Report Abuse

RECENT POSTS

7 Cara Cek IMEI iPhone

Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, mengenai > Cara Bisnis Bitcoin Pemula.


Ada banyak pasar gelap di Indonesia, termasuk pasar gelap untuk ponsel terkenal seperti iPhone. Biasanya, iPhone yang berasal dari pasar gelap tidak memiliki IMEI yang terdaftar. Ada baiknya bagi kamu untuk mencari cara cek IMEI iPhone.


cara cek IMEI di iPhone



Sebab, pemerintah Indonesia tengah masif menon-aktifkan ponsel yang tidak memiliki IMEI terdaftar. Lantas, bagaimana cara cek IMEI iPhone terdaftar atau tidak di Indonesia? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Cara Cek IMEI di Dusbook


Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengecek IMEI iPhone adalah dengan mengecek boxnya. Sudah umum diketahui bahwa di belakang dusbook ponsel apapun ada beberapa informasi yang cukup lengkap dan penting. Beberapa di antaranya adalah nomor SN, nomor SKU, dan termasuk juga di dalamnya nomor IMEI.

cara cek IMEI di iPhone

Jika kamu masih memiliki dusbook iPhone yang pernah dibeli, kamu bisa langsung mengecek nomor IMEI iPhone di sana. Setelah kamu menemukan IMEI di kotak tersebut, silahkan cocokkan dengan nomor IMEI yang ada di dalam ponsel.

2. Cek IMEI di Sistem Pengaturan


Cara cek IMEI iPhone resmi selanjutnya adalah dengan menggunakan sistem pengaturan. Caranya adalah sebagai berikut:

cara cek IMEI di iPhone

  • Buka menu pengaturan atau settings di iPhone yang kamu miliki
  • Dari menu setting, silahkan pilih umum atau General.
  • Dari menu general nanti akan muncul halaman baru, pilih About atau Tentang.
  • Setelah About dipilih, kamu akan mendapatkan informasi lengkap mengenai iPhone yang kamu miliki. Dari mulai spesifikasinya secara legkap sampai ke nomor IMEI.


3. Cek IMEI di Belakang Ponsel


Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengecek IMEI adalah dengan melihat nomor IMEI di belakang ponsel. Biasanya, iPhone dengan type series 5, 5C, 5 S, 6, dan 6+ akan memiliki nomor IMEI di belakangnya. Coba cek bagian belakang iPhone yang kamu miliki sekarang.

cara cek IMEI di iPhone

Biasanya di sana ada beberapa informasi dari mulai kota pembuatan iPhone, model, sampai ke nomor IMEI. Hal ini dibuat untuk memudahkan pengguna dalam mengecek nomor IMEI iPhone yang dimiliki tanpa harus membuka pengaturan terlebih dahulu.

4. Cek IMEI di Web Apple


Cara ini bisa kamu gunakan apabila perangkat iPhone tidak berada di tangan Anda. Jadi, misalkan iPhone kamu sedang dipinjam atau tertinggal, tetapi kamu terburu-buru ingin melihat nomor IMEInya, kamu bisa melakukan cara cek IMEI iPhone di web Apple.

cara cek IMEI di iPhone

Berikut tutorial lengkapnya:
  • Buka situs web appleid.apple.com
  • Masuklah ke dalam situs dengan menggunakan ID Apple yang kamu gunakan di dalam perangkat iPhone yang kamu miliki
  • Akan ada halaman berisi beberapa pilihan, pilih bagian Perangkat untuk melihat nomor IMEI/IMEID dari perangkat iPhone yang kamu miliki.


5. Cek IMEI di Slot Kartu SIM


Ada beberapa type series iPhone yang menyimpan nomor IMEI nya di dalam slot kartu SIM. Biasanya, type iPhone yang melakukan hal ini adalah iPhone 3G, 3GS, 4 (dengan model GSM), dan 4S.

cara cek IMEI di iPhone

Cara mengeceknya cukup mudah. kamu hanya perlu mengeluarkan SIM Card terlebih dahulu, barulah bisa melihat nomor IMEI dan nomor Serialnya.

6. Cek Melalui Kode Dial


cara cek IMEI di iPhone

Cara cek IMEI iPhone selanjutnya adalah dengan menggunakan kode dial. Caranya adalah cukup memasukkan *#06# di menu telepon iPhone yang kamu miliki. Nanti akan keluar IMEI dan IMEID jika iPhone yang kamu miliki memang terdaftar.

7. Cek Melalui Finder atau iTunes


Anda juga bisa menemukan nomor IMEI melalui Finder dan iTunes. Caranya adalah sebagai berikut:
Sambungkan iPhone yang kamu miliki ke perangkat komputer

cara cek IMEI di iPhone

  • Buka Finder atau iTunes
  • Jika di Finder, silahkan temukan perangkat kamu di tab umum. Sedangkan via iTunes, silahkan temukan perangkat kamu di Tab Ringkasan
  • Klik nomor telepon di bawah nama perangkat. Setelah itu, nomor IMEI dari iPhone yang kamu miliki akan keluar secara otomatis.

IMEI sangat bermanfaat untuk mengecek keaslian iPhone yang ada di tangan kamu sekarang. Sebab, ada begitu banyak barang ilegal yang bertebaran di Indonesia.
Setelah mengetahui nomor IMEI Anda, pastikan IMEI tersebut terdaftar di Situs cek IMEI iPhone yang disediakan pemerintah. Jika terdaftar, maka iPhone yang kamu miliki dijamin sudah asli dan legal.


Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.

Kokoh Hendra Liem
Assalamualaiku. Wr. Wb, Hai para blogger di seluruh Indonesia Salam kenal nama saya Kokoh Hendra Liem (panggil saya Hendra), saat ini saya berdomisili di Kota Minyak, Balikpapan. Nah, hobby saya adalah menulis dan menulis baik itu di blog pribadi atau menciptakan sebuah buku (novel, antalogi, puisi) bahkan non fiksi pun saya buat.

Related Posts

Post a Comment

Popular posts from this blog