Report Abuse

RECENT POSTS

5 Cara Mengatasi Hotspot Tidak Bisa Diaktifkan Android

Jangan lupa membaca artikel sebelumnya mengenai> Cara Bisnis Bitcoin Pemula.

Masalah pada Hotspot yang sering kita alami yaitu susah di Aktifkan bahkan tidak bisa dihidupkan. Lantas apa penyebabnya dan apa solusinya? Untuk penyebabnya sendiri bisa dikarenakan beberapa faktor namun jika ada masalah pasti ada solusinya. Dan sesuai postingan kali ini saya akan membahas lengkap beserta cara mengatasi masalah pada Hotspot khusus perangkat Android.

Semua smartphone zaman sekarang memang sudah terdapat fitur bawaan Hotspot dimana fitur ini cukup membantu dimana dengan fitur ini kamu bisa membagikan jaringan internet ke perangkat lain. Sehingga perangkat yang menerima Hotspot bisa mengakses internet dengan jaringan internet yang kamu bagi.

Hotspot Tidak Bisa Diaktifkan

Hotspot sendiri bisa digunakan dan dibagikan ketika perangkat yang menghidupkan menggunakan data seluler. Dan si penerima bisa menghubungkan hotspot tersebut menggunakan sambungan WIFI.

Sederhana nya yaitu perangkat kita akan menjadi WIFI sehingga perangkat lain bisa tersambung di perangkat kita agar bisa akses internet. Namun ada beberapa masalah yang terdapat di Hotspot dan yang paling sering dialami oleh pengguna yaitu hotspot tidak bisa di aktifkan.

5 Cara Mengatasi Hotspot Tidak Bisa Diaktifkan Android


Hotspot tidak bisa diaktifkan bisa jadi karena beberapa penyebab namun disini saya akan mencoba memberikan beberapa solusi cukup ampuh yang bisa kamu praktekan sendiri, Untuk caranya sebagai berikut.

#1 Matikan Penghemat Baterai 


Jika smartphone kamu kondisi baterainya menipis dan sampai merah. Biasanya ponsel akan otomatis masuk ke mode penghemat baterai. Penghemat baterai atau battery saver di smartphone akan menghentikan beberapa aktivasi perangkat yang memboroskan smartphone, Salah satunya Hotspot.

Ketika HP dalam mode penghemat baterai maka otomatis kamu tidak akan bisa mengaktifkan Hotspot sama sekali karena fitur ini cukup memboros batera. Maka solusinya kamu bisa mengecas terlebih dahulu perangkat dan baru setelah lumayan terisi kamu aktifkan fitur Hotspot.

#2 Restart Smartphone


Biasanya jika smartphone error bisa saja beberapa fitur terhambat, Misalnya saja Hotspot yang tidak bisa aktifkan. Padahal koneksi internet berjalan lancar. Dan kamu bisa atasi dengan restart smartphone.

Dengan cara restart maka beberapa error yang terjadi di perangkat bisa teratasi. Karena setiap HP setelah restart maka perangkat menjadi refresh dan bisa normal kembali.

#3 Ganti Nama Dan Password Hotspot


Cara mudah berikutnya untuk mengatasi hotspot tidak bisa diaktifkan atau dihidupkan yaitu dengan mengubah nama dan password Hotspot. Biasanya hal ini cukup ampuh untuk mengatasi permasalahan pada Hotspot, Untuk cara menggantinya sebagai berikut.

  1. Buka bagian setelan
  2. Kemudian pilih bagian Jaringan & Internet
  3. Pilih Hotspot & Tethering
  4. Klik siapkan hotspot Wi-Fi
  5. Ubah nama dan password
  6. Dan klik Simpan
  7. Selesai

#4 Matikan VPN


Jika kamu sedang menggunakan VPN di Android maka biasanya Hotspot tidak dapat dihidupkan. Bahkan kalo pun biasa internet di perangkat yang kamu bagikan Hotspot tidak bisa akses ke internet. Oleh karena itu jika VPN terhubung dan kamu ingin mengaktifkan Hospot maka kamu matikan terlebih dahulu aplikasi VPN.

#5 Perbarui Versi Android


Jika terdapat notifikasi untuk memperbarui Versi Android, Maka kamu bisa untuk memperbarui terlebih dahulu Versi Android. Bisa jadi karena masalah ini terjadi karena Bug di versi Android lama dan memerlukan pembaruan. Dengan begitu maka masalah seperti Hotspot tidak bisa diaktifkan bisa diatasi.

Penutup


Sekian informasi dari blogdimas.id tentang cara mengatasi Hotspot tidak bisa diaktifkan di Android. Jika kamu masih bingung dengan tutorial diatas silahkan berkomentar dibawah dan jangan lupa share informasi ini ke orang lain agar bermanfaat bagi yang lain, Terimakasih.



Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.

Kokoh Hendra Liem
Assalamualaiku. Wr. Wb, Hai para blogger di seluruh Indonesia Salam kenal nama saya Kokoh Hendra Liem (panggil saya Hendra), saat ini saya berdomisili di Kota Minyak, Balikpapan. Nah, hobby saya adalah menulis dan menulis baik itu di blog pribadi atau menciptakan sebuah buku (novel, antalogi, puisi) bahkan non fiksi pun saya buat.

Related Posts

Post a Comment

Popular posts from this blog