Report Abuse

RECENT POSTS

Cara Menonton Youtube di Perangkat TV

Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, mengenai > Cara Bisnis Bitcoin Pemula.

Ditengah-tengah situasi Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM), beberapa daerah di Indonesia bahkan di negara lain masih memberlakukan aturan untuk tetap berada di rumah untuk menghindari transmisi penyebaran Covid-19 yang semakin hari semakin naik grafik jumlah kasus yang tertular. Masyarakat diperbolehkan keluar rumah jika memang dianggap sangat penting dan mendesak.

Semua orang berusaha mencari kesibukan untuk mengusir kebosanan seperti berolahraga di dalam rumah, para suami membantu memasak di dapur, atau mungkin bermalas-malasan denan menonton konten video-video lucu di Youtube Channel. Nonton Youtube berjam-jam saat sedang santai memang sangat menyenangkan. Apalagi video-videonya yang bisa bikin ngakak bareng dengan teman-teman, pasti seru banget deh. Di Youtube ada ribuan bahkan jutaan konten video yang seru-seru dan hampir semua konten yang dicari ada di sini. Ketika browsing konten yang diinginkan tidak ada, cari aja konten yang diinginkan di mesin pencarian dengan menggunakan kata kunci. Dalam hitungan detik, konten video yang kita cari akan berada di tampilan halaman pertama. 

Namun apa jadinya kalo nonton video youtube dalam waktu yang cukup lama, leher jadi pegel terutama leher bagian belakang. Pasti pernah mengalami hal ini khan? Nah, untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini adalah 5 cara menonton youtube di perangkat TV. Simak terus ya.

1. Kabel HDMI

cara menonton youtube di perangkat tv

Berikut adalah cara pertama dan paling mudah untuk menghubungkan tampilan dari perangkat seperti laptop atau PC ke tampilan layar TV dengan menggunakan koneksi kabel HDMI. Cara ini dianggap sudah jadul atau ketinggalan jaman. Pasalnya sudah ada cara yang paling smart untuk menghubungkan perangkat ke tampilan televisi. 

Cara ini pas banget buat anak-anak kos yang mempunyai budget yang terbatas namun tetap bisa menikmati konten video youtube di layar yang agak lebar seperti televisi dan kabel HDMI ini bisa didapat di toko-toko baik itu offline maupun marketplace yang bisa diakses secara online. 

Nah, caranya gampang banget, tinggal colokkan kabel ini ke port yang tersedia dari laptop atau PC ke port di televisi. Lalu setel di menu pengaturan dengan menggunakan koneksi HDMI. Jika suskses, tampilan yang ada di laptop atau PC akan terlihat di tampilan layar TV. Hal ini menjadikan layar TV sebagai layar kedua. 

Sebenarnya untuk perangkat smart phone yang berbasis Android iOS, ada teknologi yang disebut dengan Mobile Hig-Definition Link (MHL). Alat yang tersedia di smart phone ini adalah sebuah teknologi yang bisa memindai data dengan kecepata yang sangat tinggi dari perangkat mobile phone ke layar televisi.  

Caranya adalah kalian harus membeli MHL adapter ini lalu hubungkan ke perangkat smart phone yang selanjutnya akan dihubungkan ke port HDMI di televisi. Tapi sayangnya tidak semua perangkat smart phone menggunakan teknology MHL, khususnya handphone produksi terbaru sudah tidak menyematkan fitur yang satu ini mengingat fitur ini sudah tergantikan dengan teknologi Miracast yang lebih praktis dan cerdas tanpa kabel. 

2. Google Chrome

cara menonton youtube di perangkat tv

Cara ini adalah cara yang paling praktis untuk menikmati konten streaming di layar TV. Syarat utamanya adalah televisi yang nantinya akan dihubungkan haruslah sudah memakai jenis TV Android atau smart TV. Caranya pun sangat gampang sekali. Pertama, buka google chrome di laptop, PC, atau mobile phone dan ketik www.youtube.com di URL. Lalu klik tanda titik tiga yang ada di browser sebelah kanan atas yang selanjutnya akan muncul dropdown menu setelah itu pilih menu Cast selanjutnya google chrome akan mencari device atau perangkat yang tersedia jadi pastikan TV Android dan perangkat yang digunakan sama-sama tersambung pada jaringan WI-FI yang sama. 

3. Chromecast 

cara menonton youtube di perangkat tv

Alat ini diproduksi dan dikembangkan oleh perusahaan Google yang sampai saat ini sudah memasuki generasi ketiga yang tentunya kualitas dan koneksiyang semakin lebih bagus dibandingkan dengan produk generasi sebelumnya. Dengan menggunakan alat ini, kalian bisa menikmati konten Youtube di layar televisi. Selain itu, chromecast ini juga sudah compatible dengan beberapa aplikasi streaming lainnya seperti Netflix. Keren banget khan!

Kalo dilihat dari harganya dibeberapa marketplace seperti Tokopedi, Shoppee, atau Lazada, alat ini masih relatif cukup mahal berkisar antara Rp. 750,000 sampai dengan Rp. 1,300,000. Lalu, caranya bagaimana? Colokkan Chromecast ke port HDMI di perangkat TV lalu sambungkan ke jaringan WI-FI. Tap atau sentuh tombol Cast di aplikasi yang compatible untuk Cast. Cari aplikasi seperti Netflix, TuneIn, atau Youtube dan kalian siap menikmati layanannya. 

4. Teknologi Miracast 

cara menonton youtube di perangkat tv

Cara berikutnya agar bisa menikmati tontonan video atau konten lainnya di layar TV adalah dengan munggunakan alat yang disebut Miracast. Adapun fungsinya sama persis seperti menggunakan Chromcast yaitu untuk menampilkan tampilan yang ada di perangkat Android ke tampilan layar TV. Untuk perangkat Android dengan versi 4.2 biasanya sudah mendukung dengan alat ini. Mungkin namanya saja yang berbeda-beda tergantung dari produsen masing-masing misalnya cast screen/screen casting/wireless display/wireless mirroring/play to. Nah, kalian bisa cari tombol tersebut di bagian menu setting atau pengaturan di bagian wireless dan network atau display. 

Cara menghubungkan perangkat ke televisi bagaimana? Gampang, kalian tinggal colokkan perangkat ini ke TV. Lalu, masuk ke pengaturan di perankat Android. Pilih menu pengaturan, lalu display setelah itu pilih wireless mirroring atau screen cast. Jangan lupa ubah pengaturan sudah dalam keadaan ON. Tunggu beberapa saat sampai muncul perangkat tersedia di dalam jaringan perangkat Android. Kalau berhasil, tampilan yang ada di perangkat Android sudah bisa dinikmati di layar televisi. Mudah bukan!

5. Android TV Box

cara menonton youtube di perangkat tv

Cara yang terakhir untuk menghubungkan perangkat Android ke layar televisi adalah dengan menggunakan Android TV Box. Alat ini bisa didapat dengan mudah di online marketplace dengan harga yang cukup terjangkau sekitar 200 ribuan saja. Alat ini akan menyulap televisi kalian menjadi televisi Android dengan syarat TV yang akan dihubungkan memiliki port HDMI. 

Televisi yang sudah dihubungkan dengan alat ini yang nantinya akan menampilkan seperti halnya dengan perangkat Android termasuk Youtube. Bahkan dengan alat ini, kalian juga bisa menikmati permainan yang berbasis OS Android di layar TV. Wah, seru dong bisa main bareng bersama keluarga di layar televisi. 

Nah, kalo dipikir-pikir, alat ini adalah sebuah perangkat yang smart dan praktis dan bisa dijadikan sebuah solusi yang murah untuk mendapatkan hiburan dari konten-konten yang ada di perangkat Android melalui tampilan layar televisi. Satu hal yang paling menarik dari alat ini adalah, Android TV Box bisa berfungsi dengan baik dengan TV lama atau versi jadul yang sudah memiliki port HDMI melalui koneksi AV, bahkan TV tabung juga bisa lho. 

Daripada membeli smart TV yang harganya masih jutaan, mungkin bisa menjadi alternatif yang ekonomis dengan salah satu cerdas yang disebutkan diatas. Semoga menonton konten Youtube melalui perangkat TV bisa semakin menyenangkan.



Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.

Kokoh Hendra Liem
Assalamualaiku. Wr. Wb, Hai para blogger di seluruh Indonesia Salam kenal nama saya Kokoh Hendra Liem (panggil saya Hendra), saat ini saya berdomisili di Kota Minyak, Balikpapan. Nah, hobby saya adalah menulis dan menulis baik itu di blog pribadi atau menciptakan sebuah buku (novel, antalogi, puisi) bahkan non fiksi pun saya buat.

Related Posts

Post a Comment

Popular posts from this blog