Report Abuse

RECENT POSTS

5 Tips Mencegah Pencurian Data Ponsel Android

7 comments

Pencurian Data Ponsel Android

Ponsel android atau handphone merupakan barang berharga yang harus diperhatikan tingkat keamanannya. Disebut berharga, karena ini bukan tentang harga handphone tersebut melainkan data pribadi yang tersimpan di dalamnya. Banyaknya kasus pencurian data ponsel android membuat kita harus lebih waspada dan mencari tahu bagaimana cara mencegahnya.

Tips dan Trik Tutorial Mencegah Pencurian Data Ponsel Android

Kasus pencurian data dari ponsel pribadi ditemukan berasal dari aplikasi yang diunduh pengguna. Setidaknya berdasarkan penelitian ada sekitar 1000 lebih aplikasi yang melanggar aturan dan terbukti diam-diam mencuri data pribadi mereka. Nah, sebelum kamu mengalami hal serupa, ada baiknya perhatikan tips berikut.

1. Aktifkan Mode Kehilangan dan Android Device Manager

Mode kehilangan dan android devide manager ini adalah fitur yang dapat kamu aktifkan untuk mencegah terjadinya pencurian data ponsel android. Dengan mengaktikan mode kehilangan kamu dapat mengamankan ponsel dari jarak jauh dan melakukan blocking pada pencuri yang mau mengambil data pribadi Anda. Hal ini bisa dilakukan apabila ponsel kamu memang sedang dicuri oleh orang lain. 

Begitupula dengan mengaktifkan android device manager, kamu bisa mengetahui di mana keberadaan lokasi dari ponsel kamu yang hilang tersebut. Namun, apabila pencurian data ponsel dilakukan oleh aplikasi yang sedang kamu unduh, maka tips selanjutnya bisa jadi solusinya.

2. Selalu Perhatikan Izin Aplikasi

Sebelum melakukan pengunduhan apk, ada baik kamu memperhatikan izin apk. Dengan memperhatikan izin apk,  pencurian data yang dilakukan oleh aplikasi-aplikasi jahat dapat dicegah.  Waspadalah, apabila kamu menemukan kejanggalan ketika hendak mengunduh aplikasi. Ada baiknya batalkan saja aplikasi tersebut dan cari aplikasi lain yang sejenis.

Namun, apabila kamu memang sangat membutuhkan apk tersebut, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu. kamu bisa melakukan riset di mesin pencarian google tentang aplikasi dan perusahaan yang membuat apk tersebut. Dengan begitu kamu akan tahu apakah apk tersebut kredibel dan tidak pernah terlibat kasus pencurian data atau scamming.

3. Unduh Apk Hanya dari  Google Playstore atau AppStore

Hindari mendownload apk di website, ada baiknya jika kamu menemukan apk di website yang hendak kamu unduh, keluarlah terlebih dahulu dari website tersebut. Lalu cari aplikasinya di google store atau app store, lakukan pengunduhan apk dari sana saja. 

Walau memang tidak semua apk yang tersedia di sana dapat dipercaya 100%, namun itu masih bisa lebih baik. Karena menurut Stephen Hart, aplikasi yang tersedia di platform tersebut akan diperiksa kualitas dan standarnya. Hal ini untuk memastikan mereka menerapkan kebijakan khusus untuk melindungi data konsumen.

Selain itu, pengunduhan apk yang berasal dari website dapat beresiko terinfeksinya perangkat ponsel kamu dengan virus, ransonware, malware, apyware atau bahkan peretas yang bisa saja melakukan pencurian data ponsel android Anda.

4. Perbarui Selalu Perangkat Lunak 

Hal ini penting dilakukan untuk menjaga keamanan data ponsel Anda. Dengan melakukan update secara berkala, dapat membuat software kamu selangkah lebih maju dari pada yang mungkin dimiliki peretas yang ingin mencuri data pribadi Anda. Jika diperlukan kamu bisa mengubahpengaturan yang ada di perangkat ponsel kamu menjadi update otomatis.

5. Waspada Bila Memakai WiFi Publik

Jika kamu sering memanfaat wifi gratis yang ada di ruang publik saat berada di luar rumah, kamu perlu mewaspadai satu hal.Yaitu hindari segala bentuk transaksi atau komunikasi penting, karena bisa saja ponsel kamu kena tracking oleh penguna wifi yang satu jaringan dengan Anda. Inilah yang menyebabkan pencurian data ponsel android kerap kali terjadi tanpa kamu sadari. 

Demikian 5 tips sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah pencurian data ponsel android terjadi pada Anda. Tetaplah waspada dan berhati-hati dimanapun kamu berada.



Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.

Kokoh Hendra Liem
Assalamualaiku. Wr. Wb, Hai para blogger di seluruh Indonesia Salam kenal nama saya Kokoh Hendra Liem (panggil saya Hendra), saat ini saya berdomisili di Kota Minyak, Balikpapan. Nah, hobby saya adalah menulis dan menulis baik itu di blog pribadi atau menciptakan sebuah buku (novel, antalogi, puisi) bahkan non fiksi pun saya buat.

Related Posts

7 comments

  1. Betul betul dgn tips ini insya allah akan lebih aman untuk semua

    ReplyDelete
  2. Suamiku itu suka ingetin aku kalau mau install aplikasi. Kadang dia iseng cek hp ku dan bilang kayak, "Aplikasi ini bagusnya bukan install yang ini." Harus hati-hati dengan apk karena kalau install sembarangan, yang ada malah kita berisiko kena pencurian data.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah harus hati-hati juga upload carilah yang aman agar tidak ada yang mencuri data lagi.

      Delete
  3. Wah...baru tahu kalau jangan sembarangan unduh dari website. Kalau engga hati-hati main klik gitu aja. Gawat deh...Terima kasih remindernya...Harus lebih hati-hati yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sudah tau. Jadi harus berhati-hati dalam mendownload aplilasi

      Delete
  4. Saya tak pernah pakai wifi publik karena kuota sudah lebih dari cukup. Kalau mau instal aplikasi juga hanya dari Google Playstore atau playstore bawaan merk HP. Penting banget untuk jaga diri. Kalau ada link juga mencermati benar struktur url-nya, kalau ragu googling dulu pakai HP-nya anak.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog