Report Abuse

RECENT POSTS

// Banner 300x250

Mari Belajar Ngeblog Bersama BWA

2 comments
Sumber : Google

Merasa traffic blog sepi? Bahkan tidak ada pengunjung sama sekali? Wah...ini mah jadi masalah besar nih. Terkadang sebagai blogger pemula masih bingung untuk menarik pengunjung untuk bertandang ke tempat dia menulis alias blognya tersebut. Atau bahkan belum tahu harus ngapain untuk menarik pembaca agar mau mampir ke blognya hanya sekedar mampir atau bahkan untuk membaca artikel yang bisa dibilang masih recehan.

Sebenarnya ada triksnya sih agar blog ramai oleh pengunjung yang haus akan sebuah informasi yang menurut dia sangat berguna dalam blog kita. Hmmm, apa yang harus dilakukan agar traffic blog kita tuh lancar jaya banyak pengunjungnya, ok baiklah lakukan hal-hal berikut ini agar ramai dan berada di peringkat 1 google search enggine.

Apa saja sih, yang harus kamu lakukan untuk itu mari kita baca baik-baik dengan seksama penjelasan berikut ini. Harus dibaca loh yah, jangan hanya sekedar lewat tanpa meninggalkan jejak sama sekali, enggak sopan tahu.

Mengenai traffic itu seperti jalan raya  ramai dengan kendaraan bermotor yang lalu lalang atau bisa dibilang hilir mudik. Berhenti sebentar di warung sambil menikmati secangkir kopi dan gorengan atau bahkan ke minimarket hanya untuk membeli sesuatu untuk kebutuhan sehari-hari. Pastinya akan betah berlama-lama disana hanya untuk menikmati suasana atau bahkan hanya untuk melihat harga-harga sembako yang kian melonjak harganya.

Tapi terkadang ada saja yang hanya numpang lewat saja atau bahkan mutar balik dan bahkan memutuskan untuk tidak melewati jalan tersebut. Nah, seperti itu lah blog kita bagaikan jalan raya yang ramai, namun sedikit atau bahkan sepi yang mampir. Bagaimana caranya agar mereka mau mampir yah, agar blog yang saya sebut warung ini agar ramai pembeli. Tak usah bingung ikuti saja langkah-langkah berikut ini dijamin akan ramai warungnya.

Apa itu traffic? Dalam hal ini mengenai blog yang susah payah kita bangun. Pastinya akan ada traffic yah kan, walau hanya beberapa pembaca yang mau mampir atau bahkan hanya lewat di beranda saja dan tiba-tiba saja keluar begitu saja tanpa meninggalkan jejak.

Seperti ilustrasi diatas bahwa traffic itu dalam pembloggeran adalah dimana para pengguna internet yang berseliweran didunia maya berkunjung ke sebuah website, mungkin saja itu website kamu hanya untuk sekedar mendapatkan informasi penting dari blog atau website yang kita kelola.

Nah, kita sebagai writers conten harus tahu bagaimana caranya untuk menarik para pengunjung untuk mampir blogmu serta betah berlama-lama disana hanya untuk membaca sebuah artikel yang kamu tulis. Tapiiiii ini tak berlaku bagi para penulis yang isi blognya hanya curhatan-curhatan belaka yah jadi harap maklum.

Pertama kali yang harus dilakukan adalah coba deh periksa kecepatan blog kamu. Iya kecepatan blog itu sangat penting agar para pengunjung tidak perlu menunggu lama untuk membaca artikel yg ada di dalam blogmu tersebut. Apabila saat ingin masuk ke blogmu saja sudah lama itu bisa menyebabkan para pengunjung akan lari dan tidak mau lagi mengunjungi laman blogmu. Bisa-bisa blogmu akan sepi pengunjung.

Selain itu ada lagi yg harus dilakukan agar blogmu mejadi ciamik dan keren. Perlu banget kita mengetahui UI&UX agar bentuk dari blog kalian akan terlihat bagus dan rapi. Bagaimana dengan struktur halaman? Yah, harus dibuat serapi mungkin agar enak dilihat mata dan layoutnya juga tuh jangan lupa agar mempermudah para pembaca untuk mencari artikel yang ingin dibaca.

Sebagai conten writer, ini nih yang perlu dan harus dilakukan agar tulisan (blog) kita dapat muncul di halaman pertama google search. Persiapan apa saja yang harus dilakukan ini dia Persiapannya. Dibaca dengan baik-baik yah ok.

Ada baiknya untuk melakukan riset keyword. Ini sangat penting dilakukan agar dapat terindeks dengan Google tentunya. Apa yang harus kamu lakukan pertama-tama kamu harus mencari keyword yang dapat menempatkan contemu di peringkat pertama di google.

