Asus ROG Phone 3 ZS661KS : Game Changer

Tak seperti biasanya melihat wajahnya begitu kusut bagaikan kertas kumal. "Kenapa lagi dek, sepertinya ada masalah," ia terduduk lemas di sofa ruang tamu. "Iya nih bang, smartphone adek rusak lagi padahal baru beli," dengan suaranya yang lesu tak bertenaga.

"Itu sih, dipakai main game terus padahal itu kan smartphone bukan khusus untuk gaming tau." Ku beranjak dari ruang tamu bergegas menuju kamar untuk membersihkan diri dan mengganti baju. Setelah semuanya selesai kini saatnya saya untuk bersantai ditaman belakang.

Santai dengan ditemani secangkir teh hangat dengan sepiring pisang cokelat keju dan hp yang terkoneksi ke internet dirumah. Ah, seperti biasa surfing membaca berita terkini dan sesekali-kali membuka sosial media. Sekedar menyapa teman-teman.  

"Bang...," aku pun terkejut dan memalingkan wajah menatapnya yang sedang berdiri disampingku. "Ada apa?" Sambil kembali menatap layar hp yang saya pegang. "Bang ada enggak sih smartphone khusus untuk gamer?" 

Kembali ku menatap dirinya dan menyuruh untuk mengambil laptop dikamarnya. "Buruan ambil laptopmu." Dia bergegas beranjak dari tempat dia berdiri menuju kamarnya untuk mengambil laptop yang saya suruh tadi. Kurang dari 5 menit dia sudah berada disampingku dengan laptop berada ditangannya.

"Nih, bang." Lalu ku ambil laptop tersebut dari tangannya kemudian membuka dan menyalakan laptop tersebut. "Ini passwordnya apa?" Kemudian ku bergeser dan membiarkan dia duduk disampingku dan memulai mengetik passwordnya.

Dan saya pun langsung mengklik Chrome browser dan memasukan kata kunci smartphone gaming di Google Search dan bermunculah berbagai macam segala review tentang berbagai macam produk. Hingga mata saya tertuju pada sebuah artikel yang membahas mengenai smartphone dari Asus.

Saya mengklik link tersebut dan terbukalah sebuah blog yang khusus mereview berbagai macam gadget, "Coba baca ini," sambil menyodorkan laptop kehadapannya. Matanya menatap layar dengan penuh keseriusan membaca satu per satu kata yang tertera.        

"Wahhh, ini mah smartphone para sultan bang." Aku hanya tersenyum kepadanya tanpa berkata sepatah kata apa pun. Kemudian beranjak dari tempat duduk ku karena sudah senja dan banyak nyamuk pulak, "Ayo dek masuk, sudah sore."

Dan pembicaraan pun berlanjut dimeja makan, "Dek, kamu tahu enggak prosesor yang dipakai oleh Asus ROG Phone 3." Dia hanya menggeleng-gelengkan kepalanya, "Kok enggak tau sih, kan tadi sudah baca reviewnya."

Dia menatap langit-langit ruang makan seakan-akan mencari jawaban dari pertanyaanku, " Ahaaa, pasti menggunakan Platform Mobile Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G kannn." Dan kami berpindah ke ruangan keluarga bersantai sambil menikmati potongan buah-buahan, "Yup, benar sekali."

"Oh yah bang, fungsinya prosesor dalam si ROG tersebut untuk apa yah?" Kembali bertanya sambil mengunyah buah. "Bagus kamu bertanya seperti itu." Kembali saya menjelaskan dengan penuh semangat.

"Kalau kamu ngegame suka ngelag enggak?" Ku tanya balik kepadanya. "Sering bang, terkadang merestart sendiri." Ucapnya. "Nah, itu akibat dari prosesornya tidak kuat untuk menjalankan game yang berat." Ujarku.

"Jadi si Snapdragon yang berada didalam ROG tersebut dapat meningkatkan kinerja smartphone tersebut." Ucapnya dengan penuh selidik, "Iya benar sekali itulah fungsi dari si prosesor yang tertanam dalam Asus ROG Phone 3." 

"Terus...," dengan nada sedikit penasaran. "Prosesor tersebut memberikan kelebihan yang menurut abang tidak terdapat di hp gaming lainnya." Manggut-manggut Seakan mengerti. "Ok, abang lanjutin yah." Kembali menyimak sesakma.

"Dengan menggunakan SoC (System on Chip) yang paling powerful dikelasnya, selain itu mengenai kecepatan dan ketepatan proses pengolahan data, sehingga merasakan betapa nyata saat bermain game." Seru enggak tuh.

"Ternyata abang juga baru tau bahwa prosesornya termasuk kedalam Snapdragon Elite Gaming 865 yang merupakan kumpulan piranti keras dan lunak yang dioptimalkan untuk bermain game sehingga smartphone yang satu ini menjadi incaran para gamers." Sambil tersenyum.

"Oh iya, soal fitur tampilan yang paling canggih True HDR10 dan PBR (Physical Based Rendering) mengasihlkan kedalaman warna hingga 10 bit perkanal, sehingga bisa untuk bermain permainan yang sering dimainkan di desktopmu." Kekagumannya makin membuncah.

"Dengan adanya HDR10 memungkinkan untuk menghasilkan 1 miliyar warna sehingga menciptakan jangkauan kecerahan yang lebih luas lagi bikin mata betah menatap layar lama-lama." Gitu loh keren banget kan.

