Kepo-In Yuk, Si Hitam yang Kaya Manfaat

Kopi Hitam. Sumber : https://www.seruni.id 

Hmmm...,ada apa dengan kopi hitam? Masih banyak orang-orang belum mengetahui manfaat dari minuman yang satu ini. Beneran kok, Walau terkadang masih banyak menganggap kopi itu memiliki sisi negatifnya dari pada sisi positifnya.

Sebelum menyimpulkan baik atau buruknya, ada baiknya baca tulisan saya berikut ini deh, biar pengetahuannya bertambah mengenai berbagai macam manfaat dari kopi. Bagaimana? Tetap mau membacanya. Ok, saya akan memulai menulis tetang si kopi.

Tau enggak, kalau selama ini kopi diindentikan dengan gaya hidup tidak sehat. Kok bisa, karena masih banyak orang beranggapan kopi hanya untuk menahan ngantuk, sehingga lekat dengan yang suka bergadang.

Nah, biasanya juga si kopi hitam punya sahabat yang selalu setia disaat menikmatinya. Kurang rasanya tanpa sahabatnya tersebut. Yang saya maksud sebagai sahabat ngopi adalah sebatang roko. Kebanyakan seperti itu tapi ada juga yang enggak.

Sehingga kemudian banyak beranggapan bahwa kopi hitam adalah minuman yang minim akan manfaat.

Padahal dibalik itu semua ada banyak manfaat yang terkadung didalamnya. Kita hanya perlu mengkonsumsinya dengan batas aman Kebanyakan orang telah memandang negatif dari mengkonsumsi kopi lantaran takaran yang berlebihan.

Hingga menyebabkan asam lambung naik (perut kembung) dan menyebabkan sakit maag. Ingat, jangan berlebihan karena berlebihan itu tidak baik untuk tubuh. Ada baiknya yang pas-pas saja mengingat akan kesehatan tubuh.

Pada kenyataannya di dalam 1 cangkir kopi hitam banyak manfaat untuk kesehatan tubuh (ingat jangan berlebihan) dan otak. Dikarenakan di dalam kopi terdapat berbagai macam kandungan yang efektif dan berguna bagi tubuh.

Ok, berikut ini penjelasan mengenai beragam manfaat kopi hitam bagi kesehatan tubuh. Mari dibaca penjelasan berikut ini:

MEMBANTU KINERJA OTAK
Pasti enggak menyangka bahwa kopi baik untuk kinerja otak. Yup...,kopi hitam yang pahit dapat membantu seseorang belajar. Dikarenakan kopi efektif membantu meningkatkan konsentrasi.

Kok bisa, yah bisalah dalam kopi mengandung senyawa yang disebut kafein. Senyawa tersebut sangat efektif untuk meningkatkan konsentrasi dalam otak manusia. Tidak hanya itu saja, dapat meningkatkan kewaspadaan dan membantu memahami sesuatu.

Ternyata eh ternyata manfaat dari kopi hitam tersebut sangat luas juga loh. Mengkonsumsi kopi dengan takaran yang tepat dapat meningkatkan daya ingat jangka pendek. Selain itu pula dapat membantu meningkatkan mood yang sedang turun.

MENGURANGI RESIKO ALZHEIMER
Kopi dan penyakit alzheimer, apa hubungan keduanya? Lagi-lagi senyawa kafein, yang dapat mengurnagi resiko alsheimer tersebut. Oh, iya hampir lupa alzheimer itu merupakan penyakit yang menyerang sistem memori seseorang.

Akibat dari penyakit ini adalah menurunnya daya ingat, sehingga para penderitanya sering tidak ingat setelah melakukan aktivitas sehari-hari meski dalam hal-hal sederhana sekali pun. Biasanya penyakit ini menyerang pada lanjut usia.

Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Penyakit ini bisa menyerang siapa pun termasuk anak usia remaja, dewasa, sampai usia senja. Melalui secangkir kopi bisa mengobati penyakit yang satu ini. Tapi jangan terlalu banyak meminumnya.

