Report Abuse

RECENT POSTS

Asus Zenbook 14X OLED (UX5400), Laptop Pinjaman Menyelamatkan Hidupku.

 

Sumber : Asus


"Wahhh..., akhirnya selesai juga." Suasana lega menyambut kelahiran sebuah tulisan yang berlembar-lembar banyaknya. Dapat dibayangkan merangkai huruf demi huruf hingga 15.000 kata terkadang bisa sampai 25.000 kata hanya dengan sebuah gadget yang bernama smartphone. Betapa capeknya jari ini mengetik dengan menggunakan virtual keyboard dengan tombol virtualnya kecil-kecil pula sehingga tanpa disadari sering terjadi typo dan harus merevisi tulisan segitu banyak sendiri tanpa bantuan orang lain (red : editor) hingga terjadi mata berkunang-kunang dan pusing. 

Apalagi kalau sudah masuk ke dalam layout dan pembuatan cover bukunya, sempat bingung juga mau pinjam laptop siapa. Untuk cover buku malah tambah sulit lagi kalau pakai smartphone dari pada menggunakan laptop. Dan satu lagi masalah yang bikin jengkel dan terkadang stress pada saat penyimpanan dari hasil cover buku di smartphone. Ehhh..., malah enggak tersimpan sama sekali di memory internal smartphone. Itu semua akibat dari kapasitas memory internal smartphone sangat kecil sekali atau bisa dibilang terbatas. Apalagi kalau sudah penuh dengan foto-foto kegiatan dan hunting saya ketika traveling tambahnya enggak bisa menyimpan hasil cover buku yang sudah selesai. 


Sebenarnya ada sih satu laptop yg dipakai dirumah tapi laptopnya sudah tua, tombolnya aja sebagian sudah tidak berfungsi lagi dan itupun harus rebutan dulu sama kakak kalau ingin menggunakannya. Untuk membuat atau mendesain cover buku dan segala macam terasa begitu berat. Yahhh...,terpaksa bersabar saja dulu deh, gunakan yang ada saja. Biarlah berkreasi dengan alat seadanya. 


Tapi gitu deh terkadang merasa bahwa berkreasi dengan smartphone sangat terbatas sekali. Banyak kekurangannya dari smartphone. Salah satunya adalah blue ray (red : sinar biru). Dan untuk menghindari sinar biru terpaksa saya harus membeli kacamata anti radiasi tersebut agar mata tidak mengalami hal-hal seperti yang tertulis diatas dan bahkan layarnya yang kurang lebar dapat membuat pusing. 


Memang sih laptop sangat dibutuhkan bagi penulis, blogger, ilustrator, desain grafis dan bahkan bagi kreator konten. Ini merupakan senjata yang paling dibutuhkan untuk memudahkan dalam pekerjaan. Ada banyak sih, laptop keluaran terbaru berbagai macam merek dengan kualitas bagus. Tapi ada satu merek yang terkenal di seluruh dunia dan melahirkan banyak produk yang menurut saya super wow banget. 


Ketika kerumah sepupu tanpa sengaja melihat sebuah benda yang berada di meja ruang tengah. Ternyata sebuah laptop yang sepertinya habis dipakai untuk kerja. Ku mendekat ternyata itu laptop Asus yang fenomenal itu. Melihat gelagat saya yang penasaran dengan laptop tersebut, kemudian dia mendekat "Ohhh... Tadi abang habis meeting dengan team kantor." Saya manggut-manggut saja mendengar pembicaraan tadi. Dan kemudian mata saya kembali tertuju kepada si laptop tersebut. "Bang, kalau gitu saya boleh pinjam yah." Dengan harapan akan di pinjamkan. "Pakai aja, itu tasnya di bawah meja." Tumben ada apa ini kok mau meminjamkan. "Terima kasih bang." 

Ku raih tas tersebut dan memasukannya kedalam tas. Dan meminta ijin untuk pulang. "Bang saya pulang dulu yah." Dan abang menoleh ke saya "Iya hati-hati ok, dan laptopnya dijaga baik-baik." Dengan mantap ku gendong tas tersebut, "Ok bang." Kemudian bergegas untuk balik kerumah. Sesampainya dirumah saya bergegas untuk memindahkan segala file-file tulisan dan sebagian desain cover buku yang ada di smartphone ke laptop tersebut melalui email biar cepat. Setelah segalanya selesai terpindahkan, ini saatnya untuk menyimpannya kedalam harddisk laptop. 


Buka folder file yang berisi file-file tulisan dan cover buku klik satu per satu file dan akhirnya tersimpan juga di flashdisk jadi aman deh. Setelah segalanya selesai dilakukan saya kembali menatap laptop tersebut. Ada sesuatu yang membuatku penasaran dengan laptop ini. Dengan teliti saya periksa dari body laptop tersebut dan bahkan masuk kedalam informasi sistemnya. 


Ternyata oh ternyata ini Asus Zenbook 14X Oled (UX5400) itu toh. Dengan sigap saya menyambar smartphone yang tergeletak di meja. Kemudian buru-buru membuka browsing dan searching tentang laptop ini. Begitu banyak artikel yang mereview laptop satu ini. Mari-mari kita bedah satu persatu apa saja keunggulan dari laptop ini yah guys.


Berbicara mengenai Asus berati kita akan berbicara mengenai teknologi yang tersemat didalamnya. Membuat segalanya menjadi cepat. Pastinya kita juga ingin tahu seperti apa teknologi yang telah tertulis diatas. Berikut ini penjelasannya :

OLED dalam Asus

1. KETIKA OLED MENYELAMATKAN MATAKU. 

Sebagai penulis terkadang ketika saat mengolah kata-kata suka menatap layar smartphone atau bahkan laptop sekali pun berjam-jam lamanya. Sehingga membuat mata kabur dan sakit bahkan sampai kepala pusing, semua itu akibat dari pancaran sinar biru (red : blue ray) yang menyapa mata hampir setiap hari. Bagaimana solusinya? Oleh karena itu, Asus memberikan solusi disetiap layar laptopnya termasuk Asus Zenbook 14X (UX 5400) telah menggunakan layar OLED. OLED itu apa sih? Mengapa dia bisa membuat mata kita aman dan nyamannyaman? OLED adalah singkatan dari Organic Light - Emitting Diode atau dioda cahaya organik adalah sebuah alat semikonduktor yang berfungsi sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik. OLED digunakan dalam teknologi elektroluminensi, seperti pada aplikasi tampilan layar atau sensor. Teknologi ini terkenal fleksibel dengan ketipisannya yang mencapai kurang dari 1 mm. panel OLED yang dibawanya memiliki resolusi 2.8K. Warnanya akurat dengan mendukung cakupan gamut warna DCI-P3 100% dan telah mendapatkan validasi dari PANTONE. Sehingga memunculkan warna-warna terang tapi lembut dimata. Bye... Bye, kacamata anti radiasi kini kau tak dibutuhkan lagi.


2. PENYIMPANAN yang BESAR MEMBUAT IDE KREASI MENJADI LIAR. 

Ketika penyimpanan di smartphone sudah tak sanggup lagi untuk menyimpan segala macam file termasuk file untuk cover buku yang terkadang ukurannya terlalu besar. Dengan adanya kapasitas penyimpanan (red : SSD Card) yang dapat di upgrade hingga 1TB di Asus Zenbook 14X (UX5400). Dapat dibayangkan dengan penyimpanan yang sebesar itu dapat membuat ide-ide di kepala saya menjadi liar. Pokoknya tak terbendung lagi terus mengalir dan mengalir. Jadi tak perlu khawatir lagi soal masalah penyimpanan bisa diupgraed kok tenang aja. 


3. KETIKA DIMENSI DAN BERAT MENJADI HAL PENTING. 

Kalau bicara mengenai dimensi dan berat dari sebuah laptop saat ini adalah hal yang penting sekali. Kok penting? Iya penting sekali karena sebagi penulis yang suka mobile alias suka bergerak kesana kemari dan pindah-pindah tempat membutuhkan laptop yang lumayan ringan. Seperti Asus Zenbook 14X OLED (UX 5400) dengan ketebalan body hanya 16,9 mm dan bobot hanya sekitar 1,4 Kg dan bahkan memiliki dimensi layar 14 inci serasa 13 inci dengan mengusung teknologi panel layar NanoEdge Display rasio panel layar ke bodinya mencapai 92% yang membuat bezel layar sangat tipis. Karena itu ringan sehingga bisa dibawa ke mana-mana. 


4. SEPERTI MANUSIA LAPTOP PUN MEMILIKI OTAK. 

Tak hanya manusia saja loh yang memiliki otak. Laptop pun memiliki otak. Otak yang tertanam dalam Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) sudah diperkuat dengan prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru sehingga terasa banget kecepatannya dan tidak hanya itu saja ternyata tertanam juga chip Intel® Iris® Xแต‰ Graphics dan juga NVIDIA® GeForce® MX450 sehingga tak mengalami lag lagi saat menonton filem atau bahkan bermain game serta mendesain dengan cepat. 


Dua layar dalam satu laptop

5. DUA LAYAR DALAM SATU PERANGKAT. 

"Hah... La ada dua layar dalam satu laptop." Sempat bingung juga untuk apa layar kecil dibawah ini. Sangking penasaran dan bingung juga, akhirnya saya kembali browsing untuk mencari informasi mengenai layar mungil ini. Ohhh..., Ternyata itu layar ScreenPad 2.0. Terus apa fungsinya? Ok, ini pertanyaan selalu ada dikepala kalau ada hal yang tak saya ketahui. 


Jadi fungsi dari ScreenPad 2.0 adalah selain sebagai TouchPad dapat digunakan untuk berbagai macam hal yang dapat dilakukan. Mulai dari mengontrol mode penggunaan ScreenPad 2.0, hingga mengakses fitur di berbagai aplikasi seperti Microsoft Office.Tidak hanya itu, pengguna Zenbook 14X OLED (UX5400) juga bisa menggunakan ScreenPad 2.0 sebagai alat untuk mengakses berbagai shortcut. Melalui fitur Quick Key, pengguna dapat mengatur dan membuat shortcut khusus untuk setiap aplikasi yang terpasang di Zenbook 14X OLED (UX5400). Shortcut akan berubah sesuai dengan aplikasi yang sedang aktif. Selain itu juga pengguna tetap dapat menggunakannya layaknya layar kedua pada umumnya. Ini benar-benar multifungsi banget. 


Jadi saya bisa nulis sambil memeriksa apakah tulisan saya tidak melenceng dari outline yang dibuat. Atau bahkan saya membandingkan dua cover buku yang telah saya buat agar mengetahui mana yang cocok dengan isi tulisan saya tersebut. 


6. SUARA WOW PENGUSIR WRITERSBLOCK. 

Adakalanya sebagai penulis akan mengalami yang namanya writersblock atau yah mengalami kebosanan akut. Dari pada healing jalan-jalan ke mall yang takutnya terjangkit covid19 ada baiknya healing dirumah saja dengan mendengarkan musik atau nonton netflix nyambi menyaring ide-ide untuk menulis. 


Suara yang jernih dan ngebas banget itu semua akibat dari ditanamnya alias dibekali dengan audio yang dinamis sehingga membuat suaranya jernih banget.Bikin hati tenang membuat nulis lancar. 

Sumber : Asus

7. OUTPUT DAN INPUT, KONEKTIVITAS yang DIBUTUHKAN. 

Ini nih perlu banget bagi penulis seperti saya. Yah, sangat dibutuhkan adalah kenyamanan dalam hal konektivitas. Ia dibekali port USB Type-C Thunderbolt 4, USB 3.2 Gen 2 Type-A, HDMI 2.0b, MicroSD card reader, hingga 3.5mm combo audio jack. Sedangkan untuk konektivitas wireless laptop ini dibekali fitur Wi-Fi 6 dengan ASUS WiFi Master dan Bluetooth 5.0. Sehingga apapun yang dilakukan dengan mudah dalam hal konektivitas. 


8. JADI GLOWING BERKAT KAMERA yang KINCLONG. 

Wow... saat ngadain call conference dengan para editor membuat yang masih belekan alias belum mandi menjadi kinclong. Bener loh, ini enggak bohong. Dapat melakukan conference call di berbagai situasi. Selain dibekali kamera yang dengan kemampuan low-light yang lebih baik, Zenbook 14X OLED (UX5400) juga dibekali dengan fitur AI noise-cancelling. Fitur ini memungkinkan suara bising dapat disaring sehingga pengguna Zenbook 14X OLED (UX5400) tetap dapat melakukan conference call dengan nyaman meski berada di lingkungan bising seperti cafe dan tempat umum lainnya.

My Asus

9. BATERAI PENUNJANG MENULIS. 

Sebagai penulis sangat membutuhkan laptop yang tahan lama. Ini penting sekali agar tulisan tetap berjalan. Dengan cepat habisnya baterai akan menghapus sebuah ide. Asus membekali baterai berkapasitas 63Whr. Charger-nya juga cepat, di mana Asus mengklaim kalau waktu pengisian daya baterai 50 persen hanya memerlukan waktu 30 menit. 14X OLED (UX5400) juga dibekali baterai berkapasitas 63Whr. Charger-nya juga cepat, di mana Asus mengklaim kalau waktu pengisian daya baterai 50 persen hanya memerlukan waktu 30 menit.


Fitur lain yang disediakan yakni kamera 720p HD hingga port 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display and power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, serta Micro SD card reader. Tak perlu khawatir lagi deh. 

Jadi Laptop modern ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xแต‰ graphics. Dapat membantu saya. Kayanya 15.000 sampai 25.000 kata jadi mudah dan cepat. 



Kokoh Hendra Liem
Assalamualaiku. Wr. Wb, Hai para blogger di seluruh Indonesia Salam kenal nama saya Kokoh Hendra Liem (panggil saya Hendra), saat ini saya berdomisili di Kota Minyak, Balikpapan. Nah, hobby saya adalah menulis dan menulis baik itu di blog pribadi atau menciptakan sebuah buku (novel, antalogi, puisi) bahkan non fiksi pun saya buat.

Related Posts

There is no other posts in this category.

13 comments

  1. Keren nih. Tetap harus semangat berkarya ya Mas, meski dengan segala keterbatasan... Good luck ๐Ÿคž

    ReplyDelete
  2. Keren bang, sebagai blogger atau content writer memang kita membutuhkan laptop canggih, kuat dan tahan lama. Nah di ASUS Zenbook 14X OLED ini sepertinya pas untuk kita ditambah dengan sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xแต‰ graphics semakin mantab. Tulisannya josh bang...

    ReplyDelete
  3. Semoga abis ini beneran punya laptop asusnya ya, kokoh. Memang kalau laptop asus ini selalu bikin pengen. Soalnya memang kualitasnya pas buat orang-orang yang sering berinteraksi dengan laptop

    ReplyDelete
  4. Kereen. Terus berkarya Koh. Salut aku dengan kreativitas dan semangatnya. Aku yang muda ini jangan mau kalah. Jos!

    ReplyDelete
  5. Akupun jadi pengen ganti laptop yg skr udah nyaris almarhum Ama Asus jadinya koh ๐Ÿ˜„. Pertama Krn OLED nya sih, dan kedua Krn specs nya juga udh lumayan bgt buat ngerjain tugas2 skr ini. Hargapun masih masuk budget lah. Sukaaa Ama Asus Krn tipenya banyak. Jadi bisa pilih sesuai keperluan, dan masih affordable juga.

    ReplyDelete
  6. Keren kak, ceritanya menginspirasi dan pantang menyerah. Semoga semua usaha baik dan doa-doa yang dipanjatkan bisa membuat laptop impian makin dekat. Tetap semangat!

    ReplyDelete
  7. keren koh. Tapi Asus emang keren kok ya, fitur yang ditawarkan juga ga hanya sekedar pemanis aja, tapi memang kenyataannya bagus dan dibutuhkan pengguna

    ReplyDelete
  8. Asus zen book membantu aktifitas setiap saat dalam penanganan pekerjaan setiap waktu

    ReplyDelete
  9. Laptopnya tjakep euyyy ๐Ÿ˜ bikin mupeng deh. Sampai sekarang saya juga masih setia nih sama laptop dengan merek ASUS.

    ReplyDelete
  10. Pengen banget sih punya ASUS OLED ini karena nyaman dipakai berjam-jam dan aman di mata.

    ReplyDelete
  11. Mau juga dong minjem laptop asus oled-nya. Btw sekeren itu ya laptopnya. Jadi makin penasaran pingin nyobain laptop ini nih Koh. Sukses selaku Koh Hendra

    ReplyDelete
  12. Wah semangat banget ya awalnya pakai smartphone saja, aku bisa rasain dan bayangin mata yang berlubang kunang, ditambah emosi kalau udah lelah mata menulis. Untungnya ada laptop terbaik ya kak

    ReplyDelete
  13. semangat terus ngeblognya ya koh, dulu aku juga pernah pake handphone tapi kurang nyaman. moga bisa uprade terus ilmunya dan juga laptopnya yahhh

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog