[Tantangan 11] Menjadi Wirausaha Di usia Muda? Mengapa Tidak


Semua orang bisa menjadi pengusaha, termasuk aku, kamu, dan kita semuanya asal memiliki keinginan (tekad) dan kemauan untuk berusaha dan berjalan dari sebuah kesalahan.Bahkan pengusaha-pengusaha hebat tak harus berasal dari orang kaya untuk memulai usahanya.

Nah, kebanyakan dari mereka semua terdesak oleh keadaan faktor ekonomi yang sulit atau kesadaran untuk memiliki ekonomi yang stabil di usia yang muda. Ternyata kedua hal tersebut memiliki andil yang sangat kuat untuk berwirausaha.

Adapun mengenai berwirausaha di usia muda tersebut, ada beberapa hal yang harus kalian ketahui sebelum memulai usaha yang diinginkan yaitu :

BAKAT DAN USAHA
Bakat sudah melekat di dalam diri kita semenjak dari semenjak kita dilahirkan kedunia. Namun, ada kalanya bakat tidak menjadi sebuah faktor dalam memulai usaha. Apabila memiliki bakat menjual tapi tanpa panduan tidak akan membawa kita kemanapun.

Oleh karena itu sangat diperlukan juga usaha yang keras dan konsisten dalam mewujudkan keinginan. Selain itu ada baiknya untuk selalu belajar dari mana saja, baik itu dari buku, internet, atau kepada para sesama pengusaha untuk menambah pengetahuan.

TAJAM MELIHAT POTENSI SEKITAR
Nah, mulai dari sekarang untuk membiasakan diri untuk tajam melihat potensi yang ada dan apa saja yang dibutuhkan oleh pasar karena ini merupakan sebuah syarat penting bagi pengusaha. Tidak usah membandingkan, mengumpulkan data, dan menyimpulkan. 

Usaha yang main tubruk saja tanpa ada perencanaan yang matang hanya akan membuang tenaga, energi, dan modal yang kita keluarkan. Tuh, jangan suka main tubruk aja kan, rugi jadinya. Kalau begini mau di apain lagi, nasi sudah menjadi bubur.

RAJIN MENJARING KONEKSI DAN RELASI
Di usia muda, adalah usia bereksperimen, mencoba banyak hal untuk meraih lebih banyak pengalaman hidup dan merencana masa depan menjadi lebih baik. Menjadi muda bukan halangan untuk menjadi pengusaha, Justru saatnya kamu membangun usaha untuk kestabilan ekonomi dimasa tua.

Selain faktor finansial, menjadi pengusaha muda merupakan cara untuk membantu lebih banyak orang untuk mendapatkan akses pada pekerjaan serta tanpa sadar berkontribusi untuk kemajuan bangsa.

Cukup sekain dulu deh tulisan dari saya berikut ini. semoga bermanfaat bagi kalian semuanya. Jangan lupa selalu semangat dan pantang menyerah untuk menggapia cita-cita sebagai pengusaha muda yang sukses.

Comments

  1. Kata Enggak tidak baku,bisa di ganti dengan yang baku Koh

    ReplyDelete
  2. Maintain interaksi dengan relasi yang ada emang butuh perjuangan juga ya. Kadang masih suka angot angotan padahal mimpi besar biar sukses berbisnis. Harus diperbaiki lagi nih mindsetku

    ReplyDelete
  3. Sama-sama, terima kasih sudah mau mampir ke blog saya.

    ReplyDelete
  4. Yang pernah saya rasakan adalah mulai pertamanya yg sulit. Takut ini takut itu dna lain lain. Jadi klo udah ada ide peluang ada mulai saja

    ReplyDelete
  5. Berwirausaha itu harus tahan banting dan gak mudah menyerah
    Di awal-awal mungkin agak sulit, tapi kalau udah ketemu ritmenya akan lebih lancar
    Makasi sharingnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gagal bangkit gagal bangkit lagi itu yang harus diterapkan.

      Delete
  6. Jadi wirausaha muda harus inovatif dan dan mengikuti perkembangan. Thanks sharingnya !

    ReplyDelete
  7. memang lebih baik mencoba menjadi pengusaha sejak muda. Pastinya lebih ulet dan mudah move on. Juga lebih diapresiasi sehingga mendapat bantuan sana-sini.
    Bonusnya lagi adalah watak khas milenial.
    Paket komplit!

    ReplyDelete
  8. Planning mah ada, konsep, strategi marketing, tempat produksi ada. Eksekusinya ini loh Koh yang nggak mulai mulai. Gimana ya Koh, supaya nggak nunda-nunda eksekusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu-satunya jalan yah mengeksekusinya segera tanpa harus ditunda-tunda lagi.

      Delete
  9. Yang pasti jangan mudah menyerah ya koh. Karena pas nyebur langsung di dunia usaha, kadang kenyataannya beda banget sama teori yang kita pelajari. Harus selalu terbuka untuk perubahan

    ReplyDelete
  10. Iya keren koh salut sama pengusaha muda yang jeli sama peluang usaha. Dan jenis usahanya millenials itu seru-seru plus out of the box.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup salut banget apa lagi dengan inovasi yang keren-keren mereka ciptakan dalam berwirausaha.

      Delete
  11. Usia muda saatnya bereksperimen. Bener banget tuh mas. Orang bilang pada usia hingga 30-35 tahun itu istilahnya Tiger Eye. Usia di mana seseorang sedang semangat-semangatnya berkarier, berusaha, melihat segala peluang dan potensi yang ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohhh gitu yah mbak baru tau saya istilahnya Tiger Eye

      Delete
  12. Tantangan untuk menjadi wirausaha di usia muda, biasanya anak muda masih belum disiplin dalam manajemen keuangannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manajemen keuangan sangat diperlukan agar uang tidak terbuang dengan percuma.

      Delete
  13. Tajam melihat potensi sekitar. Ini yang engga semua orang punya intuisi untuk itu. Tapi sekarang banyak informasi tentang dunia wirausaha, harusnya makin banyak yah yg berani berwirausaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang ini anak muda masih dalam zona nyaman sehingga tidak berani untuk keluar dari zona nyaman tersebut. Sehingga tak tau rasanya jatuh bangun berwirausaha.

      Delete
  14. sayangnya masih banyak anak muda yang menginginkan menjadi pegawai, terutama jadi pegawai negeri. padahal bila di usia muda mau memulai jadi wirausaha, pasti hasilnya bisa optimal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah karena zona nyaman tersebut, hingga terlena dengan kenyamanan yang ada.

      Delete
  15. Wah bener sekali sejak dini jika dilatih berwirausaha maka jiwa bisnis akan tumbuh dan kedepannya cerdik membaca peluang yg priduktif jadi tidak sebatas mencari uang dengan bekerja pada orang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, malah kita bisa membuka lapangan kerja dan menjadi bos dai usaha kita sendiri

      Delete
  16. Benar sie kaka kalau keadaan mendesak dan harus menjalaninya pasti sukses menjadi wirausaha apalagi ditambah punya bakat dan relasi, seperti Rico huang udah sukses, tapi jika orang dari lahir udah kaya mah bukan wirausaha sejati namanya wkwkw ,warisan keluarga. Makasih sharenya kak . Pengen punya usaha sembako sama kontrakan aja mimpiku wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe, ayo realisasikan mimpimu jangan ditunda-tunda lagi.

      Delete
  17. Tajam melihat peluang, membangun relasi memang harus terus dilakukan yang penting semangat enggak kendor
    Ditunggu tulisan berikutnya koh 💪

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganbante. Semangat sangat diperlukan dalam berwirausaha agar tetap berjalan dengan mulus.

      Delete
  18. Noted... bakat dan usaha dilanjutkan dengan tajam melihat peluang dan ditutup dengan rajin membina relasi dan jaringan... sepertinya... ga hanya untuk dunia wirausaha butuh skill ini.. dunia pekerjaan kantor juga masih butuh kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, terkadang untuk mendapatkan pekerjaan itu sulit banget dijaman saat ini.

      Delete
  19. Mau nambahin koh, menurut saya tempat dan prilaku konsumen itu juga sangat penting dalam berwirausaha. Saya sudah terjun ke dunia usaha sejak sma, tapi nggak semua tempat memiliki peluang usaha yg sama. Contoh kasus dalam hidup saya itu perbedaan sikap pembeli di sma dan kuliah. Di sma saya pembeli memiliki sifat yg sangat konsumtif sekali, sedangkan di kuliah saya harus menerapkan beberapa langkah untuk mendapatkan konsumen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya, benar juga mbak bahwa pembeli juga perlu untuk menjadi evaluasi agar daya tarik pembeli menjadi luas.

      Delete
  20. Replies
    1. Iya bang, soalnya saya sulit membaca ulang kalau kecil-kecil. Soalnya saya sudah Plus 4

      Delete
  21. Waah kebetulan sekali dapat informasi begini. Saya baru mau bikin bisnis di bidang jasa salon. Informasi ini sangat membantu. Makasih Koh

    ReplyDelete
  22. Terkadang cerita mengenai wirausaha itu bikin jadi semangat buat buka usaha juga, kan mumpung masih usia muda

    ReplyDelete
  23. Ada satu lagi Koh, kalau sudah berikhtiar keras, harus berdoa keras juga, kalau sudah keduanya, ya tinggal takdir yang berbicara. Kalau nasib di dunia kurang baik, bisa jadi nasib di akhirat yang baik. Heheheee ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya perlu dibarengi dengan berdoa agar diberi keberkahan dalam ber-usaha

      Delete
  24. Kalo ngeliat anak muda yang udah bisa buat bisnis sendiri dan menghasilkan sangat kagum. Mereka nggak malu2 buat memulai, kalo ga berani mulai ya ga bakalan jadi pengusaha. Pingin gitu bikin usaha kecil kecilan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, sama mbak terkadang saya ngiri dengan mereka.

      Delete
  25. Kalau aku, takut memulai bisnis adalah masalah utama. Seringkali, ide dan SOP sudah disusun, tetapi kemudian jatuhnya malah enggan eh khawatir memulai usaha. Dan ini cukup sering terjadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo...bang, jangan takut untuk memulai. Gagal itu adalah hal yang biasa, jatuh yah bangun lagi. Jangan cepat menyerah begitu saja.

      Delete
  26. Dulu pernah wirausaha di bidang penerbitan buku, namun di tahun ketiga saya tinggalin sebab tidak bisa fokus secara maksimal karena ada pekerjaan utama. Saluut buat anak muda yang berani berwirausaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... sangat disayangkan bahwa kalau ingin berwirausaha harus total tanpa harus ada gangguan dari luar

      Delete
  27. Terkadang sering banget saat ingin memulai usaha pasti memikirkan tentang bakat yang dimiliki ternyata memang selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengasahnya yah. Memulai usaha ini terkadang yang penuh pertimbangan untuk maju melesat ke depan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertimbangan yang sangat matang banget. Hingga apa bila gagal tak terasa sakitnya.

      Delete
  28. Menjadi wirausahawan itu harus tahan banting dan jeli liat peluang. Kalau mentalnya masih lembek (kayak saya ini) yang ada usahanya gagal terus. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tahan banting dalam kegagalan. Bangkit dalam keterpurukan adalah kuncinya.

      Delete
  29. yaa benar sekali kok. Usaha apapun bentuknya memang harus diterapkan sejak dini.

    Karena bisa menjadi bekal kita nanti setelah tidak lagi bekerja atau sudah pensiun dini..😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atau bahkan yg penggangguran bisa membuka lapangan kerja bagi yang lain juga

      Delete
  30. Mungkin ga semua orang punya bakat usaha tapi setiap orang punya peluang untuk menjadi pengusaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, tiap orang memiliki peluang yang sama untuk menjadi pengusaha

      Delete
  31. Iya nih pengen banget buka usaha sendiri, kadang punya ide saja tapi ga diwujudkan, sama aja nol hasilnya

    ReplyDelete
  32. Menjadi entrepreneur itu impian banget. Ide selalu muncul, modal Insya Allah ada. Eksekusinya ini Koh yang selalu menghambat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya yang pertama dilakukan adalah survey dulu setelah itu beru dieksekusi

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Tantangan 18] 4 Tips Ketika Ingin Ganti Ponsel

[Tantangan 2] Susahnya Saling Menfollow di Blogspot