Membangun Bangsa Bermartabat dengan 4 Pilar Kebangsaan

NKRI. Sumber : Dokumen Pribadi.

Hai...,guys kalian tau enggak sih 4 pilar MPR RI itu apa saja? Dan bagaimana implementasinya dalam bernegara? Apakah sudah dilaksanakan dengan baik dan benar? Yuk, mulai satu per satu pertanyaan diatas akan terjawab melalui tulisan berikut ini.

Kita mulai dari mana yah? Ok, mulai dari sini saja deh, dari pertanyaan pertama yang sangat penting sekali. Mengapa penting, karena ini merupakan sebagai tiang-tiang penyangga yang menguatkan pondasi bangunan dalam bernegara.

Nah, terbuat dari bahan-bahan apa saja sehingga tiang tersebut berdiri kokoh menguatkan pondasi sebuah negara. Jadi penasaran apa saja sih bahan bahan tersebut sehingga dapat menyangga dengan kokoh sebuah negara. 

Bahan pertama adalah PANCASILA.
Bahan yang pertama adalah pancasila. Tau enggak Indonesia itu terdiri dari berbagai macam suku bangsa dan agama. Oleh karena itu mereka membutuhkan sebuah sistem yaitu Belief System (sistem kepercayaan).

Dengan adanya sistem tersebut dapat mengakomodir keanekaragamaan tersebut. Sehingga pancasila dianggap sebagai pilar bagi negeri yang pluralistik ini.

Yang kedua adalah UNDANG-UNDANG DASAR 1945.
Bahan yang kedua adalah undang-undang dasar 1945. Bahwasnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menjung tinggi nilai-nilai dalam UUD 1945. Sebagai masyarakat sangat perlu memahami makna yang terdapat pada pembukaan undang-undang dasar tersebut.

Apabila sebagai warga masyarakat yang tidak memahami prinsip dalam UUD 1945 maka tidak mungkin untuk melakukan evaluasi terhadap pasal-pasal yang ada didalam batang tubuh UUD yang menjadi derivatnya.

Ketiga adalah NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (NKRI).
Guys, ternyata ada berbagai macam negara didunia ini. Para pendiri bangsa Indonesia telah memilih bentuk negara kesatuan.

Mengapa negara kesatuan, semua itu melalui berbagai macam pertimbangan, alasan utama adalah karena sejarah strategi yang dilakukan oleh penjajah (belanda) untuk memecah belah persatuan bangsa.

Yang terakhir alias keempat BHINNEKA TUNGGAL IKA.
Semboyan dari negeri yang indah ini adalah "BHINNEKA TUNGGAL IKA," pertama kali semboyan itu diungkapkan oleh Mpu Tantular. 

Memiliki makna yang sangat mendalam sehingga menjadi semboyan dari NKRI. Karena Indonesia merupakan negara dari berbagai pulau. Dengan adanya semboyan tersebut mengikat menjadi satu kesatuan. 

Bagaimana dengan peranan para Blogger terutama Blogger dari Balikpapan?  Peranannya sangat penting sekali dalam mengembangkan dan menyebar konten-konten positif yang sesuai dengan 4 pilar kebangsaan tersebut.

Ok-ok berarti Blogger bisa di bilang sebagai Duta MPR RI yah? Yah, menurut saya bisa dibilang begitu. Kita sebagai blogger mengemban tugas yang sangat untuk menyebarkan berita-berita positif yang mempererat persatuan bangsa.

Comments

  1. setuju sih, blogger juga harus bisa menyebarkan aroma positif soal Pancasila, kebhinekaan, dsb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener juga kita sebagai blogger harus bisa menyebarkan aroma positif soal pancasila.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Tantangan 11] Menjadi Wirausaha Di usia Muda? Mengapa Tidak

Ketika Deadline Menjadi Asik dengan Asus VivoBook Ultra A412FL.-i5.

[Tantangan 18] 4 Tips Ketika Ingin Ganti Ponsel