Optimalisasi Blog : Bukan Hanya Tentang Menulis Tetapi Bagaimana Caranya Mendapatkan Hasil dari Sebuah Blog

Berawal dari 11 tahun yang lalu saya mulai jatuh hati dengan blog. Sekedar menulis entah berantah yang isinya tak layak untuk dibaca oleh khalayak ramai. Oleh karena itu sepi pengujung. Awalnya saya tidak memperdulikannya semua itu seperti merasa masa bodoh atau bahkan bisa dibilang cuek banget.

Bagaikan terbangun dari tidur lelap, salah ini salah. Bagaikan manusia blog pun membutuhkan nyawa agar hidup. Itu semua berawal dari sebuah tulisan atau yang bahasa kerennya adalah sebuah konten. Bagaimana caranya sebuah tulisan dapat mengundang para pembaca agar betah berlama-lama di blog kita.     

Blog bukan hanya sekedar tempat menulis, tetapi tempat untuk kita belajar bagaimana caranya mengoptimal blog tersebut hingga dapat menghasilkan. Butuh perjuangan yang maksimal untuk sampai ketahap tersebut, dimana tidak sebentar kesemuanya membutuhkan proses yang sangat panjang.

Apa Tujuanmu?

Sebenarnya apa sih tujuanmu menulis di blog? Hanya sekedar menulis tok, atau ada tujuan lain yang tersembunyi. Semenjak mengetahui kesalahan yang dilakukan, akhirnya saya pun tau apa tujuan dari menulis blog tersebut. Tujuan yang sebenarnya adalah memberikan informasi dari tulisanku kepada para pembaca agar trafficnya tetap ramai.

Tak hanya itu saja sih sebenarnya ada lagi tujuan selain menarik para pembaca. Meningkatkan DA dan PA dan masih banyak lagi yang ingin dicapai. Tapi, seperti yang tertulis diatas itu semua butuh perjuangan yang maksimal dan bahkan proses panjang.

Tentukan Apa Tujuanmu Sebenarnya

Sebelum memulai menulis, bagi pemula ada baiknya tentukan dari sekarang apa tujuannya untuk ngeblog. Jangan sampai hanya iseng-iseng sekedar menuangkan isi hati saja. Sangat disayangkan apa bila hal itu terjadi.

Tidak Ada Kata Instan Untuk Membangun Blogmu      

Tidak ada kata instan dalam kamus untuk membangun blogmu. Semuanya butuh perjuangan dan proses. Karena itu rajin-rajinlah untuk mempelajari yang dapat meningkatkan optimalisasi blog. Jangan ragu untuk mengikuti kelas-kelas baik gratisan ataupun berbayar.

Banyak jalan menuju Roma, termasuk banyak jalan untuk mengoptimalisasikan blogmu. Ikutilah kelas-kelas yang membangun salah satunya kelas webinar yang diadakan oleh Ibu-Ibu Doyan Nulis (red : IIDN). 

Bersama Ibu-Ibu Doyan Nulis Dan IM3 Ooredoo Mengulik Seluk Beluk Dunia Blogger

Dapat dibayangkan pasti repotnya mengadakan 25 webinar yang keseluruhannya sukses terlaksana dalam sebulan. Bayangkan dalam sebulan gimana mengatur waktunya yah, yang saya tau pastinya sangat sulit untuk mengatur waktu. Selain itu harus mengurus anak-anak dan harus mengurus webinar pula

Pokoknya salut deh untuk Ibu-Ibu Doyan Nulis dengan semangat yang naik turun mereka semuanya tetap melaksanakan apa yang telah menjadi tugas dan kewajibannya disela mengurus anak-anak mereka. 

Tidak lupa pula IM3 Ooredoo Indosat yang selalu memberikan dukungan kepada para blogger agar selalu berkarya. Wahhh..., memang mantap Indosat. 

Kepo-In, Yuk! 25 Webinar yang Diadakan IIDN bersama IM3 Ooredoo. 

Selama pandemi ini masih bercokol dimuka bumi, praktis segala kegiatan yang seharusnya tatap muka kini terhenti sama sekali. Bahkan beralih ke daring. Wah sekarang tuh memang jamannya sudah berubah, orang-orang biasanya bilang New normal.

Event ini mengangkat tema yang sangat membantu untuk meningkatkan skill kamu-kamu semuanya. Tau enggak apa temanya, IIDN mengangkat tema yang benar-benar mengena hati yaitu : "Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog."

Kurang keren apa lagi coba. Semangat mengejar ilmu yang sangat bermanfaat bagi para pemula yang haus akan ilmu bergizi ini. Mumpung gratisan, dan hanya kena biaya kuota saja. Tapi bagi para pengguna Indosat semuanya akan diganti atau bisa dibilang mendapatkan bonus kuota yang telah terpakai untuk ngeZOOM.

Awal mengetahui kelas ini tanpa sengaja membaca iklan di FBnya teman yang kebetulan merupakan blogger dan temanya itu membuat saya penasaran. Apa sih ini, kelas apaan sedangkan tema yang diangkat membuat jari ini ingin mengklik link pendaftaran.

Sudah enggak tahan, gatal jari ini untuk mengklik dan yahhh, akhirnya daftar juga di kelas webinar SEO bersama bang Priangga Okt. Ini benar-benar kerennn sudah lama juga mencari kelas SEO yang tanpa harus berbayar.

Namun, ternyata masih banyak lagi kelas-kelas webinar yang bisa diikuti tetapi dari IIDN dibatasi hanya bisa ikut 4 sesi kelas. Oleh karena itu saya sebagai murid harus bisa memilah-milah mana kelas yang benar-benar berguna. 

Tapi tahu enggak sih? Kesemua kelas isi materinya daging semuanya. Sangat Bermanfaat dan penuh ilmu yang berguna bagi blogger pemula seperti saya ini. Penting tuh, jangan sampai segalanya terlupakan karena ini sangat penting.


Ketika Jatuh Cinta Kepada Canva 

Kebetulan nih saya mulai suka dengan yang namanya Canva atau bisa dibilang jatuh cinta lah. IIDN mengadakan kelas CANVA for BLOGGER bersama dengan Kakak Mutiara Hidayati. Selama ini adalah hal yang sangat sulit mendesain grafis menggunakan aplikasi yang sudah ada.

Wah, Sudah lama kenal dengan aplikasi satu ini. Dulu tuh menggunakannya hanya sebatas mengutak ngatik foto, menambahkan unsur-unsur tulisan kedalam foto atau bahkan menyisipkan pernak-pernik lucu kedalam foto.

Ternyata tidak hanya untuk itu saja, Canva adalah platfrom desain grafis dengan konsep yang sangat mudah tinggal seret dan tempel saja. Sehingga memungkina pengguna yang tidak memiliki keahlian desain grafis dapat menggunakannya.

Sangat penting sekali Canva bagi para blogger, terdapat 4 komponen blog yang dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi ini diataranya adalah :

Header

Nah, dengan Canva kamu tuh bisa menghiasi header blogmu. Sesuai dengan keinginanmu sehingga blogmu tersebut dapat mencerminkan jati dirimu sendiri. Tanpa perlu bersusah payah menggunakan aplikasi yang begitu berat sekali.

Header memuat empat unsur penting yaitu terdiri dari : judul, deskripsi, logo, dan banner. Dari ke empat unsur tersebut adalah hal yang terpenting untuk menghiasi ieader agar tidak jelek hasilnya. Sehingga membuat menjadi jelek.

Sebelum mendesain header ada baiknya mengetahui isi blog tentang apa sehingga ada kesingkronisasian terhadapa isi dan header,tahu ukuran header agar tidak salah ukuran, pemilihan warna yang sesuai brand adalah hal yang terpenting bagi blog kita.

Pemilihan jemis font adalah hal yang terpenting agar terlihat manis, dan terkahir adalah penempatan foto atau ilustrasi agar tidak berantakan dan bikin ciamik. Serta memberikan kesan estetika yang bagus  untuk blog yang akan dikelola.

Headline

Kalau dari headline hanya memiliki tiga unsur yang terpenting diantaranya adalah : title atau judul, meta diskription, dan url tentunya. Wah, kalau tidak ada ketiga unsur tersebut nih blog akan menjadi apa nantinya.

Oh...,iya sebelum membuat headline ada baiknya kalian : menguasai copywriting (ini yang paling sulit menurut saya), menarik menggunakan angka, dan selalu mengisi meta diskripsi dengan singkat dan jelas.

Media Kit

Sepertinya saya baru mendengarnya baru kali ini. Media kit memiliki lima unsur yang sangat penting yaitu : Nah, kalau ini bisa dibilang bio tentang blog dan blogger sesingkat mungkin, partfolio dan testimonial dari sang penulis, data statistik, pilihan kerjsama, dan Kontak serta akun sosmed blogger.

Seperti biasanya adalah disaat sebelum membuat mendia kit harus menguasai bahasa tulisan dengan baik dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, siapkan data yang lengkap dan valid, dan siapkan foto pribadi jika diperlukan.

Body Text

Tiga unsur yang terdapat dari body text ini antaralain : foto, desain ilustrasi, dan text tentunya. Hal ini merupakan satu kesatuan dari blog itu sendiri. Kalau enggak ada salah satu dari komponen tersebut tidak menjadi blog yang sempurna.

Biasanya sebelum kalian membuat desain untuk body text ada baiknya untuk mengetahuiukuran body text, jangan lupa untuk menyiapkan canvas dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran lebar dan tinggi body text, dan mebuat desain yang sesuai dengan isi konten.

Cukup dulu deh mengenai penjelasannya. Bagi yang mengikuti webinarnya pasti sudah tau kan apa saja tips-tips yang diberikan oleh kakak Mutiara Hidayati bukan. Kalau ditulis disini pasti kepanjangan nanti enggak selesai-selesai tulisannya.

Canva dan Koneksi Internet

Ini merupakan hal yang penting sekali karena canva akan berjalan apa bila koneksi internet sangat lancar jaya. Apa lagi kalu koneksinya stabil tanpa mengalami gangguan apapun. Sehingga kita bisa berkreasi dengan penuh imajinasi.

Itu semua dapa terakomodir oleh IM3 Indosat dengan produk terbarunya yaitu IMpreneur yang merupakan produk penyedia kuota yang paling besar. Dapat dibayangkan bahwa memberikan kemudahan dengan jaringan internet mencapai 320Gb yang dibagi ke beberapa pemakai.



Apa Saja Yang Ditawarkan IMpreneur

Ada tiga jenis produk yang ditawarkan apakah saja itu?

(1) Paket Fit adalah paket IMpreneur yang dapat dibagikan maksimal untuk lima orang anggota dengan jumlah kuota 65Gb. Biaya yang dikeluarkan adalah Rp. 300.000/bulan.

(2) Paket Pro adalah paket IMpreneur yang dapat dibagikan maksimal untuk sepuluh orang anggota dengan jumlah kuota 130Gb. Biaya yang dikeluarkan adalah Rp. 500.000/bulan.

(3) Paket Max adalah paket IMpreneur yang dapat dibagikan maksimal untuk duapuluh orang anggota dengan jumlah kuota 320Gb. Biaya yang dikeluarkan adalah Rp. 1.000.000/bulan

Selain itu ada lagi keuntungan yang didapat kita dapat menelephone ke sesama operator sepuasnya dan selain itu kuota 24 jam tanpa batas. Wah..., asyik nih bisa dicoba untuk keluarga yang membutuhkan kuota internet yang besar.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog IM3 Ooredoo X IIDN "Mengoptimalkan Peluang Dunia Blogging".





    

Comments

Popular posts from this blog

[Tantangan 11] Menjadi Wirausaha Di usia Muda? Mengapa Tidak

[Tantangan 18] 4 Tips Ketika Ingin Ganti Ponsel

[Tantangan 2] Susahnya Saling Menfollow di Blogspot