MENGURANGI RESIKO DIABETES
Kembali dan kembali senyawa kafein dapat menolong orang yang menderita diabetes alias kencing manis. Sebenarnya hal ini sangat membingungkan bagi orang awam seperti saya. Ini dia informasi yang penting bagi saya dan Anda semuanya.

Para peneliti dari USA menujukkan bahwa mengkonsumsi kopi tanpa gula sama sekali. Dapat menurunkan resiko diabetes type 2 hingga 7%. Wah, dapat dibayangkan sangat tertolong sekali walau persentasenya kecil sekali.

Nih, manfaatnya si hitam yang disukai oleh seluruh dunia. Minuman yang memberikan sejuta manfaat bagi manusia.          

Comments

  1. Kopi... salah satu minuman favoritku dan bener banget bisa buat aku konsentrasi kalo belajar, tahan lama deh, gak mudah nyerah kalo ngerjain tugas math waktu sma dan kuliah. Sekarang bau nya aja suka banget, kopi item baunya pasti kuat dan khas banget.

    ReplyDelete
  2. Pengen banget bisa minum kopi lalu menyukainya, biar bisa nongkrong bareng temen-temen dan gak sendiri yang pesen non kopi doank. aamiin

    ReplyDelete
  3. Saya suka kopi, tapi masih dengan segudang campurannya, belum kopi murni yang hitam. Bolehlah lain kali mencoba kopi hitam, biar ikut merasakan sensasinya yang berbeda serta unik.

    ReplyDelete
  4. Bgs lagi kopinya kopi pahit, soalnya kl dah banyak tambahan n bergula efek gulanya jd ga baik.
    Di Aceh pemudanya sehari 3-5 gelas sehari. Luar biasa hehe

    ReplyDelete
  5. Bukan rahasia lagi kopi memang kaya manfaat. Aku suka dengan kopi tapi hiks lambuku tak bersahabat. Kadang saking pengennya icip-icip kopi punya paksu

    ReplyDelete
  6. Yah andai ibu saya dulu suka ngopi ya insyaallah gak terkena ya huhuu... bener banget Bang Kokoh... kopi dapat menghindarkan peminumnya dr diabetes

    ReplyDelete
  7. Aku aku aku suka kopi hitam. Tapi masih belum mampu tanpa gula. Hehe. Ini yang bikin khasiatnya jadi berkurang mungkin yah. Tapi kopi selalu jadi obat nomer satu kalo pusing.

    ReplyDelete
  8. kopi susu sy bisa minumnya..klo kopihitam terlalu keras buat lambung saya

    ReplyDelete
  9. Saya suka Kopi Bali koh. Sebelum pindah ke Surabaya masih sempat-sempatnya beli beberapa pack. Hihihi. Kopi asli emang lebih nyesss.

    ReplyDelete
  10. Memang sih ada manfaatnya kopi koh.. untuk secangkir 2 cangkir ga masalah masih dapat manfaatnya... kalau kebanyakan..kurang baik juga sepertinya gitu kata dokter koh

    ReplyDelete
  11. Yap betul nih, katanya memang kopi murni banyak manfaatnya ya untuk kesehatan. Tapi untuk lambung saya cocoknya yang mix bang.

    ReplyDelete
  12. Kopi hitam tanpa gula ya koh. Aku sebenarnya sudah 6 bulanan lebih nggak ngopi. Paling banter minum chocolate karena aslam juga. Eh tapi ini malah menyembuhkan ya

    ReplyDelete
  13. bener nih suamiku sering bilang gini, tapi da aku ga doyan kopi, dulu pernah minum pas kuliah malah jadi ga bs tidur malemnya haha deg-degan lagi

    ReplyDelete
  14. Bagiku, tiada hari tanpa kopi. Nggak tau pas ramadhan ini. Hehe..

    ReplyDelete
  15. Ada sejuta manfaat, tapi yang diulas cuma tiga. Jadi penasaran saya sama sisanya kak.

    ReplyDelete
  16. Wah kurang enak dong kalo gak pakai gula, karena sudah terbiasa ngopi pakai gula hahahaha. Ternyata lebih sehat kopi item ya. Kalo saya bukan rokok, tapi camilan ringan sahabat kopi, kayak pisang goreng atau donat..

    ReplyDelete
  17. memang kopi yg menyehatkan itu kopi tanpa gula atau yg sedikit gula. saya suka minum kopi. bukan hanya sejuta manfaat, tapi juga ada sejuta kenangan he he..

    ReplyDelete
  18. Saya ini tidak pernah bisa minum kopi. Kalau minum sedikit saja, tubuh langsung gemeteran dan pikiran ambyar. KIra-kira ada solusinya biar bs minum kopi nggak ya koh?

    ReplyDelete
  19. Saya jadi pecinta kopi sejak 4 tahun tinggal di aceh. Bisa dibilang lumayan jadi pecandu. Biasanya kalau lagi nulis dan otak mandek, kopi hitam bisa jadi solusi

    ReplyDelete
  20. Ternyata kopi banyak juga manfaatnya ya koh, cuma memang sebaiknya tidak diminum secara berlebihan agar tidak membahayakan bagi tubuh

    ReplyDelete
  21. Kopi hitam mengurangi risiko diabetes...hmmm. Tergantung pakai gula nggak. Kalau sehari minum 5 cangkir, gulanya masing-masing 2 sendok makan, minum kopi atau minum gula? Hehehh

    ReplyDelete
  22. Sebagai pecinta kopi, saya merasakan banget manfaatnya. Apalagi disaat mengerjakan pekerjaan yang tiba-tiba gak menemukan solusi. Dengan minum kopi, otak terasa di segarkan kembali dan fikiran pun jadi lancar

    ReplyDelete
  23. setuju sih klo kopi bisa meningkatkan produktiitas dan kinerja otak soalnya tiap kali aku mau kerja sllau bikin kopi, makin fokus garap kerjaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mbak, kopi bisa juga meningkatkan kinerja otak agar tetap berkonsentrasi dan kerjaan cepat selesai.

      Delete
  24. Saya kalau ngopi malah pusing. Dan seperti orang stres. Meski ngantuk gak bisa tidur juga.

    Kebiasaan dr kecil gak pernah ngopi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jangan dipaksakan mas Gogrin, setiap orang pasti berbeda-beda saat meminum kopi.

      Delete
  25. aku nggak bisa minum kopi hitam, koh, wqwq... musti dicampur ama susu, biar legittt... (tapi banyak gulanya, malah nggak sehat ya, hehehe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kepingin yang manis dicampur madu aja mbak Nisya lebih legit, aman bagi diabetes.

      Delete
  26. Kalau menurut saya aroma kopi bisa membangkitkan mood. Jadi semangat bekerja..

    ReplyDelete
  27. Aku suka banget kopi. AKan tetapi, tidak setiap hari aku minum kopi. Saat aku perlu boosting performance, baru aku minum kopi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mas, terkadang kita sebagai blogger membutuhkan kopi untuk mood boosting agar bisa melanjutkan tulisan.

      Delete
  28. Kopi hitam sering disalahkan kalau asam lambung meningkat, diidentikkan dengan orang suka begadang. Padahal manfaatnya banyka untuk kesehatan dan saya paling suka minum kopi hitam dengan gula sedikit.

    ReplyDelete
  29. aku suka kopi mas. tapi yang rasa cappucino dan creme latte. bukan kopi hitam. hehe... padahal manfaat kopi itu adanya di kopi hitam ya. tapi ya itu saya gak berani karena terlalu kuat. tapi sesekali suka minum sih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Tantangan 11] Menjadi Wirausaha Di usia Muda? Mengapa Tidak

[Tantangan 18] 4 Tips Ketika Ingin Ganti Ponsel

[Tantangan 2] Susahnya Saling Menfollow di Blogspot