Report Abuse

RECENT POSTS

Fortune Indonesia : Dari Majalah Menuju Website

Sumber : Daily Social
Dulu nih, dulu jamannya bapak kita masih muda dan kita masih kecil-kecil atau bahkan belum ada, rutinitas paginya pasti membaca koran atau bahkan majalah sambil ditemani secangkir kopi panas dan sepiring pisang goreng yang masih hangat.

Tapi akan berbeda dengan kalian bapak-bapak muda yang hidup dijaman sekarang ini. Pasti disaat bangun pagi hari pertama yang dilakukan adalah mencari gadget atau tabletnya hanya sekedar untuk berselancar di dunia maya. Disini bukan hanya sekedar memeriksa sosial media saja, saling berinteraksi dengan teman dan sahabat nun jauh entah dimana, membaca notifikasi Whatsapp yang masuk. Bahkan kita dapat membaca koran ataupun majalah digital dengan cepat dan mudah.

Ketika jaman terus berjalan, berganti waktu demi waktu fungsi dari majalah dan koran yang berbentuk lembaran kertas, kini telah tergeserkan dengan yang namanya website yang cukup dengan sekali klik di gadget kita akan terpampang informasi yang diinginkan.

Terkadang di balik kemudahan ada pula hal-hal yang membuat kita merasa jengkel dengan sebuah website yang kita ingin buka. Entah karena koneksi internet atau karena websitenya keberatan loadingnya disebab oleh isi web tersebut. Hal ini dapat membuat orang-orang termasuk saya malas untuk membuka website tersebut dan bahkan tidak mau berkunjung lagi ke website itu.

Hal ini menjadi sebuah masalah yang harus segera diatasi. Agar dapat mempermudah bagi netizen yang ingin mendapatkan informasi dalam bentuk apa pun itu. Termasuk portal-portal berita. Kita ketahui bahwa banyak website atau portal-portal berita merancang webnya dengan sangat bagus sekali tanpa memikirkan kinerja yang menjadi lambat atau bahkan terasa berat saat dibuka.

Nah, ada satu website yang pingin saya bedah habis-habisan disini, mulai dari desainnya hingga kelebihan dan kekurangannya dalam hal peforma web itu sendiri. Jangan sampai mengalami apa yang dialami oleh fortal-fortal website lainnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa berawal dari sebuah Majalah Fortune Indonesia yang telah lama hadir di Indonesia memberikan nuansa tersendiri bagi para pembaca saat itu. Sehingga meningkatkan minat pembaca saat itu.

Kemudian dengan makin maju pesatnya  teknologi, seperti majalah dan koran lainnya kini beralih ke dunia digital dengan membangun sebuah website yang bernamakan Fortune Indonesia. Ingin tahu seperti apa websitenya dan apa saja isi dari website tersebut mari kita ulas satu per satu apa saja yang terdapat di website tersebut.

Doc.Pribadi

Kecepatan Dari Website Fortune Indonesia.

Menurut saya yang untuk pertama kalinya membuka website ini bisa dibilang sudah memenuhi persyaratan sebagai portal yang menyediakan informasi bagi para pembaca. Jangan Sampai hal-hal yang tak diinginkan terjadi dan meninggalkan kesan yang bisa dibilang tak bagus. Serta dapat ditinggali oleh para pembacanya yang haus akan sebuah berita.

Hanya membutuhkan 4.55 detik untuk masuk ke website tersebut tanpa ada kesulitan yang sangat berarti. Bisa dibilang ini merupakan syarat yang sangat penting untuk sebuah website agar tetap bisa eksis di tengah gempuran portal berita lainnya.

Doc. Pribadi

Design Fortune Indonesia

Awal berkunjung ke laman ini saya berharap akan ada sebuah kejutan yang membuat saya berucap "WOOWWW." Namun, hal itu diluar dari ekspetasi yang diharapkan. Hal ini membuat saya bertanya-tanya mengapa sekelas Fortune Indonesia tidak membuat website yang glamour dan elegan, mengingat majalah ini merupakan majalah high class.