Banyak yang dapat kamu lakukan untuk memulai riset keyword dengan menggunakan :
1). Google Suggest
2). Keyword Planner
3). Uber Suggest
4). Ahrefs
6). Rankmath

Dan masih banyak lagi alat yang dapat meningkatkan kinerja blogmu. Salah satu yang selalu digunakan oleh penulis yaitu Search Console karena sangat mudah untuk digunakan. Pilihlah console yang menurutmu gampang dan enak dipakai.

Tak selamanya jalan itu mulus ada  saja  hal-hal yang menggangu riset kita
seperti lubang, bebatu, atau bahkan rintangan yang dapat menghambat lajunya pengindekxan blog kita. Seperti kompititor atau bisa dibilang yah saingan kita telah duluan menggunakan keyword yang telah susah payah kita riset dan dapatkan untuk bahan tulisan kita nantinya.

Terkadang kita merasa malas untuk melakukan search intent agar mendapatkan keyword yang pas untuk tulisan kita, ini sangat perlu dilakukan agar kita dapat keyword yang pas untuk tulisan kita. Hal ini sangat berbahaya bagi kelangsungan blogmu

Seringnya kita menggunakan frase kaku dan tidak baku dalam tulisan kita sehingga sulit terindeks di Google. Jadi biasakan untuk menulis konten yang frasenya tidak kaku dan untuk meninggalkan kata-kata tidak baku dalam tulisan kita.

Kita dapat meoptimisasi search console dengan selalu membuat konten yang menggandung :
1). Keyword turunan
2). Memanfaatkan LSI dari keyword
3). Artikel yang satu tema

Wah, ternyata persiapaan saat membuat konten yah, harus benar-benar diperhitungkan dengan matang agar tulisan kita dapat terindeks di Google tentunya. Adapun hal-hal yg harus dilakukan agar terindeks yaitu :
1). Yang pertama harus ditentukan adalah bagaimana kita menentukan search intent dan jangan lupa untuk selalu membuat schema markup-nya
2). Masukan keyword ke dalam judul
3). Selalu hindari keyword stuffing... Tapi...
4). Selain di judul tetap masukan keyword dalam artikel, h2, dan seterusnya.
5). Sertakan juga LSI-nya
6). Jangan lupa untuk selalu menyisipkan gambar dalam format  .Webp ukuran <30kb.
7). Jangan lupalupa untuk menyertakan link koherensi antar halaman.
8). Masukan link keluar jika diperlukan

Tadi itu kan apa yang harus disiapkan saat membuat konten. Tidak hanya sampai disitu saja akan berlanjut terus ke persiapan setelah membuat konten apa saja sih persiapannya berikut ini harus kamu lakukan :
1). Pastikan link artikel tersebut sudah terindeks
2). Setelah sudah terindeks baru deh kamu share ke media sosial kamu.
3). Jangan lupa share juga ke grup support seperti BWA.

Untuk optimasi SEO yang dilakukan diluar web dapat dilakukan melalui OFF PAGE. Nah, kamu bisa melakukannya dengan cara :
1). Link Building
2). Google Bisnisku
3). Business Listing
4). Brand Mention

Dan masih banyak yang kamu dapat lakukan agar dapat mengoptimalkan kinerja blogmu dengan cara diatas. Selamat Mencobaaa.

Terkadang kita tidak atau bahkan
Setelah menghadapi tantangan
Memang butuh waktu dan perjalanan yang panjang agar blogmu bisa menjadi nomor satu di google, yah bisa dibilang butuh usaha juga untuk mencapainya. Tetap semangat jangan kendor teruslah belajar supaya blogmu melejit ke langit.

Ayo buruan deh ikutan BWA (BlogWalkingAsik), dimana trafficmu bisa meningkat dengan hanya saling blogwalking alias saling mengunjungi dengan meninggalkan jejak dan kita bisa belajar bersama untuk menjadi juara blog bersama di setiap perlombaannya. Ngomong... Ngomong, banyak serunya di grup BWA ini. Yes you right learning by bullying eh salah maksudnya learning by doing guys.

Kokoh Hendra Liem
Assalamualaiku. Wr. Wb, Hai para blogger di seluruh Indonesia Salam kenal nama saya Kokoh Hendra Liem (panggil saya Hendra), saat ini saya berdomisili di Kota Minyak, Balikpapan. Nah, hobby saya adalah menulis dan menulis baik itu di blog pribadi atau menciptakan sebuah buku (novel, antalogi, puisi) bahkan non fiksi pun saya buat.

Related Posts

There is no other posts in this category.

2 comments

  1. Memang blogwalking menjadi salah satu cara untuk mendapatkan trafik ke artikel kita. Tetap semangat ya Koh...

    ReplyDelete
  2. setujuu di BWA semua ilmu dapet pokoknya,serunya ya ilmunya juga
    dulu waktu awal aku bikin blog ga sampe merhatiin struktur atau teknis blognya. Template kadang suka gonta ganti, masang widget juga banyak, anak alay gitu koh.
    sekarang mau yang aneh-aneh juga males

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog