Dari Lagom, Sampai Ke Skandinavia Apartemen

Lagom (http://www.agfblog.com)

Menurut wikipedia lagom merupakan sebuah kata dari Swedia yang di terjemahkan kedalam bahasa Inggris yaitu "enough, sufficient, adequate, just right," memiliki arti tidak berlebihan atau kekurangan. Nah, selain itu dapat pula diartikan sebagai "not too little, not too much, just right," tidak terlalu sedikit atau kebanyakan, jadi intinya tidak terlalu berlebihan. 

Jauh sebelum kata tersebut terkenal dijaman sekarang ini, konsep ini telah dipakai oleh bangsa Nordic (dapat dikatakan sebagai bangsa Skandinavia) terlebih dahulu. Lagom merupakan sebuah singkatan dari "Laget Om," yang memiliki arti anggota tim.

Pada jaman kerajaan Viking, Mead yang merupakan minuman berakohol dari madu, tersebut akan diedarkan kepada semua orang dan mencicipinya bersama-sama secukupnya. Ini adalah konsep lagom pada jaman tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan disaat seperti jaman sekarang ini konsep tersebut masih berlaku.

Dari penjelesan diatas tersebut, ada satu kata kunci yang tersirat dalam gaya hidup tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Yup, kata tersebut adalah "PAS," tanpa kurang atau bahkan berlebihan. Bisa dibilang bahwa kita hidup harus berhemat atau bisa dibilang untuk apa menghambur-hamburkan uang buat hal-hal yang tidak perlu.   

Skandinavia Apartment

Terinspirasi dari gaya hidup tersebut, Tangcity Development membangun hunian yang mengubah hidup Anda menjadi lebih baik. Berdiri diatas tanah 10 hektar, bangunan ini menjulang tinggi ditengah kawasan strategis kota Tanggerang. Dengan nama Skandinavia Apartement memberikan kenyamanan belum pernah didapat sebelumnya.

Ada sesuatu yang membuat saya penasaran dengan segala sesuatunya tentang hunian satu ini. Karena hanya untuk lomba akhirnya browsing di google mencari sumber untuk dibuat tulisan. Walaupun masih bingung

Hingga menemukan sebuah web berisi tentang hunian menggunakan konsep gaya hidup lagom Skandinavia. Kemudian yang pertama kali dituju adalah koleksi fotonya, disana saya menemukan berbagai macam type kamar. Setelah menilik foto demi foto, ada sesuatu kesan yang ditangkap dari gambar tersebut.

Entah kesan apa yang didapat hingga setelah berkali-kali dilihat akhirnya sebuah jawaban dari teka-teki tersebut terjawab. Dari semua itu ada sebuah kalimat yang selalu nyambung dengan kata kunci tersebut yaitu "Kesederhanaan dalam Kemewahan," itu yang ditangkap oleh panca indra saya.

Oh ya, sebelum pembahasan semakin melebar kemana-mana, ada baiknya mari kita fokus mengenai si apartemen satu ini. Yuk...Mari kita membedah satu per satu dari segi desainnya dan segala macam pernak-pernik yang mendukungnya.

Ruang Tamu (https://www.tangcity.com)

Desain Interior
Minimalis,itulah ciri-ciri rumah atau apartemen yang mengusung gaya hidup lagom. Keterbatasan ditiap ruangan memberikan sebuah ide agar tiap ruangan memberikan kesan bahwa sederhana dalam sebuah kemewahan. Hal, ini juga tercermin dari pemilihan prabot-prabot dan bahkan furniture akan mengisi tiap ruangan tersebut.

Material
Material atau bahan yang digunakan untuk interior ruangan kebanyakan menggunakan kayu. Kesan yang ditimbulkan dari penggunaan kayu tersebut adalah gambaran sebuah pedesaan. Bahkan untuk pemilihan warna furniture-nya harus netral dan terang selaras dengan warna sekitarnya.

Konsep
Konsep yang diterapkan menitik beratkan pada kesederhanaan, Dapat dilhat memlalui barang-barang yang terdapat didalamnya, tidak ada sama sekali sentuhan kemewahaan. Karena minimalis, apabila banyak barang akan membatasi ruang gerak. Semua barang atau bisa dibilang prabot-prabotnya harus menyesuaikan dengan luas ruangan tersebut.

Fasilitas
Hmmm, fasilitas yang diberikan dapat dibilang sangat canggih. Mengapa dibilang canggih? Karena Skandinavia apartemen mengutmakan kemudahaan dan keamanan setiap lingkungannya. Agar para penghuni apartemen tersebut merasa nyaman.

Mulai dari penampungan Wifi, sehingga disaat santai bersantai di kolam renang atau bahkan saat jogging serta gym outdoor tetap bisa sambil berselancar di daring. Selain itu ada pula kunci pintu elektronik dan telephone video audio untuk keamanan bahkan privasi Anda.

Selain itu ada pula sistem rumah genius, cukup diujung jarimu sudah terhubung ke e-Billing, e-CCTV viewing, e-Concierge, e-Tenant Relations, e-Engineering dan e-Shooping tentunya. 

Dengan rasio 1:1, tempat parkir hanya untuk 1 mobil, 1 parkir. Agar tetap tertata rapi dan bahkan aman. dan nyaman.
         
Lokasi Skandinavia Apartment
Lokasi Skandinavia Apartemen (https://www.tangcity-apartment.com)

Sangking strategisnya lokasi apartemen tersebut dapat ditempuh dari segala arah, bisa melalui Gading Serpong, Alam Sutra, BSD, Serpong, dan bahkan dekat tol Jakarta-Merak, padang golf, sentra pendidikan, dan rumah sakit. Serta tidak jauh dari bandara Soekarno-Hatta. Bahkan apabila tiba-tiba lapar atau ingin membeli sesuatu cukup turun dari apartemen dan melangkahkan kaki alias jalan kaki sebentar dan sampailah di Tangcity Mall.

Bahkan kalau misalnya keluarga atau kerabat jauh yang bertandang ke Jakarta sedangkan rumah kita (red : apartemen), tidak bisa menampung banyak karena keterbatasan tempat, tenang ada hotel bintang 4 seperti : Novotel dan lainnya yang dekat dengan apartemenmu.

Oh yah, mengenai ruang terbuka atau yang biasa dikenal dengan One Park, dengan luas 2500M2 yang tersedia diarea tersebut adalah tempat bermain anak-anak, jogging track, gym outdoor, area refleksi, mini plaza, dan kafe-kafe terbuka. Tempat yang asik untuk menikmati udara terbuka yang segar.

Tidak hanya tersedia one park saja, namun, dikawasan tersebut tersedia pula Premium Office Park. Dimana tempat ini merupakan perkantoran yang terintegrasi dengan bank-bank terkenal. Bangunan ini memiliki 5 lantai dengan lift yang terkoneksi tiap unitnya.

Dengan mengusung tema 'Dreams Come True' (di tahap 1) dan 'A Better Life' Skandinavia Alter Ego (di tahap 2). dimana memberikan harmoni dan kehidupan masa depan yang berkualitas menjadi satu dalam sebuah apartemen.

Di tahap 1 ini, memiliki 3 type, yaitu : One Bedroom, Two Bedrooms, dan Two Bedrooms Deluxe dari kesemua itu melepaskan energi keharmoni yang selaras dengan kehidupan.

One Bedroom

One Bedroom (http://www.skandinavia.co.id)

Spesifikasi
Luas keseluruhan 36,32M2, luas bangunan 30,51M2, satu kamar mandi, dan dapur yang luasnya 11M2. Dinding dengan beton ringan dengan finishing cat emulsi, menggunakan papan gipsum untuk partisi internal dengan finishing cat emulsi juga.

Untuk plafon, mengunakan papan gipsum dengan finishing cat emulsi. Bagaimana dengan lantainya? Ternyata lantainya telah menggunakan marmer, dan bahkan tehelnya homogenous Romawi. Serta pintu kayu rekayasa semi solid. Kamar mandi saniter telah menggunakan produk Toto yang canggih. 

Dapur memiliki permukaan yang padat sehingga tidak merembes, serta pasokan air yang melimpah, pipa pembuangan limbah pas sehingga tidak mengalami kebocoran.

Pasokan listrik pun menurut saya yang membaca keterangannya di web tidak masalah. Dengan daya yang besar terdiri dari 1 BR 2200 VA, 2 BR 3500 VA, dan 3 BR 4400 VA. Serta fasilitas seperti kabel telephone, internet dan televisi sebesar 3 BR 4400 VA, lampu sebesar 3 BR 4400 VA, Stopkontak ditiap ruangan 3 BR 4400 VA, pendingin ruangan (ac) 3 BR 4400 VA, Sistem air panas 3 BR 4400 VA, mesin cuci dan jendela otomatis  3 BR 4400 VA.

Two Bedroom       
Two Bedroom (http://www.skandinavia.co.id)

Spesifikasi
Luas keseluruhan 89,62M2, sedangkan luas bangunan 75,28M2, memiliki 2 kamar mandi dan luas dapur 22M2. Namun, secara keseluruhannya bahan yang digunakan sama dengan one bedroom serta pasokan listrik yang digunakan pun sama. Sehingga tidak perlu khawatir akan adanya masalah pasokan listrik dan air.

Two Bedroom Deluxe

Two Bedroom Deluxe (http://www.skandinavia.co.id)

Spesifikasi
Luas keseluruhan 52,36M2 dan luas bangunan sekitar 43,98M2, dengan 3 kamar mandi serta luas dapur 33M2. Seperti halnya one bedroom dan two bedroom menggunakan bahan yang sama. Tidak hanya itu saja termasuk dengan daya dari listriknya pun sama.

Dari ke 3 type tersebut yang membedakan hanya luas keseluruhan  dan luas dari bangunan tersebut tapi desain interiornya dari bahan yang sama. Bahkan untuk listrik dan air semuanya sama.

Nah, itu penjelasan dari tahap 1 dengan tema Dream Come True, sekarang kita masuk kedalam penjelasan tahap 2, yaitu Alter Ego dengan tema A Better Life.

Ditahap ke 2 ini, kembali mengeluarkan 3 type yaitu : 2 Bedrooms Junior, 2 Bedrooms Corner, dan 3 Bedrooms Corner. Mari kita mulai membahas tiap type dari ke 3 type tersebut.

2 Bedrooms Junior

2 Bedrooms Junior (http://www.skandinavia.co.id)

Spesifikasi
Disitus resminya tak dibilang bahwa berapa luas dari bangunan untuk type ini dan bahkan luas dapurnya pun tidak tertera. Namun, mengenai penjelsan akan bahan-bahan yang membangun rumah tersebut sangat diteil dijelaskan.

Untuk Dinding menggunakan beton ringan yang dicat dengan Dulux Catylac Drywall yang langsung kering seketika itu juga. Sedangkan untuk partisi internal menggunakan cat Dulux Catylac dan kamar mandinya menggunakan dinding beton.

Plafon menggunakan papan gipsum dengan cat Dulux Catylac, adapun untuk lantainya menggunkan ubin homogen untuk foyer, area dapur, ruang tamu, dan kamar mandi. Sedangkan lantai Vinyl Indogrees digunakan untuk kamar tidur. Dan tehel keramik untuk AC Ledge.

Bagaimana dengan pintunya? Ternyata pintunya menggunakan kayu solid dengan teknik pintu dengan pegangan pintu listrik. Kalau kamar mandinya selalu menggunakan produk Toto yang berkualitas #1.

Dapur, ini bagian yang paling terpenting dari sebuah rumah atau apartemen. Prabot dapur, dengan marmer meja atas, dan saluran masuk pasokan air bersih menggunakan produk Toto.

Yang membedakan dengan tahap 1 adalah daya listrik digunakan. Untuk type ini 2 kamar junior, menggunakan 2200 VA untuk listriknya.

Sama halnya tahap 1 fasilitas pendukungnya seperti kabel telphone, internet, pemasangan TV kabel, telphone, dan outlet internet di telphone video ruang keluarga.

Lampu Amature downlight LED standar dipasang disetiap kamar, sehingga memberikan cahaya yang terang namun, lembut. Untuk stopkontak berlaku pula disetiap kamar atau bahkan diruang tamu.

Kalau yang satu ini sangat diperlukan bagi kita yang tinggal di iklim tropis, dimaksud adalah pendingin ruangan. Ternyata pendingin ruangan alias AC bersifat Instalasi disetiap kamar (power, drain, dan refrigerant).

Wah, ada instalasi air panas yang hanya terpasang di kamar mandi mater. Jadi apabila ingin mandi air panas cukup tinggal putar kerannya saja.

Hmmm, betapa lengkapnya apartemen ini, selain yang tertulis diatas tersedia pula instalasi mesin cuci untuk limbah air abu-abu.

Yang terkahir mengenai jendela, menggunakan kaca laminated (5mm clear + 5mm tinted) dengan bingkai aluminium dari Alakasa Ekstrusindo.

2 Bedrooms Corner

2 Bedrooms Corner (http://www.skandinavia.co.id)
     
Spesifikasi
Seperti biasa untuk yang type ini pula tidak diberi tahu berapa luas bangunan dan luas keseluruhannya. Dan kembali hanya mendapatkan informasi bahwa di type ini hanya memiliki 1 kamar mandi dapur yang menurut saya luas banget yaitu 120M2 (ini enggak salah nulis kan yah).

Ok, mari kita lupakan masalah tersebut sekarang kita masuk ke pembahasan mengenai spesifikasi dari bangunan tersebut. Sebagian dari spesifikasi bangunan sama persis dengan spesifikasi bangunan tahap 1. Hanya sedikit perpedaan dari keduanya, yaitu pada fasilitas instalasi air panas yang terpasang dikamar mandi utama serta instalasi dapur.

3 Bedrooms Corner

3 Bedrooms Corner (http://www.skandinavia.co.id)

Spesifikasi
Nah, type yang inipun mirip dengan saudaranya ditahap 1, dengan spesifikasi yang tidak ada bedanya kecuali hanya sedikit saja perbedaannya. Sehingga tak perlu menditeail saya jelaskan disini.

Harmoni harus selaras dengan kehidupan, begitu pula dalam memilih hunian salah satunya apartemen. Karena ini akan menyangkut masalah hidupmu.

           




























































































   
   




Komentar