Report Abuse

RECENT POSTS

Tutorial Dan Solusi Tepat Atasi Bootloop di Android Dijamin 100% Work

7 comments


Cara Mengatasi HP Bootloop di Android

Apakah kamu pernah mengalami ketegangan ketika menggunakan smartphone Android? Ketika sedang menggunakan untuk hal penting dan mendesak, tiba-tiba tidak berfungsi. Tampilan pada layar hanya berupa logo yang berputar, tidak dapat masuk ke sistem. Tentu membuat beragam reaksi, seperti bingung, panik, dan jengkel. Ini adalah kondisi bootloop di Android, apa yang menyebabkan terjadi hal tersebut dan bagaimana mengatasinya?

Bootloop di Android adalah kondisi dimana terdapat masalah pada piranti lunak Android sehingga tidak dapat masuk ke dalam sistem. Hal ini ditandai dengan tampilan logo Android pada layar secara berulang. Tidak perlu panik menghadapinya, tidak perlu terburu-buru mambawa smartphone kamu ke service center. Akan muncul biaya selain itu waktu perbaikan membuat kamu harus libur menggunakan smartphone. 

Penyebab Terjadi Bootloop di Android 

Lantas apa solusi yang dapat dilakukan atas permasalahan bootloop di Android? Sebelum sampai pada pembahasan solusi, yang perlu kamu tahu adalah jenis bootloop yang dialami. Bootloop dibedakan berdasarkan jenis kerusakan, yaitu light bootloop dan hard bootloop. Selain itu penyebab dari terjadinya bootloop juga perlu diketahui agar di kemudian hari lebih berhati-hati dalam menggunakan smartphone Anda. 

Pertama adalah light bootloop yaitu bootloop ringan, hanya terjadi kadang-kadang saja, sifatnya sementara. Kedua adalah hard bootloop yaitu bootloop yang masuk pada kerusakan berat, ditandai dengan kegagalan untuk masuk ke sistem. Bersifat permanen dan ketika kamu mencoba berulang kali, kondisi akan sama. Bootloop terjadi karena pengguna melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan sistem Android, seperti :

1. Melakukan pengunduhan mod 

Pengunduhan mod yang tidak sesuai dengan ROM yang digunakan oleh sistem Android kamu menjadi penyebab bootloop. 

2. Kegagalan flashing custom ROM

Kegagalan dalam melakukan pemasangan sistem khusus (custom ROM) atau aplikasi tertentu ke dalam perangkat Anda. 

3. Pengaturan permission dan restore file 

Salah melakukan pengaturan izin akses dan menghapus file, merupakan contoh kesalahan pengguna salah mengelola file sistem dari perangkat setelah berhasil mendapatkan akses root. 

4. Kerusakan komponen dalam perangkat

Rusaknya hardware dalam perangkat cukup sering menjadi penyebab bootloop, seperti kerusakan eMMC. 

Solusi Cara Mengatasi HP Bootloop di Android Terbaru 2020

Solusi tepat dalam mengatasi bootloop di Android berdasarkan pada jenis kerusakan. Pada light bootloop atau bootloop ringan meskipun kadang dianggap tidak mengganggu, tetapi perlu diatasi agar tidak menjadi lebih parah. Tidak diperlukan langkah teknis yang  kompleks dan rumit. Namun jika tidak berhasil diperlukan langkah berikutnya seperti halnya hard bootloop. Berikut merupakan solusi mengatasi bootloop.  

1. Cukup matikan perangkat Android, cabut memori, kartu dan Baterai. Lalu diamkan tiga puluh menit hingga dua puluh empat jam. Kemudian pasang dan aktifkan kembali, cara ini cocok untuk mengatasi masalah bootloop ringan. 

2. Masuk ke dalam pengaturan pabrik atau factory reset. Namun jika Android kamu gagal booting, maka bisa masuk ke recovery mode. Hal ini bisa dilakukan dengan menekan tombol power bersamaan dengan tombol volume, lalu lakukan wipe data atau factory reset. Setiap merk berbeda untuk bisa masuk ke recovery mode. Jika sudah masuk lakukan hal berikut :

  • Gunakan tombol volume untuk gerakkan kursor dan tombol power untuk melakukan eksekusi. Pilih wipe data/factory reset lalu tekan tombol power. 
  • Arahkan kursor Yes/delete all user data. Selanjutnya perangkat akan memproses dan biasanya akan memberikan informasi berupa selesai atau langsung melakukan restart. 

3. kamu juga bisa mencoba memperbaiki dengan melakukan install ulang sistem atau flasing.  

Mudah bukan mengatasi masalah bootloop di Android? kamu bisa mencobanya sendiri sebelum mengeluarkan biaya. Namun jika sulit untuk diatasi, barulah kamu bisa membawanya ke Service Center perangkat Android, karena permasalahan bootloop terjadi bukan karena kesalahan sistem melainkan pada kerusakan perangkat keras. Selamat mencoba ya. 



Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.

Kokoh Hendra Liem
Assalamualaiku. Wr. Wb, Hai para blogger di seluruh Indonesia Salam kenal nama saya Kokoh Hendra Liem (panggil saya Hendra), saat ini saya berdomisili di Kota Minyak, Balikpapan. Nah, hobby saya adalah menulis dan menulis baik itu di blog pribadi atau menciptakan sebuah buku (novel, antalogi, puisi) bahkan non fiksi pun saya buat.

Related Posts

7 comments

  1. O begitu to kasusnya, hapeku yang lama sering begini ini Koh. Ternyata ada banyak cara untuk mengatasinya ya. Emang bikin jengkel sih kalau sampai itu terjadi berulang

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, hape selama ini lancar-lancar saja dan sehat-sehat, meskipun hapenya tidak pernah olahraga.

    Permasalahan HP itu memang kompleks ya. Bisa dari software, hardware, tetapi permasalahan yang cukup miris juga ketika dichat tapi nggak dibales. Atau cuma diread doang. Itu adalah permasalahan yang serius, Bro, hehe...

    ReplyDelete
  3. Wah...istilah-istilahnya aku kurang paham. Baru tahu soal bootloop di android dan efeknya. Emang sih, kalau macet, aku main restart ajah, sembari engga tahu itu salahnya di mana...Makasih artikelnya Koh...

    ReplyDelete
  4. yang pernah saya lakukan ketika bootloop matikan android dan reset ke setelan pabrik. kerugiannya, saya kehilangan data2 atau aplikasi2 di android

    ReplyDelete
  5. Saya belum pernah mengalaminya sih, tapi ini membantu. Jadi cukup matikan dan hidupkan ulang, atau reset. Thanks Koh.

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah selama memiliki dan menggunakan hp android belum pernah mengalami bootloop, dan semoga jangan sampai terjadi deh.

    Seandainya mengalami, kayaknya paling aman emang dibalikin ke mode factory reset ya, malah jadi kayak hp baru kan, belum diinstall dan diisi macam-macam

    ReplyDelete
  7. HPku yang lama nih sering banget bootlop soalnya udah over capacity dan dipaksain multitask haahaha, engap dia. Emang pas bootlop gitu sebel banget sik

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog