Tuesday, January 26, 2021

Era Revolusi Industri 4.0, Bahasa Asing Dan Penunjang Masa Depan

Di Era Revolusi Industri 4.0, bahasa asing sangat penting dikuasai oleh masyarakat Indonesia khususnya bagi mahasiswa yang sedang mempelajari bahas asing. Dengan menguasainya, seseorang tersebut dapat memiliki wawasan lebih dalam teknologi dan informasi melalui berkomunikasi. Tidak hanya itu saja beberapa perusahaan menuntut kita untuk menguasai bahasa asing. 

Dalam dunia perkerjaan bahasa Inggris merupakan hal yang sangat penting dimana zaman sekarang ini penggunaan teknologi dan informasi telah merambah kedunia pekerjaan. Dan bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, dan dan bahkan digunakan diseluruh dunia. Tak ada salahnya untuk belajar bahasa asing. 

Terlebih lagi untuk para pekerja yang ingin meningkatkan skill berbahasa asing. Berlatih merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Untuk meningkatkan kemampuan berbhasa asing terutama bahasa Inggris. Tak akan ada yang bisa mengalahkan kemampuan seseorang yang gigih dalam berlatih. Untuk mendukung proses pembelajaran, ada baiknya selalu mengerjakan soal-soal secara online.

Selalu aktif di froum Internasional merupakan salah satu cara untuk melatih berbahasa asing. Selain mengerjakan soal-soal secara online ada baiknya pula selalu berlatih di forum Internasional, kita dapat  memaksimalkan latihan kita. Jangan malu dan takut untuk mengemukakan pendapat kita secara terbuka dan menyusunnya dengan menggunakan bahasa asing tersebut.

Kalaupun ada yang salah dalam pengartian bahasa asing, setidaknya kita menjadi tahu bagaimana caranya untuk tidak terjebak dikesalahan yang sama. Hal ini lumrah disaat kita sedang belajar bahasa asing. Jadi enggak usah untuk takut belajar bahasa asing termasuk apabila mengalamin kesalahan dalam pengucapan atau menulis.

Selain bergabung di forum Internasional, ada cara lain yang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa asing. Seperti mengikuti les ataupun kursus. Banyak di sekitar kita tempat-tempat les bahasa asing yang dapat membantu pembelajaran kita. Jadi tinggal kemampuan kita untuk ikut lest atau tidak. Atau bahkan secara otodidak sendiri di rumah.

Dengan kita menguasai bahasa asing dapat menentukan masa depan kita. Dalam hal pekerjaan kita bisa meningkatkan jabatan kita. Atau bahkan dalam dunia usaha hal ini dapat meningkatkan kinerja sehingga membuat boss terkesan. Dan masih banyak lagi keuntungan dari menguasai bahasa asing untuk masa depan kalian.  

Karena itu usahakan kita menguasai satu, dua bahasa asing. Kalau lebih bagus lagi untuk menunjang karir kita. Bisa melalui online atau mengikuti les atau kursus yang bertebaran diseantero tempat tinggal kita. Terus tunggu apa lagi, buruan segera daftar dan mulai untuk belajar bahasa asing biar bisa menata masa depan kita.

Setelah menguasai bahasa asing tersebut, ajaklah mereka berbincang-bincang dan bertukar ilmu. Kita bisa bertukar ilmu melalui komunikasi, mudah kan? Tidak hanya itu saja kita bisa menambah kenalan dengan cara ini. Asyik kan, bisa menambah ilmu dan menambah teman dari seluruh dunia dengan hanya bisa berbahasa asing.  

So...let's go, mari kita belajar bahasa asing untuk menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 dan kita menjadi terdepan dalam hal-hal yang belum diketahui. Oleh karena itu belajar bahasa asing sangat penting kan. Jadi jangan disia-siakan selagi masih ada waktu. Melesat mengapai masa depan dengan menguasai bahasa asing dan menjadi dari bagian Era Revolusi Industri 4.0. 

Jangan ditunda lagi deh selagi masih ada waktu mendalami berbagai macam ilmu termasuk dalam hal menguasai bahasa asing. So...tunggu apa lagi segera kuasai bahasa asing untuk menghadapi era globalisasi.

19 comments

  1. Enggak ada kata terlambat untuk belajar ya Koh. Karena tidak ada rugi juga.

    ReplyDelete
  2. bener sih bahasa asing itu jadi salah satu hal yang penting di zaman serba teknologi ini, bisa banyak bahasa lebih bagus. tapi enggak ada kata terlambat untuk belajar, hehe. mulai aja dulu

    ReplyDelete
  3. Ini bener banget, aku nih perlu belajar banyak bahasa asing. Tetapi tampaknya bahasa asing juga perlu sering digunakan agar tidak hilang loh, dulu ayah saya pandai berbahasa mandarin sekarang lupa. Saya sendiri dulu masi bisa berbahasa Inggris sekarang banyak lupanyaa :(((

    ReplyDelete
  4. Bener banget, menguasai bahasa asing dan mampu berkomunikasi secara lancar menggunakan bahasa asing menjadi nilai tambah bagi para pencari kerja di jaman sekarang ini

    ReplyDelete
  5. Setuju banget, bahasa asing juga merupakan jalan menguasai ilmu pengetahuan. Gak cuma bahasa Inggris, bahasa Arab untuk ilmu Alquran juga penting diketahui, terutama bagi seorang muslim

    ReplyDelete
  6. Jadi ingat Fiki Naki yg viral, yg menguasai beberapa bahasa. Yg paling lancar bahasa Inggris. Secara otodidak. Belajar sendiri dan dari YouTube. Ini inspiratif banget

    ReplyDelete
  7. Bahasa Inggris, Jepang, Cina, Jerman. Katanya kalo udah bisa aja 1 atau 2 bahasa di atas, sudah selamat lah hidup. Pasti ada aja pekerjaan.

    ReplyDelete
  8. Kl saya pengen bisa bahasa Jepang.. sapa tau kelak bisa bawa turis Indonesia di ke Jepang hehe

    ReplyDelete
  9. Jujur yaa, tidak ada kata yang terlambat untuk belajar. Ingat kata kata ini " Belajar itu Harus " , " Pintar itu Bonus " .

    ReplyDelete
  10. jadi inget dulu kalau belajar bahasa inggris tuh takut karena punya predikat anak guru bahasa inggris jadi ga boleh malu-maluin. wkwk. cuma ga jago banget, yg penting tugas dan raport aman hahah

    ReplyDelete
  11. bahasa asing kalo nggak dipraktekkin terus menerus bisa lupa nih Koh, perlu banget nih kursus bahasa asing biar terus belajar, upgrade skill, syukur2 kalo bisa nambah rezeki karena keahlian dari kemampuan berbahasa asing tersebut :)

    ReplyDelete
  12. Setuju Koh, walaupun kecerdasan bahasa saya kurang dan struggle, tapi masih terus memaksakan supaya memperbaiki.

    ReplyDelete
  13. Agreee koh. Emang penguasaan bahasa asing ini ngga kalah penting yaa dengan bahasa daerah dan nasional.

    ReplyDelete
  14. Hari gini belajar bahasa asing itu mutlak perlu sih apalagi sebentar lagi bursa kerja juga terbuka bebas, jadi harus banget menguasai bahasa Inggris, plus kalo ada tambahan bahasa lain pasti juga dilirik sm perusahaan yaa Koh

    ReplyDelete
  15. Aku pengen belajar bahasa Arab, ada info kog? Kapan hari pas di masjid namira kayaknya ada infonya ya, sekarang nggak tahu deh, semoga belum terlambat belajar hehehe

    ReplyDelete
  16. Saya sendiri juga lagi belajar bahasa asing. Yaitu Bahasa Inggris. Sadar banget kalau tekhnologi zaman sekarang erat kaitannya dengan bahasa asing ini. Seperti wajib jadinya.

    ReplyDelete
  17. setujuu banget koh! Belajar bahasa ini penting bangett. Dulu saya sampai bela-belain download belbagai macam aplikasi untuk belajar bahasa inggris

    ReplyDelete
  18. Setuju Koh saya menyesal nggak serius belajar bahasa Inggris saat muda dulu. Sekarang sudah didera rasa malas, apalagi kesibukan yang makin padat, belajar bahasa Inggris sulit jadi prioritas. Makanya saya dorong anak2 saya serius belajar bahasa Inggris koh, biar nggak menyesal kayak saya.

    ReplyDelete
  19. setuju bgt klo bahasan asing jadi oenunjang kita berkembang di era 4.0 ini, pengen belajar bahasa asing jadinya aku

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon