Report Abuse

RECENT POSTS

Nomor Pusat Pesan SMSC All Operator Telkomsel, Axis, XL, Three, Indosat Dan Smartfren

Jangan lupa membaca artikel sebelumnya mengenai> Cara Bisnis Bitcoin Pemula.

Nomor Pusat Pesan atau SMSC di Hp sangatlah penting untuk mengatur layanan sms di Hp. Apalagi jika kamu mengalami permasalahan dibagian perpesanan dan biasanya terjadi error karena SMSC yang salah atau perlu diperbarui.

Seperti yang kita tahu bahwa layanan SMS saat ini masih banyak digunakan orang-orang, Walau sudah banyak orang mulai menggunakan whatsapp sebagai komunikasi. Namun layanan SMS masih banyak juga digunakan sebagai komunikasi kedua di Smartphone.

Nomor Pusat Pesan

Tak hanya di Whatsapp yang ada error, Di SMS juga walau jarang terjadi namun layanan SMS tetap ada kelemahan apalagi mengalami error. Terjadinya error di SMS biasanya berkaitan dengan SMSC.

SMSC sendiri merupakan nomor pusat pesan yang mengatur layanan sms baik itu mengirim, menerima, menghantarkan, menyimpan dan lain-lain yang menyangkut SMS. 

SMSC atau nomor pusat pesan ini sendiri terdiri dari kode atau deretan angka yang disediakan provider agar layanan SMS di Hp kamu berjalan dengan baik.

Biasanya jarang sekali SMSC ini mengalami Error, Namun bisa saja terjadi dan menyebabkan permasalahan seperti tidak bisa mengirim sms dan menerima sms. 

Pengaturan SMSC di hp sendiri biasanya terisi secara default oleh provider dan jika butuh pembaruan maka kamu harus memperbarui nomor pusat pesan secara manual. 

SMSC memang jarang diketahui banyak orang karena pengaturannya sendiri cukup tersembunyi. Namun ketika SMS mengalami masalah seperti tidak bisa mengirim ataupun menerima, kamu wajib memperbaiki SMSC.

Dan sesuai judul postingan saya kali ini, Saya akan membagikan nomer pusat pesan all operator baik itu Axis, XL, Indosat, Telkomsel, Smartfren dan Three. 

Nomor Pusat Pesan All Operator


Nomor pusat pesan sendiri berbeda-beda di tiap provider. Jadi kamu harus menyesuaikan nomor pusat pesan dengan kartu sim yang kamu pakai. Untuk Nomor pusat pesan all operator sebagai berikut :

  • Nomor pusat pesan Telkomsel : +6281100000
  • Nomor pusat pesan Indosat (Mentari) : +62816124
  • Nomor pusat pesan Indosat (IM3 OOREDOO) : +62855000000
  • Nomor Pusat Pesan XL Axiata : +62818445009
  • Nomor pusat pesan Three: +6289644000001
  • Nomor pusat pesan Axis : +628315000032
  • Nomor Pusat Pesan Smartfren : +628811223344

Jangan sampai salah pengisian nomor pusat pesan karena jika sampai salah maka akan terjadi error pada layanan sms. Untuk cara setting SMSC nya gimana min? Silahkan simak berikut ini.

Cara Setting SMSC All Operator 


Untuk cara setting SMSC atau nomor pusat pesan sangatlah mudah dan saya mempunya dua cara yang bisa kamu praktekan langsung. Untuk caranya apa saja? silahkan simak berikut ini.

1. Cara Setting SMSC melalui Pengaturan SMS

  1. Buka aplikasi SMS bawaan HP.
  2. Lalu masuk bagian pengaturan SMS.
  3. Dan kemudian masuk bagian pesan Teks
  4. Lanjut copy nomor pusat pesan sesuai kartu provider yang kamu pakai.
  5. Selanjut paste di bagian "pusat pesan".
  6. Maka kamu sudah berhasil memperbarui nomor pusat pesan.
  7. Note. biasanya pengaturan pusat pesan tidak ada di semua merek Hp, Namun kamu masih bisa memperbarui dengan cara kedua dibawah ini.

#2 Cara Setting SMSC Melalui Kode Dial


  1. Masuk bagian dial telepon.
  2. Kemudian ketik *#*#4636#*#*.
  3. Jika sudah klik panggil atau ok.
  4. Maka secara otomatis kamu akan masuk ke jendela baru dan pilih informasi telepon.
  5. Selanjutnya scroll kebawah kebagian SMSC.
  6. Di kolom SMSC, kamu masukkan nomor pusat pesan sesuai kartu provider yang kamu pakai.
  7. Jika sudah klik perbarui.
  8. Lanjut restart HP agar SMSC bisa bekerja lebih baik.
  9. Selesai.

Penutup


Bagaimana sudah tahukan tentang nomor pusat pesan All Operator Telkomsel, Axis, XL, Three, Indosat Dan Smartfren beserta panduan setting SMSC. Jika belum paham silahkan berkomentar dibawah dan jangan lupa share informasi ini ke orang lain, Terimakasih.



Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.

Kokoh Hendra Liem
Assalamualaiku. Wr. Wb, Hai para blogger di seluruh Indonesia Salam kenal nama saya Kokoh Hendra Liem (panggil saya Hendra), saat ini saya berdomisili di Kota Minyak, Balikpapan. Nah, hobby saya adalah menulis dan menulis baik itu di blog pribadi atau menciptakan sebuah buku (novel, antalogi, puisi) bahkan non fiksi pun saya buat.

Related Posts

Post a Comment

Popular posts from this blog