"Selain itu ada pula fitur pendukung yang dapat menghilangkan layar statis dan sutter dengan Game Jank Reducer V1.0 yang akan memotong jank hingga 90%."  

"Apa lagi yah, eh iya ternyata Snapdragon Elit Gaming 865 menghadirkan Game Q-Snyc merupakan teknologi yang menyesuaikan refresh rate layar dengan frame rate dari game yang dimainkan." Serius nih keren banget.

"Fungsi dari Game Q-Snyc adalah agar gambar yang ditampilkan di layar menjadi lebih mulus dan halus serta nyata." Benar-benar memanjakan mata banget dan tidak membuat cape atau bahkan merusak mata.

"Satu lagi yang menarik adalah bahwa Snapdragon Elit Gaming 865 memiliki kemampuan mempebarui driver GPU hanya melalui pengunduhan driver terkini dari Google Play Store." Praktis banget tak usah repot-repot untuk mendownload melalui komputer.

"Bagaimana dengan fitur-fitur yang tersedia bang." Ujarnya, "Banyak banget fitur-fitur baru yang tersedia dari smartphone yang satu ini." Sepertinya dia mulai kepo akan produk yang satu ini dan akan ada banyak pertanyaan yang terlontar dari mulutnya.

"11:12 dengan terdahulunya, ternyata tidak terlalu banyak perubahan yang signifikan dalam segi model dan bentuk bahkan untuk aksesoris dapat saling melengkapi." Jadi yah tak perlu khawatir deh karena masih bisa dipakai.


BERBICARA MENGENAI BATERAINYA

"Berbicara mengenai baterai smartphone yang satu ini benar-benar juara banget dek. Dapat dibayangkan sebesar 6000mAH wow besar banget kan." Wuihhh ini mah bisa berhari-hari main game online terus nih tanpa perlu khawatir ngedrop baterainya.



BAGAIMANA DENGAN AUDIONYA

"Kalau audionya bagaimana bang?" Dengan wajahnya yang masih kebingungan, "Baik soal audio terdapat dua speaker yang menghadap kedepan sehingga suaranya tidak terganggu saat menggengam jadi terdengar lantang." 

LAYARNYA YANG STUNNING

"Layarnya itu loh sudah mengusung Refresh Rate 144Hz dengan menggunakan layar berjenis AMOLED 10-bit HDR Display dengan layar yang memiliki ukuran 6,59 inci dengan aspek 19,5:9 dengan resolusi 2340 x 1080 piksel."

"Ternyata dengan adanya refresh rate 144Hz dan dipadukan dengan AMOLED yang memiliki waktu untuk respond yah bisa dibilang cepat sekitar 1ms. Sementara dalam perpindahan antara 144Hz, 120Hz, 90Hz, 60Hz dapat dilakukan hanya dengan satu sentuhan saja."


TOUCH SAMPLING RATE DENGAN SEKALI SENTUH

"Fitur touch sampling rate 270Hz yang satu ini sih dapat dibilang terdepan dan dikombinasikan dengan teknologi touch latency 25ms dan 18ms untuk slide latency, sehingga latensi sentuhnya sangat rendah sedangkan Respon yang tinggi."

BUILT FOR GAMERS

"Dengan Air Triger 3 memberikan kemudahan untuk bermain game seperti menggunakan konsol jadi yah tidak begitu asing sehingga tidak terlalu lama untuk beradaptasi lagi." Seperti itu seharusnya smartphone gaming. 


KOK ADA KAMERA

"Terasa aneh memang kok smartphone ada kameranya, Walaupun sebagai smartphone gamers tetapi tetap harus ada kameranya bisa untuk berfoto ria dengan hasil yang menurut abang sih lumayan bagus dengan pewarnaan yah cukup lah."

"Sedangkan kamera depan bisa untuk berslfi atau bahkan untuk membuat konten-konten yang kreatif dengan resolusi yang cukup juga sih." Kurang apa lagi coba pokoknya keren abis deh smartphone yang satu ini."  

MARI KITA KE AKSESORISNYA ROG

GAMECOOL 3

"Enggak perlu khawatir kalau smartphone ROG mengalami kepanasan tenang ada yang bisa mendinginkannya kok cukup dengan GameCool 3." Dingin deh. "Selain itu fungsinya bisa juga untuk alat standing." Praktisk kan.


ROG KUNAI 3 GAMPAD 

"Kalian ingin tetap meresakan bermain game ala-ala konsoul, tak usah ragu kan ada ROG Kunai 3 Gamepad asli memang mengasyikan banget loh dengan grip yang super duper kuat banget loh." wuihhh ajibbb banget.    


TWINVIEW DOCK 3

"Layar ganda? Ternyata memang keren abis kita bisa bermain game dengan menggunakan layar ganda, yang diatas menampilkan permainan sedangkan yang dibawah menampilkan sebuah peta." Tak habis pikir memang GAME CHANGER.

"Loh...loh, dek kok malah tidur sihhhh." Mana mulut abang bersa menerangkan eh dia malah enak-enakan tidur yah nasibbbb.


 




  

  

      















Comments

  1. Si dedeknya siram aja, lagi jelasin malah molor

    ReplyDelete
  2. Semoga menang ya kokoh idola..iih keren banget ini smartphonenya spek nya bener2 mumpuni buat nge-game... kalo aku punya smartphone ini paling buat ngedrakor bae.. secara aku ga suka ngegame.. hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment