Hari Blogger Nasional, Menumbuhkan Jiwa Menulis Pada Blogger Bersama Platinum Hotel dan Convention Center

Hari Blogger Nasional

Semenjak 10 November 2009, saya mulai mengenal dunia blog. Hmmm..., tak terasa akan memasuki tahun ke-10. Jauh sebelum berkenalan dengan dunia blog, tepatnya tanggal 27 Oktober 2007, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh telah mencanangkan bahwa pada tanggal tersebut merupakan Hari Blogger Nasional

Berbagai macam cara untuk merayakan harinya para blogger se Indonesia. Mulai dari mengadakan kelas-kelas kecil yang membahas mengenai seluk beluk blog. Seperti yang dilakukan oleh Instagram @IniPurwokerto sering mengunggah foto-foto acara Blogger Camp. Hingga hotel tour dan kopdar komunitas yang dilakukan oleh Balikpapan Blogger Community yang bekerja sama dengan Platinum Hotel & Convention Hall.

Tidak seperti 2 tahun yang lalu, dimana setelah hotel tour, ada kelas kecil membahas segala macam yang menyangkut blog. Namun, kali ini ada yang berbeda dari sebelum-sebelumnya. Yup, kali ini hanya ada hotel tour, sedangkan kelas kecil di tiadakan karena keterbatasan waktu.

Satu per satu teman-teman blogger berdatangan memenuhi lobby Platinum Hotel. Dari sekian yang mendaftar termasuk saya juga yang telah mendaftar hadir diacara tersebut. Bagaimana tidak, ini merupakan kesempatan untuk berburu sunset di kota minyak.

Setelah dirasa lengkap (red : walaupun ada yang datang terlambat), kami dan teman-teman oleh General Manager Bapak Yanuar Kurniawan ke lantai 11 disana terdapat sebuah ruangan mewah (red : Platinum Suite) tersebut untuk melakukan registrasi ulang. Dari pihak hotel telah menyediakan tempat salat diruangan tersebut. Kebetulan juga telah masuk waktu Ashar.

Rooftop Terrace

Nah, kamar tersebut terhubung dengan tempat ternyaman dan teromantis dikala senja menyapa. Selain itu kamu dapat melihat pemandangan kota yang indah. Ada dua cara untuk menuju lokasi tersebut. Yang pertama melalui lobby naik lift sampai ke lantai 11 dan melewati Platinum Suite atau naik lift sampai ke lantai 10 melewati lorong-lorong kamar kemudian naik lagi 1 lantai dengan menggunakan lift service. Tempat ini bernama Rooftop Terrace dengan luas 15 x 20 m persegi. Setiap rabu dan sabtu ada live akustik.   

Dockumen Pribadi

Balik lagi ke membahas mengenai hotel tour, kali ini sebelum acara dimulai Pak Bambang Herladi sebagai ketua Balikpapan Blogger Community, memberikan penjelasan mengenai peraturan-peraturan yang harus kami patuhi selama tour tersebut.

Ok-ok, mengingat waktu yang terbatas, mulai lah tour tersebut. Pertama-tama pembagian kelompok. yang laki-laki bersama dengan mbak Vinka dan yang perempuan bersama dengan mbak Resyika. Kita memulai dari tempat yang berbeda pula.

Untuk para laki-laki dimulai dari lobby berarti kita semua turun dari lantai 11 ke lantai ground bersama dengan mbak Vinka tentunya. Ada sesuatu yang membuat saya bersemangat untuk memulai tour ini selain mbaknya yang cantik, bersemangat pula untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai hotel tersebut (mumpung lagi ada yang menerangkan) untuk bahan lomba SEO.

Ketika pintu lift terbuka, mbak Vinka memulai d tournya dari lobby, begitu banyak informasi yang didapatkan. Ternyata luas juga dengan lantai marmer yang berwarna hitam belang putih (dikit) memberi kesan tenang.

Ruang Bermain Anak
   
Seperti hotel-hotel bintang 4 lainnya ternyata di Platinum Hotel pun ada tempat khusus anak-anak bermain (kids corner). Dekat dengan meja penerima tamu. Agar mereka tenang tidak menggangu para pengunjung. Yah, bisa dibilang hotel ini ramah untuk anak-anak.

Merry Me House

Dari tempat bermain anak-anak, mari kita bergeser sedikit kesamping. Ada apa disana? Ternyata oh ternyata, persis disampingnya ada ruangan yang bernama Merry Me, ruang tersebut merupakan sebuah percontohan, apabila Anda akan melaksanakan sebuah pernikahan di hotel yang super megah tersebut.

Melangkah lagi disebelahnya ada toko baju-baju dan suvenir bernama Archade Shop. Memang produk yang dijual ada hasil dari UMKM dari seluruh Balikpapan seperti batik dan segala macam makanan kecil. Sehingga secara tidak langsung dapat memajukan produk lokal.

Wine dari Winerry (https://bombonasam.club)

Ingin mencicipi wine? Di Platinum Hotel pun menyediakan wine juga kok seperti dihotel-hotel bintang 4 lainnya. Namun, apa bila ingin mencicipnya pastinya tidak gratis Anda harus mengeluarkan kocek yang tidak sedikit untuk membelinya. Oh, yah hampir lupa nama tokonya adalah Winerry.

Hmmm, kemana lagi nih kita. Oh, iyah dari Winerry terus kita bergeser ke sampingnya lagi ternyata ini dia yang paling saya suka. Ada sebuah toko bernama Gourmet Pastry and Delicatessen. Isi toko tersebut adalah berbagai macam pastry dan bermacam kue yang selalu menerbitkan rasa lapar. Mauuu...mauuuu...beli snahhhh.

Barium Bar & Lounge (dokumentasi pribadi)

Di hotel mana pun selalu ada tempat ini termasuk di Platinum Hotel Balikpapan. Tempat nyaman untuk menikmati secangkir kopi latte yang manis dan ditemani sepering pastry untuk menghilangkan rasa dahaga dan lapar.

Barium Bar and Lounge buka dari pukul 10:00 pagi, hingga pukul 22:30 malam. Menyediakan berbagai macam minuman hingga kopi. Ada yang unik dari tempat ini, menjual biji kopi yang bernama Barium Coffee. Ternyata biji kopi yang dijual tersebut dari Martapura Kalimantan Selatan. Saya sempat kaget juga, kok bisa kopi tumbuh di dataran rendah seperti Martapura. Biasanya kopi tumbuh di dataran tinggi seperti di daerah Jawa, Bali, Sumatera, dan Sulawesi.

Canton Restaurant (https://kompasiana.com/sedikitpenuh)

Lapar...? Perut keroncongan, tenang setelah Barium Bar and Lounge, ada sebuah resturan yang menyediakan menu-menu makanan Cina. Platinum Hotel memang terkenal dengan maknannya enak-enak, termasuk dengan restaurant yang bernama Canton Restaurant.

Eh yah, kebetulan di Canton Restaurant lagi ada promo menarik nih. Apabila kamu membeli 5 dim sum pastinya gratis 1 dengan harga per nett Rp. 25.000.00,- hanya tersedia pada hari sabtu, minggu, dan hari libur nasional dari pukul 8:00 pagi hingga pukul 15:00 sore.

Selain Canton Restauran, kita menyusuri anak-anak tangga menuju lantai 2. Ternyata disana terdapat Palladium Restaurant. Berbagai macam makanan tersedia. Mulai dari cita rasa lokal hingga Internasional. Tinggal dipilih saja makanan yang disukai.

Dari Palladium Restaurant, mbak Vinka membawa kita menuju ruangan meeting. langkah demi langkah menyusuri lorong yang bersih. Pertama kita berada di Ruang Meeting Titanium, terdapat 9 ruangan. Selain itu ada pula Golden Grand Ballroom dengan kapasitas 1000 orang, cocok untuk mengadakan acara yang bersifat seremonial seperti pernikahan dan acara-acara kantor. 

Kalimaya Spa & Wellness (https://platinumhotelbalikpapan.com)

Kini waktunya memanjakan dirimu dengan spa dan pijat refleksi di Kalimaya Spa & Wellness. Disaat melangkahkan kaki di lorong-lorongnya yang mirip dengan lorong bioskop, begitu wangi akan aromateraphy. Mulai dari lorong sampai ke tempat spa membuat rilex badan dan tenang pikiran ini dengan mencium wewangian tersebut.

Whirl Pool (https://bombonasam.club)

Setelah spa dan pijat refleksi, pastinya ingin berendam bukan, tenang di Kalimaya disediakan Whirl Pool (kolam Pusaran Air). Dengan tekanan yang disesuaikan sehingga melemaskan syaraf-syaraf tegang ditubuh Anda.

Fasilitas Gym (https://bombonasam.club)

Mau ngegym, disini ada juga kok. Dengan fasilitas terlengkap memberikan kenyamanan bagi para pengguna sarana tersebut. Sehat dimana pun itu harus apa lagi saat kamu liburan perlu dijaga juga. Biar tuh otot tetap terjaga bentuknya.

Habis ngegym tentunya ingin berbilas agar tidak lengket keringat bukan, enggak usah khawatir ada ruang bilasnya ditambah dengan ruang sauna yang dapat digunakan sebelum membilas diri dari keringat.

Kalau ingin bercebur alias basah sekalian, ada swimming pool yang bisa digunakan untuk berenang. Dan bahkan anak-anak bisa pula bermain air dengan penuh kegembiraan tentunya. Jangan lupa pengawasan orangtua sangat....sangat....sangat, extra diperlukan.

Kemana lagi kita ini? Tanpa rasa lelah naik turun tangga. Akhirnya mbak Vinka mengajak kita ke destinasi terkahir yaitu mengunjungi kamar-kamar yang ada di hotel tersebut.

Kamar Bisnis (https://platinumhotelbalikpapan.com)

KAMAR BISNIS 2 TEMPAT TIDUR dengan MAKAN PAGI (Rp.591.800/ Malam)
Kamar bisnis dengan 2 tempat tidur yang nyaman seluas 26 meter persegi, dengan lingkungan yang tenang menghadap hamparan pemandangan hijau disekitar hotel. Fasilitas yang disediakan : (1) Wifi, (2) Kasur, (3) Telephone, (4) AC, (5) Televisi, (6) Sarapan, (7) Pengering rambut, (8) Pemanas, (9) Kotak aman deposit pribadi, (10) Meja Kerja, (11) Shower hujan. 

Kamar Deluxe 1 Tempat Tidur (hhtps://platinumhotelbalikpapan.com)

KAMAR DELUXE 1 TEMPAT TIDUR dengan MAKAN PAGI (Rp.696.680/ Malam)
Kamar Deluxe dengan 1 tempat tidur dengan luas 30 meter persegi dibingkai dengan kemewahan dan dilengkapi dengan desain modern yang menawarkan kenyaman dan kemudahaan bagi Anda saat jauh dari rumah. Fasilitas yang disediakan sama dengan kamar bisnis.

Kamar Junior Suit (https://platinumhotelbalikpapan.com)

KAMAR JUNIOR SUITE dengan MAKAN PAGI (Rp.1.028.000/Malam)
Kamar Junior Suite dengan luas 400 meter persegi dilengkapi dengan fasilitas bathub dengan menampilkan tema ramah lingkungan diseluruh kamar. Fasilitas yang disediakan adalah : (1) Wifi, (2) Kasur, (3) Telephone, (4) AC, (5) Televisi, (6) Sarapan, (7) Bar kecil, (8) Keranjang buah, (9) Bak mandi, (10) Jubah mandi, (11) Pengering rambut, (12) Laundry, (13) Pemanas, (14) Kotak aman deposit pribadi, (15) Koran, dan (16) Meja kerja.

Kamar Executive Suite (https://platinumhotelbalikpapan.com)

KAMAR EXECUTIVE SUITE dengan MAKAN PAGI (Rp.1.728.000/Malam)
Kamar Executive Suite dengan luas 60 meter persegi, luas dan mewah, dirancang untuk memberikan nuansa kontenporer dan modern untuk kenyamanan Anda. Fasilitas yang tersedia sama persis dengan kamar-kamar yang lain hanya tambahan kursi sofa saja.

Platinum suite (https://platinumhotelbalikpapan.com)

KAMAR PLATINUM SUITE dengan MAKAN PAGI (Rp.6.828.000/Malam)
Kamar Platinum Suite merupakan kamar terluas dari kamar-kamar yang lain. Dengan 400 meter persegi terasa memang akan kemewahan dan kenyamanan. Memiliki 2 ruang tidur utama dengan 1 atau 2 tempat tidur, serta ruang tamu yang terpisah dan dilengkapi dengan fasilitas terkini. Fasilitas yang disediakan tetap sama dengan kamar yang lain. Namun, ada tambahan yang membedakan yaitu : (1) Layanan kamar tiap hari, (2) Meja makan, (3) Kamar besar dan ruangan anak, (4) Bar kecil, (5) Dapur kecil, (6) Keranjang buah, dan (7) Koran.

Kamar Bisnis (https://platinumhotelbalikpapan)

KAMAR BISNIS 1 TEMPAT TIDUR dengan MAKAN PAGI (Rp.591.800/Malam)
Kamar bisnis dengan 1 tempat tidur ini memiliki luas 26 meter persegi. Dengan lingkungan yang tenang dan nyaman menghadap ke hamparan pemandangan hijau disekitar hotel. Fasilitas yang disediakan sama dengan yang lain, dan membedakan hanya gym dan parkir mobil.

Kamar Deluxe (https://platinumhotelbalikpapan.com)

KAMAR DELUXE 2 TEMPAT TIDUR dengan MAKAN PAGI (Rp.679.200/Malam)
Kamar deluxe 2 tempat tidur dengan luas 30 meter persegi yang dibingkai dalam gaya dan dilengkapi dengan desain modern. Fasilitas yang tersedia sama dengan kamar bisnis.

Para Tamu Istimewa

Tour berakhir di Rooftop Terrace, untuk acara pembukaan Hari Blogger Nasional yang kebetulan dihadiri oleh Bapak Dendy Aryanto (GM Witel Balikpapan), Ibu Arita Rijal Efendi (Ketua Dekrasnada), Bapak Sutadi Sanyoto (Kepala Diskominfo), Bapak Bambang Herlandi (Ketua Balikpapan Blogger), Dan Bapak Istia Budi (Dilo Balikpapan).

Sambutan dari Ibu Arita

Acara pun di buka dengan sambutan dari Ibu Arita sebagai ketua Dekrasnada, beliau mengatakan bahwa teruslah berkarya untuk membangun kota tercinta ini. Agar maju dan terkenal kemanca negara. Itu merupakan harapan dari seorang Ibu Arita. 

Acara pun ditutup dengan makan malam bersama dan pembagian doorprice (walaupun saya tak menang), tapi tak apa lah, karena ada rasa senang karena berkumpul dengan para blogger senior dan junior.

Semoga tahun depan acaranya lebih keren. Untuk blogger diseluruh Indonesia Selamat Hari Blogger Nasional. Semoga menjadi keren sepanjang masa.   

Komentar