Sebenarnya website ini ingin menunjukan bahwa menjadi elegan itu tak perlu yang  woowww, pasti dalam kesederhanaan pun ada keeleganan yang terpancar. Itu yang nampak dari design website ini. Mungkin tidak terlalu banyak aplikasi dipakai agar kinerja webssitenya tidak terlalu berat sama sekali, mudah dibuka di perangkat gadget mana pun.

Dari segi layout, website ini memiliki dua navigasi yang terdiri menu-menu pokok yang terdiri dari 7 bagian sub berita. sedangkan navigasi yang kedua adalah navigasi merupakan dari isi-isi beritanya sehingga orang-orang tidak sulit untuk menentukan berita mana yang akan dibacanya. Memberikan kemudahan bagi para pembacanya. 

Dan bahkan ornamen-ornamennya yang minimalis serta blocking space bahkan foto-foto dalam artikelnya yang bisa dibilang sederhana menciptakan suasana yang user friendly. Itulah tujuan dari website ini untuk membidik kalangan menengah keatas dengan kesibukannya masing-masing agar dapat dengan mudah mengaksesnya tanpa harus mengalami apa yang tidak diinginkan.

Doc. Pribadi

Bagaimana dengan Isinya?

Dari segi isi menurut saya yah, terbagi kedalam 7 subtema yang berisikan berbagai macam artikel yang membahas mengenai bisnis hingga gaya hidup yang menjadi trend senter bagi masyarakat saat ini. Berbalut dengan kesederhanaan namun masih mengandung unsur elegan terlihat dari pemilihan huruf-huruf untuk mengisi websitenya.

Terlihat bahwa website ini dibuat dengan segenap kesederhanaan. Itu semua terpancar dari segi layout yang memberikan kesan yang berbeda dari portal berita yang ada. Inilah kelebihan dari sebuah website yang mengangkat tema yang aktual dengan sesuai perkembangan jaman saat ini. 

Rekomendasi Perbaikan.
Menurut saya sebagai pembaca dan sekaligus yang mereview website Fortune Indonesia adalah website yang dapat dibilang sudah sempurna dan bagus dari segi layoutnya. Namun, tentu saja ada perbaikan yang perlu dilakukan agar dikemudian hari akan menjadi website. Yaitu ada baiknya ditambah lagi berita-berita yang menyangkut tentang lingkungan hidup.

Secara keseluruhan, website tersebut sudah bagus. Saya benar-benar merasa puas dengan peforma yang sangat luar biasa. Saat menelusuri layout demi layout dalam kesederhanaan dan menikmati setiap kata demi kata yang terangkai dalam setiap artikelnya.

Kokoh Hendra Liem
Assalamualaiku. Wr. Wb, Hai para blogger di seluruh Indonesia Salam kenal nama saya Kokoh Hendra Liem (panggil saya Hendra), saat ini saya berdomisili di Kota Minyak, Balikpapan. Nah, hobby saya adalah menulis dan menulis baik itu di blog pribadi atau menciptakan sebuah buku (novel, antalogi, puisi) bahkan non fiksi pun saya buat.

Related Posts

There is no other posts in this category.

20 comments

  1. Artikelnya bagus nih membahas majalah fortune yang katanya lebih ke gaya milenial dan gen-Z gitu. Cocok lah ya dengan gaya IDN Media yang kekinian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih @Wahid Peiyono ini pertama kalinya nulis review tentang sebuah website. Harap maklum tulisannya gimanaaa gitu

      Delete
    2. Cukup bernas kok Koh. Singkat padat. Aku juga belajar hal-hal baru nih setelah klik website Fortune. Terutama ttg bisnis, yg asing kan ya buat emak-emak

      Delete
  2. Websitenya sederhana, namun isi beritanya yg elegan ya... 👍

    ReplyDelete
  3. Buat kaum emak yang hari-harinya dipenuhi jadwal padat rapi pingin dapat ilmu cara menangani keuangan rumah tangga tanpa bikin emosi, Fortune memenuhinya. Nggak butuh waktu lama buat akses web ini.

    ReplyDelete
  4. Oh iya ya baru ngeh kalau di web Fortune belum membahas tema tentang lingkungan hidup. Mungkin karena niche webnya soal bisnis dan keuangan ya Koh

    ReplyDelete
  5. Sepakat website yang sederhana namun isinya lengkap dan update

    ReplyDelete
  6. Setuju banget Kak, kalau website Fortune Indonesia itu fast loading. Jadi hanya butuh waktu singkat untuk menuju ke url terkait.

    ReplyDelete
  7. Fortune Indonesia memang bisa dinikmati semua kalangan. Ketika mendengar bidang ekonomi dan bisnis, pasti yang terbayang langsung angka-angka dan grafik. Padahal enggak juga. Nah, berkat kemasan berita yang lebih enak dibaca dan mudah dipahami, aku yang ibu-ibu ini jadi nyaman membaca berita bisnis.

    ReplyDelete
  8. Seneng ya koh ada majalah seperti Fortune ini. Selain membuka wawasan bagi kita semua juga dan fast loading juga tentunya. jadi ga bikin uring uringan ya koh pada saat ingin baca berita

    ReplyDelete
  9. Kelihatannya sederhana tetapi dari segi isi elegan ya Koh. Isinya bernas-bernas.

    ReplyDelete
  10. Ulasannya keren, jadi semakin tertarik untuk upgrade bacaan ke Fortune Indonesia

    ReplyDelete
  11. setuju nih Koh, tampilan yang bersih dari website Fortune Indonesia membuat mata gak cepat lelah membacanya, kecepatannya pun cepat jadi gak perlu nunggu lama ketika ingin baca referensi keuangan ataupun bisnis yang sedang hype :D

    ReplyDelete
  12. Saya juga merasa mendapat banyak wawasan dan informasi tentang literasi keuangan dengan membaca Fortune Indonesia. Saya suka karena bahasanya mudah dipaham, data dan sumbernya terpercaya dan tampilannya pun lebih asyik dan nggak bikin bosen ataupun lelah di mata.

    ReplyDelete
  13. Saya mengikuti juga perjalanan majalah Fortune secara fisik keren isinya juga mantap. Eh, sekarang malah ada situsnya jadi lebih mudah mengakses informasi keuangan dan bisnis terkini. Cukup klik klik aja langsung tersaji yang kita butuhkan.

    ReplyDelete
  14. Berarti Fortune mengikuti perkembangan jaman ya dari sebuah majalah sekarang juga ada websitenya. Lebih mudah diakses sih kalau lewat website & kategori infromasi yang disajikan pun beragam

    ReplyDelete
  15. Sepakat koh, tampilan Fortune Indonesia sederhana tapi tetap elegan. Yang paling penting, informasinya akurat ya Koh

    ReplyDelete
  16. Seneng bangett fortune bisa hadir di Indonesia jadi wadah edukasi sekaligus informasi tentang ekonomi dan bisnis. Jadii kita2 lebihh melek soal literasi ekonomi ya kak.

    ReplyDelete
  17. Kadang kalo majalah ya dirasa terlalu berat, baca aja versi Web onlinenya. Bahasanya relatif mudah dipahami, bahkan bagi mereka yang gak ngerti ekonomi sama sekali. Keren nih fortune Indonesia.

    ReplyDelete
  18. Butuh juga sesekali akses informasi dari website semacam Fortune Indonesia. Barusan coba main ke webnya. Bener, loadingnya cepat, beritanya juga mudah dipahami. Harus lebih banyak nih website-website informatif seperti ini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog