[Tantangan 20] Kapan Sih Waktunya Memposting di Sosial Media?

sosial media

Bingung, ribuan yang menfollow akun sosial mediamu. Namun, hanya sedikit banget yang ngelike atau bahkan berkomentar serta menshare akan segala macam hal yang diposting. Pasti ada sesuatu hal yang membuat semuanya menjadi tanda tanya. Mengapa hal ini bisa terjadi.

Yah, awalnya cuek saja sih. Pokoknya tak ambil pusing mengenai hal tersebut. Tapi..., makin kesini jadi penasaran juga kok bisa yah ribuan follower tapi yang ngelike dan berkomentar di sosial media kita bisa jutaan. Konten sudah bagus, apa lagi diisi dengan hal-hal yang menurut saya itu menarik.

Adapun hal-hal tersebut membuat saya mencari-mencari apa yang bisa menjadi seperti itu. Mulailah untuk berselancar di daring. Mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai mengapa mereka bisa mendapatkan like yang super banyak tersebut. 

Hingga tak sengaja bertemu dengan blog yang super keren. Mulai lah saya membaca kata demi kata yang teruntai manis. Wah...wah, ternyata eh ternyata ada tips dan triknya untuk memposting agar banyak yang melirik konten-kontemu. Kan asik tuh banyak yang ngelike dan komen bahkan menshare artikelmu.

BACA : [Tantangan 10] Sosial Media Awal Dari Popularitas Ataukah Sebuah Bencana? 

Ohhh, akhirnya saya mengetahuinya, ada waktu-waktu tertentu untuk memposting agar biar kontenmu dilirik banyak para pembaca. Dari situ pastinya kita akan bisa mendapatkan job atau yah bisa dibilang endorsan gitu deh. Ah, memang semuanya perlu tak tik agar menarik banyak pengunjung.

Ok, yuk mari kita bahas satu per satu mengenai kapan baiknya memposting konten di sosial media kita masing- masing, adalah :

1). Instagram.

instagram


Nah, waktu yang paling terbaik untuk memposting di instagram yaitu pada pukul 11.00 pagi hingga 13.00 sore, karena biasanya pada pagi hari orang sibuk beraktivitas. Jadi yah bisa dibilang mereka akan membuka sosial media disaat siang hari.

Sedangkan pukul 19.00 malam hingga 21.00 malam juga merupakan waktu yang terbaik. Karena pada waktu ini orang sedang bersantai (red : istirahat) dan sedang menulusuri sosial media mereka masing-masing. Wah, ternyata saya baru tau nih kalau memposting di Instagram ada waktunya.

Hindari menunggah konten pada senin, karena pada saat itu orang tengah sibuk sekolah dan bekerja. Pada saat itu orang tak akan membuka sosial medianya. Sama seperti halnya juga dengan hari minggu perlu dihindari, karena kebanyakan orang sedang sibuk menikmati akhir pekannya.

2). Facebook

facebook


Kalau yang ini mah berbeda dengan instagram, waktu yang terbaik untuk memposting di Facebook adalah justru ketika jam kerja sedang produktif. Yakni pada hari senin hingga jumat pukul 13.00 siang hingga 16.00 sore. Waktu yang pas untuk mengupload berbagai macam konten yang positif.

Kalau untuk tujuan komersial, waktu yang paling terbaik adalah hari rabu saat pukul 11.00 hingga 13.00. Kamis antara pukul 14.00 hingga 16.00 dan hari jumat pukul 10.00 hingga 15.00. Seperti biasa jangan sekali-kali untuk memposting pada akhir pekan dengan engagement rate yang buruk karena orang sibuk menghabiskan  waktu liburannya.      

3). Twitter

twitter


Berbeda dengan kedua temannya tersebut, sosial media yang satu ini memiliki jam posting yang berbeda. Kok, bisa yah terserah dia lah mau berbeda. Untuk twitter ada saatnya memposting setiap hari pada pukul 12.00 hingga 13.00.  Ini waktu yang ideal untuk memposting.

Kalau khusus untuk jualan atau bisnis, waktu yang terbaik untuk memposting adalah hari sabtu pada pukul 15.00. Karena pada waktu tersebut biasanya orang-orang bersantai pada membuka twitternya. Sedangkan waktu yang paling terburuk untuk posting di twitter ialah pada hari jumat diatas pukul 15.00. Dan minggu pukul 20.00 ke atas, saat seseorang sedang beristirahat untuk memulai awal pekannya.

4). Pinterest

pinterest


Sosial media yang satu ini biasanya akan ramai pada hari sabtu dan minggu. Waktu yang paling terbaiknya untuk memposting adalah pada pukul 20.00 hingga 23.00. Jadi apabila ingin untuk memposting ada baiknya  di hari dan waktu yang telah ditentukan.

5). Linkedin

linkedin


Pasti kalian kenal dengan sosial media yang satu ini. Yup, ternyata masih ada yang menggunakannya untuk memperluas jaringan kerja. Disarankan untuk mulai aktif di Linkedin sekitar 09.00 hingga 15.00 saat kebanyakan orang sedang sibuk kerja.

Puncak trafik Linkedin naik pada pada hari selasa hingga kamis. Jangan sekali-kali menunggah konten Linkedin setiap hari setelah pukul 22.00 hingga 06.00 pagi. Ada baiknya hindari waktu tersebut untuk memposting di sosial media yang satu ini Ok jangan dilanggar yah.

6). Youtube

youtube


Wah, ini dia sosial media terfavourit bagi kalangan milenial. Perlu diketahui untuk mendowload ada waktu yang terbaik pada saat sore hari antara pukul 15.00 hingga 18.00. Sedangkan pada malam hari menjelang tidur sekitar 21.00 hingga 22.00 juga menjadi waktu yang terbaik untuk mengunggah konten.

Sebagian besar penonton YouTube akan menikmati tayangannya saat akhir pekan, sehingga mengunggah konten di hari sabtu dan minggu di pagi hari sekitar pukul 09.00 hingga 11.00 bisa menjadi alternatif untuk mengunggah konten kalian yang keren banget.

Wuiiihhh, selama ini kita tidak tahu kan kapan mulai memposting. Biasanya juga jam berapapun langsung memposting hingga tak memikirkan bahwa konten kita akan tenggelam oleh konten-konten yang lain. Ayo, diingat waktunya untuk mempostingnya ok...

Comments

  1. Saya ingat2 deh, untuk mengunduh waktu yang terbaik sore hari antara pukul 15.00 hingga 18.00 WIB ya, tfs nih Bang Kokoh, berfaedah yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak, ditulis dan ditempel di dinding biar ingat mbak.

      Delete
  2. Akhirnya saya menemukan jawaban atas pertanyaan say seputar like dan komen di berbagai media sosial seseorang yang jumlahnya lumayan wah.
    Boleh nih dipraktikan secara akunku fakir like dan koment.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan mbak Isti. Jangan lupa dengan kapan waktunya memposting untuk meningkatkan like dan komentar.

      Delete
  3. Wah, ada waktu-waktunya ya Koh. Soalnya biasanya semua waktu dipakai untuk sosmed.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak ada waktu-waktunya kapan kita baiknya memposting konten kita ke media sosial.

      Delete
  4. Ternyata ada waktunya. Selama ini ngawur aja. Sembarang waktu. Bisa dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada waktunya kakak, jangan nanti kontennya tidak dibaca oleh orang dan tenggelam dengan konten-konten yang lain.

      Delete
  5. Eh, gambarnya kayak kenal, wkwkwkwk. Ayo dipraktekin Bang, biar sosmed kita lebih optimal, apalagi yang jualan online lewat sosmed, kayaknya perlu nih nerapin trik ini... Makasih tipsnye...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di ganti kok bang hehehehe, Sip, saya akan mempraktekannya semoga lancar dan banyak menlike dan komentar.

      Delete
  6. kalau IG biasanya aku liat dari Insight, jadi rada ketolong. Tapi untuk FB yang kadang suka bingung untuk waktu postingnya. FB ku jadi sepi banget, mungkin karena pengaruh jarang posting :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini saya belum melakukannya. Soalnya masih bingung dengan insight di IG dan apa lagi di FB tambah ambyar saya.

      Delete
  7. Secara umum memang begini sih, pengguna media sosial beda-beda karakternya. Sehingga waktu posting harus diperhatikan agar engagement-nya bagus.
    Tapi kadang-kadang kita juga mesti memahami karakter follower juga. Mungkin beda dengan pakem umum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih doel, terkadang kita juga perlu memahami karakter follower juga. Yah harus butuh perjuangan juga agar banyak yang like dan komentar.

      Delete
  8. Wah ternyata ada kunci untuk mengunggh juga yaa. Selma ini, upload sesuai mood aja. Boleh deh di coba untuk ig dlu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Ovi, Kita butuh juga strategi agar banyak yang ngelike dan komentar biar terkenal gitu deh.

      Delete
  9. Saya kalau posting asal posting saja. Ternyata ada waktunya ya...Kalau yang punya bisnis online, harus diperhatikan banget
    waktu postingnya ya. .biar jangkauan postingannya maksimal. Terima kasih sharingnya, harus dicoba nih... .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mbak Sulis kalau bisa sih ikuti aturannya biar banyak yang like dan share konten kita.

      Delete
  10. Selama ini saya upload-upload di socmed tu begitu ada waktu senggang, jadi enggak patuh sama jadwal beginian. Hehehe... Sepertinya bagus kalo dibikin matrix jadwal posting nih... Makasih infonya, Koh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah baru dengar matrik jadwal postingan. Yang seperti apaan tuh mbak Wiwin? Sama-sama mbak.

      Delete
  11. Selama ini kalau posting sesuka saya sendiri, wah baru tahu kalau ternyata ada trik-triknya. Makasih koh, dapat ilmu baru nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja nih dengan saya, ini juga baru tahu kalau ada trik-triknya. Sama-sama mbak Yesi

      Delete
  12. Beberapa kali pake cara ini sih, khususnya instagram. Dan pas jualan duli, posting ig seringnya sore-malem hari dan tiap hari minimal 1 post. Ngaruh lumayan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya apa lagi meningkatkan trafic blog, hal ini bisa digunakan juga.

      Delete
  13. wah bener ya ternyata ada waktu2 nya sy pikir semua waktu bagus.. btw kalau waktu posting artikel blog yg bagus kpn nih kak ?

    ReplyDelete
  14. Aq ga pernah perhatian jam berapa kalo upload. Kalo ada yg di upload barulah q upload hahaha

    ReplyDelete
  15. Nah ternyata untuk membuat postingan di media sosial ada waktunya ya.

    Jika kita memperhatikan waktu yang tepat bisa jadi peluang untuk mendapatkan calon konsumen lebih besar.

    Boleh nih di save tips memposting dengan waktu yang pas untuk jualan produk di marketplace Facebook.

    ReplyDelete
  16. Saya pernah dengar juga ini k ada waktu-waktu tertentu untuk posting di sosial media. Memang dunia medsos ini ada saja ya triknya. Saya pun jadi suka penasaran kenapa jam-jam tertentu bisa sepi padahal tetap seliweran kan postingan kita bila sudah berteman. Mungkin tenggelam yaa.

    ReplyDelete
  17. wah terima kasih sharingnya koh, coba nanti kupraktekin pas posting ig sm fb wkwkwk

    ReplyDelete
  18. Waahhh lengkap banget infonya Koh. Makasih yaa mau tak praktekkan untuk memposting di jam2 yang ramai biar bnyk yg merespon.

    ReplyDelete
  19. Wah aku baru tahu ternyata ada jam2 tertentu untuk upload konten di medsos. Aku selama ini asal posting aja. Klo pas pengen posting ya posting hehe. Akan kuingat-ingat lagi deh, ternyata tiap medsos beda jamnya ya

    ReplyDelete
  20. Makasih infonya, Koh. Selama ini aku kalau mau posting di sosmed mah suka-suka hati aja. Pantesan ER pun ga karuan. Hahaha. Ternyata beda medsos beda juga waktu responnya ya.

    ReplyDelete
  21. Waaaah aku screenshoot ini waktu2nya koh :D. Selama ini aku jg jarang banget dpt like banyak di IG. Mungkin Krn ga memperhatikan jam posting. Dan jd tau jg kalo Senin dan Minggu bukan wkt yg bgs utk posting di IG. Aku inget2 ini :)

    ReplyDelete
  22. Kalau menggunakan media sosial untuk bisnis kita harus kreatif dalam membuat konten, waktu posting juga harus diperhatikan supaya insight-nya bagus.

    ReplyDelete
  23. Ternyata ada jadwal untuk membagikan post ke sosial media ya, kalo aku asal membagikan aja. jadi tambah ilmu

    ReplyDelete
  24. Koh, saya yang udah berhenti lama dari fb sekitar 5 tahun-an, pas sekarang posting jadi ngga ada yang lihat huhu, karena udah ngga ada di notif temen akibat engagement dengan mereka 0. Sementara kalau sekarang harus mulai membangun engagement dengan mereka lagi, saya yang gak punya waktu dan gak mampu berselancar terlalu lama di dunia maya. Lieur, tapi biarlah.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Tantangan 11] Menjadi Wirausaha Di usia Muda? Mengapa Tidak

[Tantangan 18] 4 Tips Ketika Ingin Ganti Ponsel

[Tantangan 2] Susahnya Saling Menfollow di Blogspot