti kita akan terbiasa dengan blog kita.

      Delete
  17. Sampe sekarang saya masih bingung mo tetap pake blogspot atau migrasi ke wp. Kalo untuk tampilan, wp lebih menggoda. Tapi sependek pencarian saya, kok lebih mahal bayar domainnya, haha... Yuk saling follow koh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa mungkin karena sudah terkenal kali yah sehingga domainnya mahal. Kenapa enggak untuk bikin dua Blog mbak?

      Delete
  18. Semangat Koh ... Ketika sering menulis artikel yang padat dan kekinian maka secara alami DA dan PA blog akan mengikuti Koh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mas Arie, pokoknya saya akan tetap menulis dan menulis untuk menambah isi blog ini mas.

      Delete
  19. semangattt kokohh,, lanjutkan menulis terus jangan ada yang bisa menyurutkan semangatmu,, ehehhehe nanti DA PA naik sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mbak, Semangat 45 untuk meningkatkan kebiasaan menulis dimulai dari saya sendiri.

      Delete
  20. Ternyata experience setiap blogger berbeda ya, kalo menurut saya malahan lebih sulit nulis di WP dibanding di BS. Tapi lama-lama akan terbiasa loh... Jangan dengerin kanan kiri, lanjut nulis aja udah.....................................................................................................................

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, penuh tantangan menghadapinya. Namun, dengan kita belajar akan tau seluk beluk platform yang akan kita pakai.

      Delete
  21. Aku pengguna blogspot yang baru tahu nulis nulis aja, padahal jadi blogger gak hanya bisa nulis aja ya koh, mau belajar kek nya gak faham mulu jadi sering minta tolong terkait teknis nya hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Una kita tidak hanya tau menulis di blog, tapi kita juga harus tau selik beluk blog kita agar tidak pusing nantinya kalau ada masalah dengan blog kita.

      Delete
  22. Yes setuju, konten organik bakal meniakkan da pa, tapi hehe alangkah berat kalau gak dipaksa buat nulis hihi..semangaat! Moga terus diberi kekuatan untuk terus berbagi ilmu maupun pemgalaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mom, Aamiin semoga yang lain pula diberi kekuatan agar dapat mengejar impiannya sebagai blogger terkenal.

      Delete
  23. Saya kebalikannya Bang Kokoh deh, udah lama start bikin blog di BS dan WP. Br hari ini sempet posting artikel di WP. Ya meraba² tp insyaallah ala bisa karena biasa ya. Semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, semangat mbak nulisnya jangan patah semangat, Insya Allah dengan selalu berlatih akan terbiasa.

      Delete
  24. Klo saya masih setia dengan blogspot koh. Entahlah pernah belajar dgn platform WP tapi gak bisa-bisa. Mungkin kurang fokus juga sih.

    Tp untuk komentar di blog dengan platform WP, sayapun terpaksa buat akun WP meski gak pernah dipakai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Kang, terkadang saya masih suka nulis di WP, tapi untuk sesuatu hal yang lain saya juga nulis di BS.

      Delete
  25. Fitur follow memfollow ini cukup berguna dalam membangun jaringan pertemanan. Blogspot saya ada yang followernya sudah lebih dari 100, senang banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup berguna banget untuk membangun jaringan pertemanan melalui follow menfollow tersebut.

      Delete
  26. Aku punya dua-duanya, tapi yang TLD cuma blogspot. Kalo yang WP isinya curhatan pribadi, nggak pernah diikutkan BW jadinya, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun punya dua, tapi yang sering TLD hanya BS dari pada BW soalnya yang satu itu mau diisi apa?

      Delete
  27. Saya pake ke duanya kak, tapi yg TLD yg blogspot.. keseringan di blogspot sampe kadang lupa pake WP gimana! Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak, tapi kalau saya sih yang biasanya ngisiin itu kakak saya jadi enggak terlalu lama juga ditinggalin

      Delete
  28. Jadi gimana nih koh, caranya memfollow di blogspot? Hehe
    Btw, saya pake blogspot juga nih. Tadinya punya dua , satu blogspot satu wordpress. Tapi akhirnya yg wordpress hilang hihihi

    ReplyDelete
  29. Kalau buat aku, follow-followan di blog masih belum perlu banget sih. Entahlah. Yang penting bisa saling mengunjungi saja lewat jalur lain, salah satunya melalui sosial media pun oke. Makanya untuk follow-followan belum masuk list to do yang harus dilakukan (sekali lagi, ini kalau aku loh ya). Untuk tingkatin DA PA, rajin-rajin aja nulis, benerin struktur blognya, terapkan SEO di konten, dan bw-2an secara wajar untuk saling take and give sesama teman (saling support maksudnya)

    ReplyDelete
  30. Kok malah terbalik ya koh, biasanya banyak yang beranggapan yang mudah menggunakan platform blogspot dibanding wordpress. Namun semua tergantung dengan apa yang pertama di kenal juga sih, kalau aku dulu blog baru migrasi ke wp.

    ReplyDelete
  31. rata-rata blogger mulai ngeblognya pakai blogspot, disamping gratis, kita juga bisa memodifikasi sendiri template yang kita punya. masalah saling follow jangan sampai mengurangi semangat kita untuk ngeblog

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Tantangan 11] Menjadi Wirausaha Di usia Muda? Mengapa Tidak

Ketika Deadline Menjadi Asik dengan Asus VivoBook Ultra A412FL.-i5.

[Tantangan 18] 4 Tips Ketika Ingin Ganti Ponsel