Ini Dia 5 Situs yang Menyediakan Soundtrack Gratis Untuk Videomu

Kamu video maker pemula? Tapi, masih bingung mencari soundtrack gratisan tanpa harus membayar royalti yang cocok dengan videomu? Dizaman sekarang ini apa sih yang enggak bisa, banyak situs yang menyediakan soundtrack gratis namun, terkadang hanya berlangganan gratis beberapa bulan saja setelah itu berbayar. 

Musik merupakan elemen paling terpenting dalam sebuah video. Musik dapat membangun mood video itu sendiri. Oleh karena itu sangat penting sekali untuk memilih latar musik yang bagus. Jadi enggak usah khawatir, apalagi sekarang banyak situs musik soundtrack gratis biaya royalti. 

Tenang, jadi kamu tuh, enggak perlu membayar ijin penggunaan musiknya, membayar setiap video kamu ditonton orang lain, atau setiap kali mendapatkan keuntungan dari pemakaian soundtrack tersebut. Ini dia 5 situs musik untuk soundtrack video kamu.

Music Vine (musicvine.com)

Tau enggak, ternyata di Music Vine memiliki 160 musisi independen yang sudah menghasilkan lebih dari 2.500 background yang bisa kamu pakai. Ada berbagai macam gendre mulai dari mood, beat, pilihan jenis vocal, sampai panjang durasi yang bisa diatur untuk kebutuhan yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

Nah, disitus ini pula ada semacam playlist yang dibuat berdasarkan tema, genre, dan situasi tertentu. Disini kamu bisa eksplore berbagai macam musik untuk menghiasi videomu.

Filmstro (filmstro.com 

Kalau situs musik yang satu ini memiliki menu pencarian lagu dengan kategori yang lebih spesifik, mulai dari momentum dan ketukannya, depth, dari instrumen-instrumen yang digunakan, hingga seberapa kuat energi dari background lagu yang dibutuhkan.   

Tidak hanya itu saja terdapat 65 kategori umum yang juga bisa di eksplore. Basis kategori mulai dari mood, genre film tertentu, genre musik, serta kategori berdasarkan kelompok instrumen. Oleh karena itu tidak perlu khawatir, banyak pilihan lagu buat kamu disini.

Artlist (artlist.io)

Kamu berjiwa indie, Artlist bisa menjadi pilihan karena situs satu ini memang berkolaborasi langsung dengan beberapa musisi indie. tidak hanya itu saja sih, beberapa musik yang kamu temukan disini akan terdengar tidak asing di telinga karena telah banyak dipakai oleh brand-brand besar seperti National Geographic, Toyota, sampai Microsoft.

Ada berbagai macam jenis lagu dengan berbagai macam tema di situs ini. Tidak hanya itu Artlist membuat beberapa palylist musik dari koleksi beberapa musisi terlaris mereka di situs tersebut.     


Epidemic Sound (epidemicsound.com)  

situs ini nggak hanya menampilkan track musik mereka di website-nya saja, tetapi juga di laman resmi soscial media mereka. Mulai dari video-video garapan mereka di Facebook sampai di youtube juga ada di sana. 

Epidemic Sound telah memiliki lebih dari 725 album musik yang bebas royalti. Mengenai kategori lagunya pun beragam. Kamu bisa temukan kategori musik yang bertemakan Corporate sampai kategori musik latar  bertema Special Occasion seperti kategori  First Snow.

Soundstripe (www.soundstripe.com  

seperti situs-situs musik lainnya Soundstripe berkolaborasi dengan lebih dari 80 musisi dan serta menyajikan musik dengan genre, tempo, instrumen, kunci, jenis vokal, hingga ketukan yang beragam. Dan ada lebih dari 50 playlist yang bisa juga kamu andalkan untuk mencari inspirasi soundtrack lagu. Tidak hanya itu saja ternyata Soundstripe juga menyediakan 29 kategori efek suara yang mungkin diperlukan selama video editing.     

Pengalaman yang ditawarkan Soundstripe sedikit terasa seperti Spotify. Kamu bisa buat akun sendiri, mengikuti musisi favorit kamu, memainkan dan membuat playlist sendiri disana. Kurang apa lagi coba semuanya ada disini.

Coba deh, mumpung semuanya gratis dan yang terpenting adalah bagaimana sebuah soundtrack dapat membangkitkan mood para penonton. Sehingga meningkatkan viewer social media baik itu di youtube tentunya.           

Comments

  1. makasih banget infonya Koh.
    Belum pernah bikin video sih, tapi sempet kepikiran video liburan keluarga besar dibikin agak bagus, biar bisa dishare ke yang lain.
    Baca artikel ini dapat makna kalau yang bagus dan cocok dengan konsep video kita itu belum berarti berbayar. Buktinya brand besar aja pakai dari artlist.
    Abis ini langsung menyambangi situs mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak semoga informasinya bermanfaat yah...

      Delete
  2. Makasih infonya...kebetulan banget lagi nyari music untuk video...saya coba deh pilih yang sesuai...

    ReplyDelete
  3. Perlu niiih. Ku bookmark yah. Soalnya kami kemarin ini bikin video Youtube buat reunian zaman kuliah. Eh...ke band oleh Youtube karena musiknya ada hak cipta. Akhirnya pakai apa gitu, temenku yg bikin, tapi bayar hak cipta dulu...

    ReplyDelete
  4. Ternyata ada lama khusus untu mencari musik gratisan ya... Kadang kalau mau bikin video rada ribet pilih backsound-nya karena khawatir kena copyright atau berbayar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak terkadang kita harus berhati-hati agar tidak terjerat hukum nantinya.

      Delete
  5. waah perlu banget nih, aku sebenarnya udah lama banget pengen nyobain jadi yutuber, tapi gajadi-jadi karena banyak excusenya, haha. Salah satu alesan adalah aku gatau nyari soundtrack gratis yang bagus dimana. Akhirnya aku tau jawabannya wkwkw

    ReplyDelete
  6. Suatu saat pasti butuh ini deh. Saved dulu ya kak. Informasi yang ngga boleh dilewatkan youtuber nih ahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan Jihan yup, benar sekali yuotuber sangat memerlukan ini

      Delete
  7. Wah baru tau infonya nih. Selama ini saya unduh di youtube studio tapi pilihan musik dan efeknya memang ga banyak. Makasih infonya Koh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kakak Endah semoga bermanfaat artikelnya yah...

      Delete
  8. Sepertinya untuk video maker profesional harus pakai soundtrack yang bebas royalti yah. Td saya baca ada yg gratis dan bebas royalti, bookmark dulu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, harus itu jangan sampai kita kena masalah gara-gara soundtrack kita dipenjara

      Delete
  9. koh tengkyu ya udah bikin artikel ini karena emg seringnya galau dan berujung gajadi upload gitu deh hehe karena gatau soundtrack nya itu dapetin dimana yg worth it dan ga kena copyright

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kakak grandy. Semoga bermanfaat artikelnya.

      Delete
  10. Wah baru tau ada yg gratisan. sedap nih buat menunjang youtube aku. thanks mas. mau dicoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya sedap banget deh artikelnya ini. Semoga bermanfaat

      Delete
  11. Walaupun saya ga paham banget membuat video tapi dengan adanya posting ini bisa menambah referensi saya sebagai informasi untuk buat video

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangatttt semoga dengan artikel ini jadi tau deh bagaimana caranya bikin video.

      Delete
  12. Iya nih, bener banget. bingung nyari soundtrack gratis utk video yutub.
    Makasih infonya....
    bookmark ah...

    ReplyDelete
  13. Wah menarik sekali Koh gratis, pengen buat untuk soundtrack vidio puisi sih,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo sudah mbak ditunggu video muskilalisasinya yah.

      Delete
  14. Thank-you koko Liem .. ngutak atik musik, bikin playlist jadi makin semangat karena mudah caranya.

    ReplyDelete
  15. Sama-sama Kak, semoga bermanfaat yah...

    ReplyDelete
  16. situs yang bagus koh jadi sekarang saya bisa buat soundtrack gratis dalam video saya makasih yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Terima kasih kakak atas kunjungannya ke blog saya. Semoga bermanfaat yah...

      Delete
  17. Hai Koh Hendra, salam kenal ya.

    Pas banget nih lagi nyari artikel ini eh nemu di blognya Koh Hendra. Kebetulan saya juga youtuber nih Koh, kesulitan banget buat nyari soundtrack buat video-video saya. Seringnya pasti kena CR huhu. Ternyata di artikel ini lengkap, makasih banget ya koh Hendra.

    ReplyDelete
  18. Ini dijamin lolos standqr youtube ya?
    Kalau iya besok aku mau cari musik musiknya ah
    Buay background baca puisi

    ReplyDelete
  19. wah keren banget ini infonya. kadang kalau mau buat video butuh ni bang, thank youu

    ReplyDelete

Post a Comment