Report Abuse

RECENT POSTS

[Tantangan 21] Mengelola 2 Blog, Sama Seperti Sulitnya Mengasuh 6 Anak Kembar (yang) Hyperaktif.


Memiliki 2 blog, benar-benar menguras waktu dan tenaga. Bagaimana tidak blog pertama harus update dengan konten-konten yang biasa-biasa saja sedangkan blog kedua harus benar-benar diisi dengan konten-konten wow banget dari segi penulisannya, karena blog yang satu ini akan berisi review produk-produk.

Repotnya setengah mati pokoknya, bagaikan mengurus anak kembar 6 yang hyperaktif banget pokoknya. Inilah resiko yang menyenangkan bagi blogger seperti saya. Walau hanya sebagai pemula yang belum pernah memenangkan blog kontes apapun, tapi tetap semangat untuk belajar dan belajar untuk menghasilkan konten-konten yang keren-keren dan bermanfaat bagi para viewers blog saya.

Oh, yah ini bukan curhat loh yah, tapi pengalaman yang nyata bagi saya. Mungkin juga terjadi dengan kalian semua yang memiliki 2 atau bahkan lebih blog yang dikelola dengan serius. Pusingnya menentukan konten-konten yang bermutu untuk blog satunya agar naik retingnya berdampak pula dengan blog yang satunya.

Dalam hal ini sebagai orangtua yang memiliki 2 anak yang kelakuannya hyperaktif membutuhkan extra tenaga dan pikiran sehingga tidak ada waktu untuk beristirahat dalam membangun sebuah blog.

Semoga saja dengan perjuangan panjang ini akan menghasilkan sebuah harapan yang sesuai dengan saya inginkan. Sayangilah kedua anak tersebut sehingga kelak dia dewasa dan kuat akan memberikan manfaat bagai yang lain dan memberikan penghasilan bagimu (ini bukan mengeksploitasi anak yah).

Kokoh Hendra Liem
Assalamualaiku. Wr. Wb, Hai para blogger di seluruh Indonesia Salam kenal nama saya Kokoh Hendra Liem (panggil saya Hendra), saat ini saya berdomisili di Kota Minyak, Balikpapan. Nah, hobby saya adalah menulis dan menulis baik itu di blog pribadi atau menciptakan sebuah buku (novel, antalogi, puisi) bahkan non fiksi pun saya buat.

Related Posts

There is no other posts in this category.

33 comments

  1. semangat koh...
    semangat mengelola 2 blog yang repotnya kaya ngurus anak kembar 6 yang hiperaktif.
    duh ngga kebayang gimana hecticnya itu.

    ReplyDelete
  2. Blog satu lagi apa Koh? Semoga ada ide² artikel terus Koh...

    ReplyDelete
  3. Senyum senyum sendiri sama kalimat penutupnya. (((ini bukan eksploitasi anak yaa))) hehehe sukses terus Koh

    ReplyDelete
  4. Mengasuh, eh maaf maksudnya mengurus 2 blog mirip dengan mengatur blog gado-gado enggak sih Koh? Atau memang lebih parah? Ini saya punya blog gado-gado saja sudah seperti ibu yang pilih kasih sama anaknya. Yang satu dikasih jajan terus.... yang lain malah enggak sama sekali. Pengen lepas yang sekiranya kurang diperhatikan, tapi kok ada rasa enggak tega juga (lo, saya jadi curhat sendiri)

    ReplyDelete
  5. Kenapa kembar 6 koh analoginya? hehe
    Saya juga punya satu Blog masih bingung nulis apa lagi apa lagi dua, panutan emang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Analoginya itu apa adanya. Kenyataan tersebut memang terjadi.

      Delete
  6. Koh, anaknya kembar kah? Hehehe. Saya gak kebayang itu 6 anak kembar. Saya punya dua aja minta ampun repotnya. Make sense sih koh, makanya sampai sekarang saya cuma punya satu blog. Dulu pernah coba punya dua, tapi super keteteran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya sebuah analogi yang menggambarkan betapa sulitnya punya dua blog itu

      Delete
  7. Semangat, Koh! Selalu kagum dengan blogger yang bisa mengelola 2 bahkan lebih blog sekaligus. Gimana itu bagi perhatiannya ya #eh ngisi kontennya. Yang bisa beneran jago manajemen waktunya. Salut akutuuuu

    ReplyDelete
  8. Aku blog satu aja keteteran. Banyak gak kritisnya nih. Ngisinya aja bolong2 apalagi ngerawatnya biar cakep kayak punya teman2. Hahahha masih blog gratisan lagi.

    Btw semagat Bang.

    ReplyDelete
  9. Curhat juga gpp koh hehe,
    Tergoda bikin blog satu lagi kaya koh, yg serius gitu yg khususon buat lomba, ada tapinya... Bener kata koh, rudet ya ngurus anak kembar 2... Hadeuuh ... harus bikin jadwal dan maintan 2 blog... Eta kumaha ngaturna koh? Bagi tipsnya dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku mau donk dikasi anak kembar hehehe .. literally ya

      Delete
    2. ponakan aku aja teh, kembar lho cowok.....guemeessss! hihihihi

      Delete
    3. Setiap bikin artikel saya akan buat dua yang berbeda walau sama-sama review produk mbak.

      Delete
  10. Keren... ngurus 2 blog... pastinya bukan pekerjaan mudah...tetap semangat koh ..salut

    ReplyDelete
  11. Aduh ko. punya anak kembar dua aja repotnya kayak gimana ya. apalagi kembar 6. kalau blognya 3 kayak punya anaksaya kembar berapa nih? wkwkwk... semangat ko. saya masih setia dengan satu blog saja. blm sanggup kalau dua.

    ReplyDelete
  12. wah hebat koh ngurus 2 blog..sy satu blog aja udah engap...keren bagi dunk kiat nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aja sudah sesak nafas mbak. Bikin pusing tapi enjoy aja

      Delete
  13. Semangat, Koh. Aku juga ngerasain hal yang sama. Ditambah aku beneran punya bayi 21 bulan yang aktifnya luar biasa. Jadi nikmatin aja prosesnya. Karena begitu fee dari blog cair, semua lelah itu langsung raib kok nanti. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mbak mei sudah cair dan hasilnya adalah barang-barang yang diinginkan kita sudah lama.

      Delete
  14. Kokoh ini. Kayaknya udah pernah ngerasain punya anak aja.wkwkwkw kenapa harus dimisalkan kek punya anak sih.wkwkwk

    ReplyDelete
  15. Bener banget memang mengelola blog lebih dari satu itu melelahkan. Banyak sekali tantangan dan hambatannya.

    Tapi terus terang kalau saya sih senang-senang saja karena dengan begitu otak terus terasah dan kreativitas juga terus ditantang untuk berkembang lebih dan lebih lagi.

    Memang capeknya dan pusingnya sih jangan ditanya...

    Tetap semangat mas

    ReplyDelete
  16. Dari awal saya punya cita² ingin punya blog pribadi, namun seperti detik dot kom atau yg sejenisnya. Pasti keren dong setiap niche punya domain sendiri². Dan akhirnya saya lakukan juga, meski berhosting gratis. Dan bener apa kata sampean Koh, makin kesini makin berattt... Namun ttp semangat dan dijalani.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog